Obat Pseudoephedrine Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Share dan Tag Temanmu di :

Pseudoephedrine, Obat Untuk Hidung Tersumbat

Anda yang sedang mengalami gangguan pernafasan dan hidung tersumbat seperti flu, pilek, alergi, dan sinusitis bisa jadi menganggap gangguan tersebut sangat menghambat aktivitas. Obat yang bernama pseudoephedrine ini memang digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara kerja obat yang termasuk ke dalam golongan dekongestan ini adalah dengan menyempitkan pembuluh darah untuk meredakan pembengkakan akibat infeksi sehingga penderita akan lebih mudah untuk bernafas.


Pseudoephedrine memiliki fungsi untuk meredakan gejala hidung tersumbat, tidak untuk menyembuhkan penyakit yang jadi penyebabnya. Obat ini dipakai pula untuk menangani gejala telinga terasa penuh karena infeksi telinga maupun peradangan. Pseudoephedrine ada yang tergolong obat resep, ada pula yang tergolong obat bebas, tergantung dari merknya. Bisa dikonsumsi oleh anak-anak diatas 12 tahun dan orang dewasa, obat ini ada yang berbentuk obat cair yang diminum serta ada pula yang berbentuk tablet.

Perempuan hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengonsumsi pseudoephedrine. Segera hubungi dokter jika gejala tidak juga reda sesudah mengonsumsi obat ini selama satu minggu atau jika ada efek samping berupa demam. Hati-hati jika menderita diabetes tipe 2, hipertensi, penyakit kardiovaskular, gangguan ginjal, glaukoma, hipertiroidisme, gangguan hati, detak jantung cepat dan tidak teratur, serta pembengkakan prostat. Setelah mengonsumsi obat ini, hindari mengemudi atau mengoperasikan alat berat karena efek sampingnya bisa membuat pusing.

Pseudoephedrine biasanya memiliki kandungan 100 persen. Mengenai dosisnya dibedakan sesuai dengan jenis obat. Untuk obat cair yang diminum, dosisnya 10 mililiter dengan frekuensi 3 kali sehari. Sementara untuk tablet, dosisnya 60 miligram dengan frekuensi 4 kali sehari. Obat ini termasuk salah satu zat dalam komposisi berbagai obat flu, pilek, dan batuk. Dosis penggunaan berbeda-beda untuk tiap bentuk obat dan bisa dilihat pada masing-masing kemasan.

Pseudoephedrine bisa dikonsumsi sebelum maupaun sesudah makan. Hindari mengonsumsi minuman keras dan merokok selama mengonsumsi obat ini untuk menghindari efek samping. Gunakan pseudoephedrine sesuai anjuran dokter. Jika memilih mengonsumsi pseudoephedrine yang dijual bebas, pakai sesuai keterangan pada kemasan dan jika ragu, tanyakan pada dokter.

Jika mengonsumsinya dalam bentuk cair, gunakan sendok atau gelas takar khusus yang ada dalam kemasan. Tidak dianjurkan untuk menggunakan sendok makan biasa karena bisa jadi takarannya berbeda. Beri jarak antara satu dosis dengan dosis selanjutnya. Setiap obat memiliki efek samping. Efek samping dari pseudoephedrine diantaranya mual dan muntah, gemetar, lemas, mulut kering, dan sakit kepala. Hentikan konsumsi obat jika merasa ada efek samping serius seperti detak jantung cepat, sulit bernafas, berhalusinasi, dan sulit tidur.

By Ana Rediana - Obat Kimia Sabtu, 13 Agustus 2016 09:35:40

Related Post :
Kesehatan
Melakukan Pertolongan Pertama pada…

Tips pertolongan pertama pada…

Kesehatan
Anjuran Makanan Sehat Yang…

Terdapat 7 anjuran makanan…

Manfaat
Manfaat Suplemen Natur-E untuk…

Manfaat suplemen Natur E…

Kesehatan
Resep Ramuan Air Jahe…

Selain memperbanyak minum air…

Kesehatan
Mengenal Berbagai Gejala Abses…

Informasi tentang abses payudara…

Alami
Obat Alami Penghilang Bopeng…

Bopeng jerawat memang lebih…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Hydrocortisone Obat Oles Ringan Untuk Kulit Gatal Di Apotek

Hydrocortisone adalah salah satu jenis…

Obat Kimia
Antibiotik Amoxicillin untuk Atasi Infeksi Karena Bakteri

Amoxicillin merupakan antibiotik penisilin yang…

Obat Kimia
Manfaat Obat Sildenafil Untuk Mengatasi Disfungsi Ereksi

Manfaat obat sildenafil untuk mengatasi…

Kirim Pertanyaan
Top