Mudah Lelah Saat Haid? Ini 5 Solusi Tepat Buat Anda !

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika menjelang haid banyak wanita mengalami premenstrual syndrome / PMS yang dapat menimbulkan gejala kram perut atau sakit kepala yang tidak tertahankan dan juga merasa mudah lelah sehingga akan mengganggu aktivitas keseharian anda.


Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi lelah ketika haid sehingga bisa kembali beraktivitas seperti biasanya, diantaranya :

  • Perbanyak minum air putih

Apabila tubuh anda kekurangan cairan , maka anda akan mengalami dehidrasi sehingga membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk menjaga oksigen dan nutrisi tetap bergeral keseluruh sistem peredaran darah. Kekurangan darah dapat memicu kurangnya oksigen yang dibawa keseluruh tubuh sehingga membuat anda mudah lelah dan mudah ngantuk.

Maka anda harus memenuhi kebutuhan air dalam sehari yang dianjurkan 8 gelas sehari atau sekitar dua liter.

  • Perbaiki pola makan

Dianjurkan untuk makan beberapa kali dalam sehari dengan porsi sedikit daripada makan hanya 3 kali sehari dengan porsi banyak karena dengan makan lebih sering akan membuat energi anda menjadi stabil dibandingkan jika membiarkan tubuh tidak mendapat asupan makanan dalam waktu yang lama, anda akan semakin mudah lelah.

Aturlah pola makan agar lebih sehat dan teratur dan tambahkan juga sumber protein pada makanan yang berfungsi untuk meningkatkan energi agar anda setiap harinya lebih bertenaga.

Selain daripada itu, mengkonsumsi suplemen multi vitamin dapat membantu mengatasi mudah lelah ketika sedang haid karena kekurangan nutrisi akan membuat merasa mudah lelah terutama saat sedang haid. Namun terlebih dahulu konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan suplemen termasuk suplemen vitamin penambah darah.

Kurangilah mengkonsumsi makanan olahan yang memiliki kandungan garam dan gula tinggi, disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi asupan sayur dan buah karena banyak mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan energi anda.

  • Kalsium dalam tubuh

Mengkonsumsi 1300 mg kalsium /hari dapat membantu mengurangi atau mencegah gejala PMS termasuk mudah lelah. Kalsium bisa anda dapatkan dari susu sapi dan keju atau yoghurt, sayuran seperti brokoli, kubis, dan bayam hingga ikan seperti salmon dan sarden.

Jika anda mau mengkonsumsi suplemen kalsium lebih baik tanya dulu pada dokter, apakah memang perlu dan berapa dosisnya? Karena jika kelebihan kalsium dapat membahayakan tubuh anda.

  • Hindari minuman yang mengandung alkohol dan cafein

Ketika haid ada baiknya menghindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein seperti minuman energi, bersoda, kopi, dan teh. Minuman mengandung alkohol dan kafein dapat membuat anda susah tidur nyenyak sehingga besok paginya anda akan merasa lelah.

  • Olahraga

Olahraga cukup dengan berjalan kaki sekitar 30 menit bisa menjadi pilihan olahraga ringan dan mudah. Olahraga sangat bermanfaat untuk memberi dorongan energi dan akan membuat anda tidur lebih nyenyak dimalam hari.

By Ana Rediana - Kewanitaan Senin, 05 Februari 2018 07:42:13

Related Post :
Manfaat
Khasiat Bawang Hitam Bagi…

Khasiat bawang hitam bagi…

Kesehatan
Mengetahui Perbedaan Osteoarthritis dan…

Meskipun memiliki kesamaan, ternyata…

Tips
Tips Penting Sebelum Menyimpan…

Tips penting sebelum menyimpan…

Ibu Dan Anak
Ciri Penyakit Demam Berdarah…

Ciri penyakit demam berdarah…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Daun…

Kemangi yang memiliki nama…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Penyakit Liver…

Penyakit liver dan hepatitis…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Tanda dan Gejala Menopause Dini Pada Wanita

Tanda dan gejala menopause dini…

Kewanitaan
Penyakit Reproduksi yang Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Mengetahui beberapa jenis penyakit reproduksi…

Kewanitaan
Kirim Pertanyaan
Top