Ini Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda Menurut Ahli Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab rambut beruban di usia muda pada kenyataannya bisa di sebabkan oleh banyak faktor. Selain masalah gaya hidup, kondisi ini juga bisa di sebabkan oleh tingkat stres yang tinggi hingga berbagai masalah kesehatan. Adapun untuk mengetahui informasi tersebut lebih lanjut, sebaiknya anda menyimak ulasan singkat berikut ini.


Uban merupakan pergantian warna yang terjadi pada rambut, yang bermula dari warna hitam ke warna abu-abu dan kemudian menjadi warna putih. Uban sendiri biasanya muncul karena adanya permasalahan pada sintesa protein. Dan pada keadaan tersebut, sel melanosit tidak bisa menghasilkan pigmen melanin sehingga rambut kehilangan warna sebanarnya.

Penurunan kinerja sel melanosit sendiri umumnya disebabkan karena terjadinya keruksakan pada kolagen sebagai akibat dari kadar enzim katalase yang kian menurun dalam tubuh. Tak jarang sebagian besar orang menganggap hal ini sebagai bagian dari proses penuaan. Terlebih karena biasanya uban ini muncul pada mereka yang telah berusia 40 tahun keatas.

Namun meski begitu, uban juga bisa dimiliki oleh pria maupun wanita yang terbilang memiliki usia masih muda sekitar umur 20 tahunan bahkan masih saat remaja. Tentu kondisi ini nyatanya membuat mereka tidak percaya diri diusia mereka yang bisa dibilang terlalu dini untuk memiliki uban.

Berbagai faktor penyebab rambut bruban di usia muda menurut para ahli

Secara umum, faktor penyebab tumbuh uban di usia muda bisa disebabkan oleh faktor dari dalam (intrinsik) dan juga faktor dari luar (ekstrinsik). Adapun penjabaran lengkapnya seputar sebab rambut beruban di usia muda adalah sebagai berikut.

1. Faktor dari dalam

Faktor yang satu ini memberikan kontribusi yang cukup berperan menjadi penyebab timbulnya uban di usia muda. Adapun berbagai faktor intrinsik ini meliputi:

  • Tingkat stres yang tinggi. Kondisi ini disinyalir sebagai penyebab utama yang berperan besar membuat rambut muncul uban diusia muda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas New York pada tahun 2013 lalu menemukan fakta bahwasannya stres mampu menyebabkan pecahnya sel inti pada batang rambut yang mengakibatkan rusaknya folikel dan berujung pada munculnya uban. Meski begitu, penelitian lainnya menyebutkan bahwasannya hal tersebut belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah.
  • Faktor genetis. Hal ini juga biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kasus yang sama. Seperti halnya, jika ayah maupun ibu memiliki uban diuasia 20 tahunan, maka kemungkinan besar anaknya juga akan mengalami hal serupa akibat pengaruh gen yang diturunkan.
  • Kekurangan vitamin. Adapun kemungkinan lain dari pemicu uban dini adalah kurangnya asupan vitamin yang diperlukan oleh tubuh seperti halnya vitamin B12. Biasanya hal tersebut sangat beresiko terjadi pada mereka yang sering kali mengidap anemia, dimana intensitas peredaran sel darah merah tidak mencukupi sehingga memperngaruhi daya serap batang rambut terhadap vitamin B12 sebagai salah satu makanan utamanya. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang kekurangan supan vitamin C dan E.
  • Gangguan kesehatan. Meskipun jarang terjadi, uban juga kerap muncul akibat masalah kesehatan, seperti halnya penyakit triroid. Selain itu, penyakit autoimun seperti halnya vitiligo dan alopesia juga mampu menyebabkan uban dini. Adapun autoimun sendiri adalah kondisi dimana sel-sel didalam tubuh menyerang kondisi prima tubuh luar termasuk rambut yang kemudian berakhir pada gejala uban dini.

Selain itu, masih banyak lagi faktor intrinsik lainnya yang dapat menyebakan tumbuhnya uban atau rambut berwarna putih di usia dii seperti halnya gangguan hormon, terjadinya defisiensi asam folat, hingga menopause dini.

2. Faktor dari luar

Adapun untuk faktor ekstrinsik, tak jarang meliputi pola maupun gaya hidup yang salah. Seperti halnya berikut ini:

  • Kebiasaan merokok. Selain dapat mempengaruhi kesehatan dan juga kulit, merokok juga ternyata dapat menyebabkan dampak buruk pada rambut anda. Menurut Marie Jihn, merokok dapat menyebabkan kulit alami menjadi keriput dini  yang tak hanya terjadi pada kulit wajah namun juga pada kulit kepala. Dan pada saat kulit kepala kering dan menimbulkan ketombe yang berlebih, maka pengaruh pada batang rambut  yang kian kurang mendapatkan nutrisi. Dan sebagai akibatnya, rambut akan mudah rapuh dan berujung pada munculnya uban.
  • Sering mengonsumsi makanan cepat saji. Hampir semua makanan cepat saji mengandung zat karsinogenik bersifat racun didalamnya. Zat racun tersebutlah yang akan menghambat produksi melanin dalam tubuh. Maka jangan heran, apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji maka kemungkinan besar akan lebih cepat memiliki uban.
  • Melakukan diet yang salah. Pada mereka yang tengah menjalani program diet, biasanya mereka akan mengurangi asupan makanan secara berlebih. Dan akibatnya, asupan gizi yang di perlukan oleh tubuh juga menjadi berkurang. Sehingga pada beberapa kasus tertentu, kurangnya asupan gizi tersebut akan berpengaruh pada rendahnya produksi melanin sehingga uban lebih cepat muncul.
  • Kebiasaan menggunakan dan mengganti pewarna rambut. Perlu untuk anda ketahui, bahwasannya zat kimia yang terdapat didalam pewarna rambut mampu merusak komposisi rambut dan juga mengikis melanin yang terdapat didalam rambut. Dan sebai akibatnya, rambut akan cepat beruban. Lebih dari itu, pengecatan pada rambut juga akan menjadikan rambut semakin kusam dan juga bercabang.
  • Kurang menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Rambut maupun kulit kepala yang kotor bisa membuat bakteri dan kuman lebih nyaman dan juga berkembang. Dan akibatnya, rambut akan menjadi sarang organisme yang membuat kulit kepala dan rambut menjadi tidak sehat, sehingga produksi melanin kian menurun.

Adapun selain yang telah disampaikan diatas, faktor dari luar lainnya yang mampu menyebabkan timbulnya uban sejak dini diantaranya seperti penggunaan sampo yang salah, pencucian rambut yang terlalu sering, hingga penggnaan pengering rambut yang terlalu sering.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab rambut beruban di usia muda. Adapun untuk cara mengatasinya, anda bisa menghilangkan uban dengan bahan alami dan disesuaikan dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Kesehatan Kamis, 01 Februari 2018 11:41:04

Related Post :
Kesehatan
Anjuran Makanan Sehat Yang…

Terdapat 7 anjuran makanan…

Tips
Tips Cara Memilih Multivitamin…

Tips dalam memilih multivitamin…

Ibu Hamil
Bahaya dan Cara Cegah…

Infeksi saluran kemih pada…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Alami
Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan…

Tips dan cara mengatasi…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Antibiotik untuk Infeksi Paru Picu Gangguan Pendengaran

Penggunaan antibiotik untuk infeksi paru…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Sesak Nafas

Informasi tentang sesak nafas, penyebab,…

Kesehatan
Tak Disangka! Bentol Kecil Bisa Jadi Gejala Penyakit Kanker

Jangan sepelekan sebuah bentol kecil…

Kirim Pertanyaan
Top