Mengenal Penyakit Scabies Lengkap dengan Gejala Dan Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit scabies sebaiknya segera diatasi dengan penangan yang tepat. Karena selain menyebabkan ketidaknyamanan, kondisi ini juga dapat menyebar dengan cepat pada bagian tubuh lainnya bahkan menular ke orang lain. Lalu sebenarnya, apa itu scabies? Ketahui informasi selengkapnya hanya disini.


Apakah anda pernah mengalami gatal yang terutama muncul dimalam hari? Dan disaat yang sama keluarga maupun orang lain yang tinggal satu rumah mengalami hal yang sama? Jika demikian ada kemungkinan besar itu adalah scabies.

Skabies atau scabies adalah kondisi yang disebabkan oleh kutu atau tungau kecil bernama sarcoptes scabiei varian hominis. Tak jarang kondisi tersebut membuat gatal pada kulit tubuh manusia, terutama pada malam hari dan juga mudah menular melalui kontak secara langsung maupun tidak langsung.

Penyakit kulit ini sendiri tak sedikit dialami oleh masyarakat kita, sehingga tak heran banyak penamaan yang diberikan untuk penyakit ini seperti halnya gudik (gudikan), gatal agogo, kudis (kudisan), budukan dan lainnya.

Mengenal Gejala dan penyebab penyakit scabies

Anda bisa mengenali penyakit scabies dari berbagai gejala yang ditimbulkannya. Adapun gejala utama scabies sendiri adalah gatal pada kulit, dan memburuk terutama pada malam hari. Rasa gatal tersebut terjadi akibat reaksi alergi terhadap tungau. Adapun ciri-ciri dan gejala scabies selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Gatal pada sela-sela jari dan tangan
  • Gatal pada permukaan luar siku dan juga ketiak.
  • Gatal pada sekitar perut dan pusar.
  • Gatal pada bagian bokong dan selangkangan.
  • Gatal di sekitar puting susu, garis bra dan sisi payudara (pada wanita)
  • Gatal pada alat kelamin khususnya pada pria.
  • Pada bayi dan anak kecil, gatal-gatal dan iritasi juga dapat terjadi pada kulit kepala, leher, wajah, serta telapak tangan dan kaki.

Dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwasannya penyebab scabies sendiri umumnya disebabkan oleh tungau yang berukuran kecil dan tak tampak oleh mata telanjang, sehingga untuk melihatkan di perlukan alat seperti mikroskop. Adapun ukuran kutu (tungau) tersebut antara 0,3-0,4 mm untuk betina, sedangkan untuk S. scabiei jantan setengah dari ukuran betina.

Kutu betina yang telah dibuahi akan tinggal di kulit dengan membuat liang terowongan pada kulit. Disana ia bertelur 40-50 butir telur dan akan menetas dalam waktu 3-5 hari. Selain di kulit, kutu ini juga dapat bertaha hidup selama 2-3 hari pada suhu kamar.

Dan perlu anda waspadai, sejatinya penyakit ini bersifat menular dari orang ke orang. Hal tersebut dikarenakan di lihat dari pemicu scabies yang tak lain adalah kutu, maka penularan skabies sendiri bisa terjadi secara kontak langsung maupun bersentuhan kulit-kulit dan hubungan suami istri. Bisa juga terjadi secara tidak langsung, seperti halnya melalui pakaian, handuk dan tempat tidur yang dipkai bersama-sama.

Sehingga tak heran jika penyakit scabies ini akan mengenai orang secara berjamaah seperti dalam satu keluarga, satu asrama, pondok pesantren dan juga satu sekolah. Maka, jika anda tidak mau tertular akan penyakit kulit ini, sebaiknya anda menghindari kontak dengan penderita baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penyakit scabies lengkap dengan gejala dan penyebabnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menjadi wawasan kesehatan baru bagi kesehatan anda.

By Nida Saripah - Penyakit Senin, 05 Februari 2018 11:12:39

Related Post :
Kesehatan
Kadar Trigliserida Tinggi Memicu…

Tingginya kadar trigliserida dalam…

Manfaat
Biji Rami Si Kecil…

Ketahui tentang biji rami…

Obat Kimia
Obat Dimenhydrinate Untuk Meredakan…

Anda yang selalu pusing…

Kesehatan
Cara Mengolah Seledri Yang…

Begini cara mengolah seledri…

Kewanitaan
Mengapa Menstrual Cup Lebih…

Dibandingkan dengan pembalut, penggunaan…

Alami
Obat Herbal Untuk Mengatasi…

Rekomendasi alternatif obat herbal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Gejala Dan Penyebab Penyakit Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Tanda gejala dan penyebab penyakit…

Penyakit
Tes Deteksi Serta Metode Pengobatan Kanker Rahim

Tes deteksi serta metode pengobatan…

Penyakit
Cara Mengobati Penyakit Stroke Ringan Sampai Sembuh

Selain dengan obat, cara mengobati…

Kirim Pertanyaan
Top