Ketahuilah Ciri-ciri Wanita Mandul Sedini Mungkin

Share dan Tag Temanmu di :

Sebagai perempuan jika telah menjalani rumah tangga dalam waktu cukup lama tetapi tak kunjung dikaruniai anak, tentunya anda bertanya-tanya apakah saya mandul dan seperti apa ciri wanita mandul itu? Mandul (infertilitas) merupakan sebuah kondisi yang memperngaruhi setidaknya 1 dari 6 pasangan suami istri yang dikatakan memiliki masalah kesuburan jika telah berusaha memiliki keturunan tanpa metode kontrasepsi apapun selama 1 tahun penuh. Mandul pada perempuan yaitu jika penyebab masalah kesuburan tersebut dari pihak perempuan nyatanya kontribusi mandul pada perempuan mencapai 30% pada seluruh kasus kesuburan.


Berbagai penyebab mandul pada wanita diantaranya jika ada gangguan pada proses ovulasi, masalah pada leher rahim, dan kerusakan pada rahim atau tuba falopi. Selain itu, dari usia juga dapat berkontribusi pada masalah ketidaksuburan pada wanita karena sering bertambahnya usia kesuburan wanita secara alami akan mengalami penurunan.

Berikut dibawah ini ada beberapa ciri wanita mandul yang sebaiknya harus anda waspadai, antara lain :

  • Merokok

Berdasarkan penelitian bahwa wanita yang tidak merokok peluang untuk hamil akan lebih besar dibanding wanita yang suka merokok bahkan sekitar 43% wanita yang merokok berat akan mengalami penurunan fungsi kesuburan sehingga statistik ini pun akan semakin meningkat jika suami anda perokok karena rokok memiliki kandungan bahan kimia yang bisa merusak sel telur sehingga menimbulkan ovulasi secara sporadis sehingga dapat meningkatkan potensi keguguran dan menurunkan potensi kehamilan.

  • Alat kontrasepsi

Wanita yang secara aktif mengikuti program KB lalu ingin berhenti karena ingin merencanakan kehamilan maka dibutuhkan waktu sekitar 1 tahun supaya kondisinya bisa pulih kembali. Kondisi tersebut tergantung pada setiap orang bahkan pada beberapa kasus membutuhkan waktu yang lebih lama karena pada masa tersebut tubuh membutuhkan waktu supaya bisa mengatur siklus haid dan ovulasi meskipun siklus haid sudah normal namun proses ovulasi belum tentu normal juga. Tapi beruntung hingga saat ini belum ada indikasi bahwa penggunaan alat kontrasepsi bisa menimbulkan kemandulan.

  • Siklus haid

Siklus haid yaitu suatu tanda jika proses sedang terjadi dan tanda bahwa hormon dapat bekerja secara normal karena alasan ini tak heran banyak dokter yang menyarankan sebaiknya jika hubungan intim dilakukan selama masa ovulasi karena peluang yang sangat besar untuk terjadi kehamilan. Tetapi tidak semua wanita mengerti mengenai waktu ovulasi. Hingga kini ada alat yang bisa mendeteksi masa ovulasi wanita yang dijual bebas di Apotek. Jadi yang dimaksud dengan ovulasi yaitu suatu tanda awal sebagai acuan untuk mengetahui bahwa wanita tersebut subur atau tidak. Apabila wanita mengalami masalah dengan siklus haid maka kemungkinan besar mengalami ketidaksuburan.

  • Berat badan tidak normal

Wanita yang badannya gemuk atau terlalu kurus masih tetap memiliki peluang untuk hamil namun kondisi ini dapat mengurangi peluang kehamilan. Perlu anda ketahui bahwa supaya ovulasi berjalan secara optimal maka dibutuhkan hormon-hormon yang bekerja secara efektif. Tapi ketika memiliki berat bada berlebih ataupun sangat kurang maka kinerja dari hormon tidak bisa normal dan untuk tingkat yang extrim ovulasi bahkan bisa berhenti.

  • Stress

Stress termasuk penyebab yang sangat besar sehingga wanita sulit untuk hamil tapi stress sangat tidak bisa dipisahkan dari wanita terutama bagi yang hidupnya di kota besar. Ketika wanita sering merasa stress maka akan menghasilkan hormon kortisol dan prolaktin yang terbukti dapat mengganggu atau menghentikan ovulasi. Jika hal tersebut terus terjadi maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan menguras banyak energi sehingga dapat mencegah terjadinya pelepasan energi termasuk sulit untuk hamil.

Secara umum wanita yang memiliki siklus haid tidak normal, memiliki kebiasaan merokok, hidup penuh dengan rasa stress, maka kemungkinan besar akan mengalami kemandulan. Perlu anda ketahui bahwa masalah kesuburan tak hanya mengenai wanita saja namun pada pria juga. Oleh sebabnya, wajib melakukan pemeriksaan oleh keduanya.

By Ana Rediana - Kesehatan Kamis, 01 Februari 2018 15:55:35

Related Post :
Kesehatan
Ingin Terhindar dari Depresi…

Tekanan pekerjaan dan aktivitas…

Alami
Bahan Alami Warisan Nenek…

Orang tua zaman dahulu…

Penyakit
Penyebab Gejala Varikokel dan…

Penyebab Gejala Varikokel dan…

Kesehatan
Mengerikan! Ini Bahaya Terlalu…

Meskipun enak, mengkonsumsi kentang…

Manfaat
Manfaat Kandungan Mineral Boron…

Boron merupakan mineral yang…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Madu…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Kedelai Secara Berlebihan

Meskipun memiliki manfaat bagi kesehatan,…

Kesehatan
Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi saat Perut Kosong

Sebaiknya makanan ini tidak dikonsumsi…

Kesehatan
Daftar Makanan Yang Mengandung Kolagen Terbaik

Daftar makanan yang mengandung kolagen…

Kirim Pertanyaan
Top