Mengenal Kegunaan Dan Manfaat Daun Jarak Merah Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun jarak merah ternyata memiliki fungsi yang cukup berperan penting dalam menunjang kesehatan. Lalu, apa saja khasiat yang terdapat didalamnya? untuk mengetahui informasi selengkapnya, ada baiknya anda menyimak ulasan singkat berikut ini.


Daun jarak merah adalah salah satu jenis daun jarak yang memiliki warna khas berupa merah keunguan. Karena perlu anda ketahui, pohon jarak sendiri ternyata terdiri dari beberapa jenis. Seperti halnya jarak pagar, jarak kepyar, jarak bali, jarak cina dan juga jarak wulung atau jarak merah.

Sama seperti manfaat daun jarak pada umumnya, jarak merah yang memiliki nama latin Jathropa gossyphofolia L ini juga tumbuh subur di Indonesia dan terkenal akan keampuhannya dengan berbagai macam khasiat yang ditawarkan.

Ciri-ciri tanaman jarak merah

Bagi anda yang belum mengetahui tanaman jarak merah seperti apa, berikut bisa anda kenali dari berbagai karakteristik berikut ini:

  • Jarak merah termasuk ke dalam perdu tahunan yang tumbuh tegak sekitar 1-2 meter, dengan rambut kelenjar yang berbentuk bintang bercabang dan getah bersabun.
  • Memiliki batang berkayu bulat, bercabang dengan warna coklat.
  • Daun jarak merah berbentuk tunggal yang panjang, bertangkai dengan helaian daun bulat telur sungsang hingga bulat.
  • Daun jarak merah umumnya memiliki panjang sebesar 6-23 cm dan lebar kira-kira 7-20 cm. Warna daun keunguan saat muda dan ungu kecoklatan saat tua dan memiliki ujung yang runcing.
  • Bunga jarak merah memiliki bunga yang mejemuk dalam malai rata bertangkai, berbentuk corong kecil dengan warna keunguan yang keluar dari ujung batang. Pada umumnya dalam satu pohon terdapat setidaknya satu bunga jantan dan satu bunga betina yang berna hiojau saat muda dan berwarna kecoklatan saat tua.
  • Biji jarak merah berbentuk bulat dengan warna coklat kehitaman dan mengandung minyak.

Berbagai kandungan kimia yang terdapat didalam daun jarak merah

Menurut hasil dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan terhadap daun jarak merah, didalamnya diketahui mengandung beberapa senyawa kimia seperti halnya tannin, sulfur, asam oksalat, alkaloid jatroiden, isagodain, propasin, cilatrione, jatrofon, jatrofeno. jatrofolon A-B, fraxetin dan cyclogossine A-B.

Selain daunnya, akar pohon jarak merah juga diketahui mengandung senyawa alkalloida sedangkan batangnya mengandung belerang dan tannin. Biji jarah merah juga diketahuo mampu menghasilkan minyak yang mengandung antikarsinogen dan odroforbol yang bisa bertindak sebagai antikanker.

Khasiat dan manfaat daun jarak merah bagi kesehatan


Pada dasarnya penggunaan daun jarak merah tidak begitu disarankan untuk bahan konsumsi, lantaran konon daun ini mengandung racun. Sehingga, ada baiknya anda hanya menggunakannya untuk obat luar luar, seperti halnya informasi berbagai kegunaan dan pemanfaatan daun jarak merah berikut ini.

1. Membantu menurunkan demam

Demam merupakan reaksi tubuh dalam melawan virus maupun infeksi yang di tandai dengan tingginya suhu tubuh. Adapun mentuk mengatasinya pada anak maupun dewasa, anda bisa memanfaatkan daun jarak untuk meredakannya.

Untuk cara menggunakan daun jarak merah untuk mengobati demam, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun jarak merah secukupnya dan cuci bersih di air yang mengalir. Setelah itu, rebusan daun jarak tersebut menggunakan air hingga mendidih. Setelah agak hangat, gunakan rebusan daun jarak merah tersebut untuk mandi atau kompres, guna menurunkan demam khususnya pada anak.

2. Mengobati penyakit kulit

Penyakit kulit pada umumnya bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti halnya kebersihan diri yang buruk, terinfeksi virus, bakteri, alergi hingga dayabtahan tubuh yang rendah. Apabila anda kini tengah mengalami penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur maupun lainnya, anda bisa memanfaatkan rebusan air daun jarak merah sebagai solusinya. Anda cukup merebus daun jarak, sebagaimana telah di jelaskan sebelumnya, dan gunakan air rebusan tersebut untuk mandi.

3. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang umumnya bisa disebabkan oleh faktor dehidrasi, panas dalam, stres, hormon, usus kurang elastis dan masih banyak lagi. Selain menggunakan obat pencahar, anda bisa mengatasi masalah sembelit ini secara tradisional yaitu menggunakan ramuan daun jarak merah.

Untuk caranya, anda bisa terlebih dahulu untuk menyiapkan 3 lembar daun jarak merah an cuci bersih dengan air mengalir. Setelah itu, olesi daun jarak merah dengan minyak kelapa murni. Panaskan daun jarak merah tersebut diatas api kecil hingga layu. Saat masih hangat, anda bisa langsung menempelkannya pada bagian perut anda.

4. Mengobati masuk angin

kegunaan daun jarak merah lainnya adalah mampu mengobati masuk angin, khususnya pada bayi. Adapun untuk caranya, anda bisa menyiapkan 2-3 lembar daun jarak merah dan cuci bersih. Setelah itu, olesi daun jarak merah dengan minyak kepala. Panaskan daun selama 1-2 menit dengan api kecil. Setelah itu, tempelkan daun jarak merah pada punggung bayi untuk mengobati masuk angin.

5. Membantu menghentikan pendarahan pada gusi

Untuk mengatasi kondisi ini, anda juga bisa menggunakan daun jarak merah sebagai solusinya. Caranya, anda bisa merebus daun jarak merah hingga mendidih. Setelah matang, gunakan air rebusan daun jarak yang telah dingin sebagai obnat kumur agar pendarahan tersebut berhenti.

6. Meredakan rasa nyeri pada tulang dan anggahota tubuh lainnya

Rasa nyeri pada tulang maupun sendi tentunya sangatlah mengganggu. Dan ternyata kondisi tersebut bisa di redakan dengan pemakaian daun jarak merah. Untuk cara penggunaannya, anda bisa bisa menggunakan rebusan daun jarak merah yang masih hangat untuk mandi maupun membalurkan lumatan daun jarak merah pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

7. Mengobati penyakit hernia

Hernia atau yang lebih dikenal dengan istilah turun berok adalah penyakit yang terjadi apabila organ dalam tubuh menekan dan mencuat titik lemah atau celah permukaan pada tubuh. Dan daun jarak merah sendiri dipercaya cukup efektif dalam mengatasi kondisi ini.

Caranya, terlebih dahulu anda bisa menyiapkan sekitar 10 lembar daun harak merah dan cuci hingga bersih. Setelah itu, campurkan daun jarak merah dengan sedikit garam, kemudian lumatkan hingga halus dan lembut. Setelah itu, tempelkan lumatan daun jarak merah tersebut pada telapak tangan dan kaki. Usakan untuk mlakukan pengobatan ini secara teratur, minimal sekali sehari dalam rentan waktu selama 2 bulan.

8. Mengobati memar pada tubuh

Memar merupakan cedera pada kulit yang bisa diakibatkan oleh benturan yang mmecahkan pembuluh darah kecil di bawah jaringan. Untuk mengatasi masalah ini, anda juga bisa memanfaatkan daun jarak merah sebagai solusinya. Caranya, cukup siapkan 3 lembar daun jarak merah, setelah itu tumbuk daun jarak hingga lumat, kemudian campur dengan minyak kelapa secukupnya. Kemudian bubuhkan tumbukan daun jarak pada luka yang memar.

9. Mengatasi sakit gigi

Manfaat lainnya yang bisa anda peroleh dari daan ini adalah mampu mengatasi sakit gigi. Adapun untuk memanfaatkannya, anda bisa menggunakan daun jarak merah untuk obat kumur seperti halnya untuk menghentikan pendarahan pada gusi.

10. Mempercepat penyembuhan luka

Kelebihan lainnya dari daun jarak merah sebagai obat luar adalah dapat membantu mempercepat penyembuhan luka anda menjadi lebih cepat. Daun ini dapat membuat luka menjadi lebih cepat kering sehingga dapat tertutup dengan terbentuknya kulit baru.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun jarak merah bagi kesehatan. Seperti halnya mampu melancarkan BAB, menetrlisir racuhn di dalam tubuh, mengatasi bakteri dan jamur, memiliki sifat antiiflamasi dan antimikroba, membantu menyehatkan gigi, sebagai obat borok, baik untuk kesehatan lambung, mencegah serangan virus, mengatasi panu dan kurap dan obat radang telinga. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 03 Februari 2018 13:56:32

Related Post :
Kesehatan
Jenis Makanan Yang Baik…

Jenis makanan yang baik…

Tips
Cara Tepat Mengatasi Tekanan…

Cara tepat mengatasi tekanan…

Kesehatan
Tertarik Melakukan Sedot Lemak?…

Tertarik melakukan sedot lemak?…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Kesehatan
Dampak Dan Bahaya Tidur…

Berikut adalah bahaya tidur…

Penyakit
Diagnosis Hidradenitis Suppurativa dan…

Hidradenitis Suppurativa merupakan penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Pecut Kuda Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Khasiat Dan manfaat Daun Kahitutan Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun kahitutan…

Daun
Manfaat Daun Jati Cina Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Selain untuk melangsingkan tubuh, berikut…

Kirim Pertanyaan
Top