Ingin Tetap Sehat dan Awet Muda ? Konsumsi Makanan Ini !

Share dan Tag Temanmu di :

Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat serta tetap terlihat awet muda bahkan jika usia terus bertambah. Ternyata, selain gen pola makan juga ikut berpengaruh. Meskipun tidak benar-benar bisa menghentikan prosesnya, tetapi mengonsumsi makanan yang tepat bisa membantu menunda penuaan. 

Memang tidak dipungkiri jika penampilan luar tubuh dipengaruhi oleh asupan makanan dari dalam tubuh. Agar penampilan tetap awet muda, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki manfaat anti-aging untuk tetap bisa mempertahankan kulit sehat cantik kencang alami. 


Berikut ini merupakan beberapa pilihan makanan anti aging agar tetap sehat dan awet muda, yaitu :

Dark chocolate

Dark chocolate atau coklat hitam kaya akan kandungan flavonol, antioksidan yang melawan radikal bebas dan menyerap radiasi UV serta bisa meningkatkan peredaran darah. Antioksidan dalam coklat bisa melindungi kulit dan merangsang pelepasan hormon anti-stres. 

Delima

Biji merah buah delima bagus untuk kulit. Selain dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah juga dapat menanamkan cahaya alami. Delima juga mengandung senyawa penting yang memiliki efek antipenuaan. 

Kandungan Asam Ellagic pada delima merupakan senyawa polifenol yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, juga terdapat kandungan punicalagin yang merupakan nutrisi super yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga kolagen sehingga membantu menjaga kelembutan kulit.

Nanas

Nanas termasuk salah satu jenis buah yang ternyata memiliki manfaat anti-aging. Buah dengan rasa manis ini kaya akan kandungan mineral mangan yang dapat membantu mengaktifkan enzim prolidase. Enzim ini membantu menyediakan prolin untuk asam amino agar diubah menjadi kolagen, yang mana memiliki peran yang sangat penting dalam membuat kulit kencang dan elastis. 

Tomat

Buah tomat dapat membantu menjaga kulit dari kusam dan dehidrasi. Kandungan lycopene yang dimilikinya sangat diperlukan untuk kulit sehat dan regenerasi sel-sel kulit baru. Kandungan airnya juga dapat menjaga kelembaban kulit secara alami.

Alpukat

Tubuh manusia dapat membuat semua lemak yang diperlukan kecuali dua asam lemak esensial, Linoleic Acid (LA) dan Alpha Linolenic Acid (ALA). Kedua lemak tersebut berfungsi membangun dinding sel yang kuat untuk kecantikan dan kulit. 

Ahli Gizi Makrobiotik, Shilpa Arora mengungkapkan jika buah alpukat kaya akan kandungan asam lemak esensial omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal. Alpukat merupakan buah yang baik untuk mengurangi kerut dan dapat melembabkan kulit dari dalam. 

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, mustard, dan fenugreek dikemams dengan antioksidan, polifenol dan klorofil. Sayuran hijau ini dapat membantu membangun membran sel dan melestarikan kolagen agar kulit tetap halus dan lembut. 


Berry

Stawberry, blackberry, blueberry, dan anggur merupakan buah yang memiliki sifat antioksidan. Sehingga bisa mencegah atau memperlambat beberapa jenis kerusakan sel. Selain itu juga mampu mengurangi pembengkakan dan sakit sendi. Bright Side menyarankan untuk mengonsumsi blueberry yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan mencegah penyakit kemih, Alzheimer, dan demensia. 

Disamping itu, blueberry juga dianggap sebagai 'makanan super' yang memiliki konsentrasi tinggi mineral, vitamin dan antioksidan. Dengan begitu, blueberry dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit dari paparan sinar matahari, stres emosional, dan kerusakan sel. 

Wortel

Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A dan C ini membantu meregenerasi sel kulit dan mencegah rusaknya kolagen. Wortel juga memproteksi kulit dari kerutan prematur pada kulit yang disebabkan sinar UV. 

Disamping itu, sayuran ini juga dikenal dapat memproteksi mata karena kandungan beta-karoten, senyawa yang diubah tubuh jadi vitamin A. Ini membantu retina dan bagian mata lain berfungsi dengan baik. 

Perlu diperhatikan, sebaiknya jangan memasak wortel terlalu lama. Pasalnya proses pemasakan yang terlalu lama bisa mengurangi jumlah nutrisi penting dan vitamin secara signifikan. 

Telur

Sekitar 98% dari rambut, kulit, dan kuku adalah protein. Maka dari itu, asupan protein yang cukup dapat membatu melawan tanda-tanda penuaan yang terlihat. Sedangkan kekurangan protein dapat menyebabkan penuaan dini dan bahkan otot-otot wajah yang kendor. Untuk mengatasi hal tersebut, telur bisa menjadi alternatif untuk Anda. Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik yang berkualitas tinggi.

Yoghurt

Yoghurt dapat membantu menjaga sel kulit tetap sehat. Yoghurt merupakan sumber kalsium baik yang dapat membantu mengiri dan membangun kembali sel. Asam laktat yang terkandung pada yoghurt juga dapat membantu meluruhkan kulit mati dan mengencangkan pori-pori.

Lemon

Memiliki asupan vitamin C yang cukup merupakan cara terbaik untuk menjaga kulit tetap kencang dan cerah. Meminum segelas air lemon yang dibuat dari 2 buah jeruk lemon setiap hari dapat membuat kulit lebih cerah dan tetap terlihat awet muda. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 01 Februari 2018 12:03:05

Related Post :
Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Anak Tetap…

Berikut ini berbagai penyebab…

Manfaat
Ini Dia Beragam Manfaat…

Tahukah anda apa manfaat…

Daun
Manfaat Daun Kaca Piring…

Manfaat daun kaca piring…

Tips
Cara Hilangkan Bopeng di…

Terdapat beberapa cara yang…

Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Penyakit…

Berikut adalah beberapa makanan…

Manfaat
Kandungan dan Manfaat Labu…

Kandungan dan Manfaat Labu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Hati-Hati Teh atau Kopi Panas Bisa Picu Kanker

Teh dan kopi merupakan minuman…

Kesehatan
Ini Penyebab Artritis Serta Faktor Risiko Dan Gejalanya

Informasi tentang penyebab, faktor risiko…

Kesehatan
Awas! Makanan Ini Ternyata Bisa menyebabkan Perut Kembung !

Berberapa jenis makanan ternyata memiliki…

Kirim Pertanyaan
Top