Ini Bahaya Cegukan Terus Menerus Yang Perlu Anda Waspadai!

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya cegukan terus menerus ternyata memiliki resiko tersendiri bagi kesehatan. Sehingga kondisi ini pun sebaiknya anda waspadai sejak dini. Dan untuk mengetahui informasi selengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut ini.


Pernahkah anda mengalami cegukan? ya pastinya hampir semua orang pernah mengalami kondisi ini. Mulai dari bayi baru lahir, anak-anak, orang dewasa bahkan janin dalam kandungan juga diketahui dapat mengalami cegukan. Tak jarang kondisi ini terjadi secara tiba-tiba terutama saat makan terlalu cepat atau kekenyangan.

Cegukan sendiri merupakan efek dari kontraksi diafragma, yang terjadi secara tiba-tiba. Dan suara muncul, saat pita suara menutup pada kontraksi otot tersebut. Adapun untuk penyebab cegukan sendiri, biasanya dikaitkan dengan perubahan cuaca, stres hingga terlalu bersemangat dalam melakukan suatu aktivitas.

Selain itu, pola makan seperti halnya makan terlalu banyak, menelan udara sambil mengunyah permen karet, hingga mengonsumsi minuman bersoda maupun minuman beralkohol secara berlebihan juga di sebut-sebut sebagai pemicu utama terjadinya cegukan.

Penyebab cegukan berhari-hari yang perlu anda waspadai

Pada umumnya, sebagian besar cegukan yang terjadi pada umumnya akan berhenti dengan sendiri, dan jarang sekali dianggap sebagai kondisi medis yang darurat. Meski begitu, anda juga perlu mewaspadai jika cegukan berkepanjangan yang berlangsung lebih dari 2 hari.

Hal tersebut lantaran bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan didalam tubuh anda. Mulai dari terjadinya iritasi pada gendang telinga, radang tenggorokan, pembesaran kelenjar tiroid, tumor maupun kista pada tenggorokan hingga naiknya asam lambung ke tenggorokan atau Gastroesophageal reflux disease.

Penyakit kronis seperti diabetes, penyakit parkinson, gagal ginjal, kanker serta kemoterapi juga bisa menjadi pemicu terjadinya cegukan berlebihan. Selain dari pada itu, cegukan semacam ini juga bisa menjadi akibat adanya gangguan pada saraf pusat sehingga tubuh tidak dapat mengendalikan cegukan.

Lalu, apa bahaya cegukan terus-menerus bagi kesehatan?

Cegukan yang berlansung terlalu lama ternyata diketahui dapat menimbulkan resiko dan dampak cukup bahaya bagi tubuh. Dan rianciannya adalah sebagai berikut.

1. Keruksakan saraf

Cegukan yang terjadi lebih dari dua hari bisa menjadi indikasi dari adanya tumor pada leher. Sehingga tak menutup kemungkinan besar kondisi cegukan ini dapat mengakibatkan keruksakan saraf yang menghubungkan otot diafragma. Sehingga perlu mendapatkan penangan cukup intensif secepatnya.

2. Gangguan dalam saraf pusat

Cegukan juga bisa mengakibatkan gangguan pada saraf pusat. Keruksakan pada bagian ini menyebabkan tubuh menjadi sama sekali tidak bisa mengatur gerakan refleks dari cegukan. Sehingga hal ini bisa menjadikan cegukan bertahan menjadi lebih lama.

3. Gangguan metabolisme tubuh

Cegukan yang terjadi dalam waktu yang lama juga dapat menimbulkan resiko berupa terjadinya gangguan metabolisme tubuh. Bahkan pada kondisi yang lebih serius, dapat mengakibatkan terjadinya gangguan keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit ginjal.

4. Gangguan pernafasan

Bahayanya cegukan dalam waktu yang lebih lama juga berdampak pada pernafasan anda. Hal ini bisa terjadi pada saat mengalami cegukan, anda merasa ada tekanan yang berat pada bagian perut hingga tenggorokan. kika cegukan bertahan lebih lama lagi, maka tak jarang anda akan mengalami kesulitan mengatur nafas, terlebih jika paru-paru harus menari panjang dan memberikan cegukan terus berlanjut. Kondisi ini juga akan membuat anda merasa kurang nyaman pada bagian dada.

5. Ketegangan otot

Cegukan yang berlangsung cukup lama juga mampu menyebabkan ketegangan otot, terutama otot sekitar perut, dada dan juga tenggorokan. Kondisi ini juga tak jarang menyebabkan dada menjadi sulit mengatur napas dan tidak mampu bekerja dengan baik. Adapun gejala ini biasanya ditunjukkan setelah cegukan berlangsung dalam kurun waktu 5 jam. Sehingga, apabila nafas anda berat dan bagian pernafasan otot terasa menegang, sebaiknya anda segera mencari bantuan medis.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi bahaya cegukan terus menerus lainnya seperti gangguan ventilasi, kurang gizi, menyebabkan efosigitosis, gangguan detak jantung, insomnia hingga mempersulit penyembuhan luka. Sehingga, jika anda kini sering mengalami cegukan berhari-hari sebaiknya segera periksakan ke dokter sebelum terjadi resiko kesehatan lainnya. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 31 Januari 2018 10:19:41

Related Post :
Alami
Obat Luka Diabetes Tradisional…

Obat luka diabetes tradisional…

Alami
Cara Memanfaatkan Sarang Semut…

Sarang semut memiliki banyak…

Tips
Cara Efektif Atasi Lidah…

Mengonsumsi makanan atau minuman…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Penyakit…

Berikut ini adalah berbagai…

Tips
Obat Alami Batu Ginjal…

Obat Alami Batu Ginjal…

Penyakit
Cara Mendiagnosa Penyakit Lupus…

Penyakit lupus disebut juga…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    0 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Inilah 10 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Tumor Otak

Makanan yang harus dihindari penderita…

Kesehatan
Ternyata Ini Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas

Dibalik rasanya yang nikmat dan…

Kesehatan
Risiko Penyakit Akibat Badai Cempaka yang Harus Diwaspadai

Anda harus selalu waspada terhadap…

Kirim Pertanyaan
Top