Tips Ampuh Cegah Flu Unta Ala Penduduk Arab Saudi

Share dan Tag Temanmu di :

Flu unta atau Middle East Respiratory Syndrome (MERS), masih menjadi perbincangan banyak orang. Pasalnya penyakit berbahaya ini termasuk penyakit yang sulit dideteksi karena memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa pada umumnya. 

Penyakti ini semakin banyak diperbincangkan publik setelah beredar video yang menunjukkan seseorang yang meminum air kencing unta. Padahal, tindakan tersebut menyebabkan timbulnya penyakit flu unta yang bisa membahayakan tubuh. Jika tidak ditangani dengan baik, maka penyakit ini bisa mematikan. 

Pada bulan April 2017, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa penyakit ini menyebabkan kematian pada sekitar 36% penderitanya. Flu unta ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona (MERS-CoV). Penyakit ini dapat ditularkan melalui unta dromedaris ke manusia, ataupun dari manusia ke manusia. 


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit flu unta memiliki gejala yang hampir sama dengan flu pada umumnya, seperti  batuk, pusing, dan demam. Namun, pada kasus flu unta, gejala yang dialami penderita bisa semakin memburuk dua atau tiga hari setelah terinfeksi. Pada tahap ini, penderita akan mengalami gejala tambahan, seperti sesak napas, muntah, nyeri perut, diare, dan demam tinggi. 

Tak seperti flu biasa, penyakit ini tidak menyebar dengan mudah. Sebaliknya, virus penyebab penyakit ini sebagian besar meluas diantara orang-orang yang berada dalam kontak dekat, seperti orang yang tinggal dengan penderita atau orang yang memberikan perawatan langsung. 

Tips Ampuh Cegah Flu Unta Ala Penduduk Arab Saudi

Sampai saat ini belum ada metode pengobatan khusus yang mampu mengatasi penyakit flu unta. Center for Disease Control and Prevention (CDC) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun menyebutkan bahwa vaksin untuk mencegah penyakit ini masih belum tersedia. 

Namun, Anda bisa melindungi diri dan keluarga dari bahaya flu unta dengan mengikuti tips ampuh cegah flu unta ala penduduk Arab Saudi berikut ini :

  • Perhatikan kebersihan seluruh tubuh

Untuk menghindari flu unta, Anda harus selalu memperhatkan kebersihan seluruh tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mandi sedikitnya dua kali sehari menggunakan sabun, mengganti pakaian secara berakla, dan tutupi bersin atau batuk menggunakan tisu bersih. Menurut CDC, Anda juga disarankan untuk mengganggap semua cairan tubuh, termasuk diare, lendir, muntah, atau darah, layaknya menularkan penyakit flu unta. 

  • Selalu jaga kebersihan tangan

Selain tubuh, kebersihan tangan juga harus selalu diperhatikan. Pastikan selalu cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, khusunya setelah bepergian ke luar rumah, sebelum makan, dan sebelum menyentuh mulut, hidung, atau mata. Tidak hanya dapat mencegah flu unta, tindakan ini juga bisa mencegah penyakit infeksi lainnya. 

  • Jangan berbagi pakai peralatan rumah tangga

Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari berbagi pakai peralatan rumah tangga meskipun dengan keluarga sendiri. Beberapa peralatan rumah tangga yang sebaiknya tidak digunakan bersama-sama diantaranya seperti peralatan makan, handuk, serta peralatan mandi. Jika akan menggunakannya secara bergantian, pastikan Anda mencucinya dengan sabun dan air hingga benar-benar besih.

  • Gunakan masker

Sebagian besar penduduk Arab Saudi menggunakan pakaian tertutup, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, saat keluar rumah. Kebiasaan ini dapat melindungi mereka dari paparan suhu panas di gurun dan debu pasir. Selain itu, cara ini ternyata juga bisa melindungi mereka dari infeksi virus, salah satunya flu unta, yang dapat menyebar melalui udara. 

Bagi Anda yang ingin mencontoh kebiasaan tersebut, Anda bisa menggunakan masker ketika akan keluar rumah. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan pakaian tertutup, atau bahkan sarung tangan sekali pakai, topi, dan kacamata, agar benar-benar terhindar dari penyakit flu unta. Perlu diingat, segera buang masker dan sarung tangan sekali pakai ke tempat sampah jika sudah digunakan. 

  • Hindari mengonsumsi olahan unta

WHO menyebutkan jika susu dan daging unta dapat menjadi media penyebaran flu unta. Maka dari itu, untuk mencegahnya Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi asupan tersebut. Namun, jika Anda benar-benar ingin mengonsumsinya, pastikan susu unta yang akan dikonsumsi sudah melalui pasteurisasi. Sedangkan untuk dagingnya, pastinkan itu sudah diproses pada suhu 70 derajat celcius hingga matang sepenuhnya. Intinya, hindari mengonsumsi berbagai olahan unta yang masih mentah.

  • Menghindari kontak langsung

Cara terbaik untuk mencegah penyakit flu adalah dengan menghindari kontak langsung dengan hewan atau pasien yang terinfeksi. Jangankan menyentuh, sebaiknya Anda juga tidak mendekati hewan atau orang yang diduga telah terinfeksi penyakit flu unta. 

By Sri Maryati - Tips Senin, 29 Januari 2018 13:17:06

Related Post :
Penyakit
Penyebab Hipertensi Sekunder dan…

Penyebab hipertensi sekunder dan…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Beras…

Khasiat dan Manfaat Beras…

Tips
Pertolongan Pertama Luka Bakar…

Berikut tips dan cara…

Kesehatan
Dampak Dan Bahaya Tidur…

Berikut adalah bahaya tidur…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Rambut…

Cara ampuh mengatasi rambut…

Tips
Tips Cara Menghilangkan Mata…

Berikut adalah tips dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Tips Sehat Agar Anak Terhindar Dari Kuman Penyakit

Tips sehat agar anak terhindar…

Tips
Tips Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria Secara Alami

Selain dengan obat-obatan, berikut adalah…

Kirim Pertanyaan
Top