Ini Langkah Pengobatan Scabies Yang Tepat Agar Cepat Sembuh!

Share dan Tag Temanmu di :

Pengobatan scabies sebaiknya perlu anda lakukan sedini mungkin. Lantaran selain bisa menular,  kondisi ini tidak akan sembuh dengan sendirinya, sehingga memerlukan penangan yang tepat terutama untuk memberantas kutunya. Adapun apabila anda ingin mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya anda simak ulasan singkat berikut ini.


Penyakit scabies adalah infeksi kulit bersifat menular yang diakibatkan oleh kutu atau tungau yang bernama sarcoptes scabiei. Tak jarang, penyakit kulit yang juga sering kali di sebut kudis ini menyebabkan penderitanya mengalami gatal yang luar biasa bahkan dapat menimbulkan kebotakan hingga keropeng.

Kutu penyebab scabies sendiri pada umumnya menyukai tempat-tempat yang lembab dan memakan jaringan kulit manusia yang rontok sebelum akhirnya menempel pada kain seperti tirai, sprei, kasur, bed cover, selimut, baju, handuk dan lain sebagainya. Serangan kutu ini biasanya mengenai satu orang dan kemudian menginfeksi orang lain yang tinggal sekamar atau serumah dengan penderita.

Penyakit ini bisa menular melalui kontak fisik penderitanya, sehingga diagnosa skabies sangat mudah diketahui lantaran biasanya bisa menyerang 1 keluarga yang tinggal serumah. selain itu, angkutan umum, kereta api, bus, sekolah maupun kantor adalah tempat-tempat umum yang juga dapat menyebabkan sentuhan antar kulit sehingga penyakit inipun dapat menular.

Selain bisa menyerang satu keluarga, gejala skabies lainnya yang bisa anda kenali adalah rasa gatal terutama yang memburuk dimalam hari, timbulnya terowongan kecil dengan benjolan kecil diujungnya pada kulit, menyerang jari kaki, sela jari tangan, bokong, sekitar organ intim, punggung dan lainnya, serta apabila digaruk akan mengeluarkan cairan bening yang bisa menyebarkan rasa gatal pada tempat lainnya.

Pengobatan scabies yang tepat pada manusia agar cepat sembuh

Perlu anda ketahui sebelumnya, bahwasannya penyakit scabies atau kudis ini tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Dan untuk menghilangkannya dan tidak menyebar ke orang lain, maka di perlukan obat scabies berbentuk krim khusus maupun lotion yang di oleskan pada kulit.

Pada umumya, obat oles scabies ini mengandung permethrin ataupun kandungan lainnya. Sedangkan untuk scabies pada bayi, biasanya dokter akan meresepkan krim crotamiton yang dapat digunakan selama 2 minggu hingga 5 hari. Anda bisa mendapatkannya di apotik terdekat.

Untuk langkah selanjutnya, anda bisa mengoleskan obat scabies ini ke seluruh permukaan kulit yang terasa gatal secara merata, terkecuali pada bagian sekitar mata dan mulut. Setelah itu biarkan dan jangan terkena air selama 8-14 jam (tergantung obatnya). Nah baru kemudian setelah itu bisa dibersihkan atau mandi.

Meski beberapa jenis obat-obatan tersebut mampu membunuh tungau, namun gatal tidak akan secara otomatis hilang dalam beberapa minggu. Dokter bisa saja memberikan obat invermectin untuk diminum bagi mereka yang memiliki siostem kekebalan tubuh yang lemah, ataupun jika obat-obatan diatas tidak bisa menuntaskan masalahnya. Dan apabila terdapat infeksi sekunder yang ditandai dengan adanya nanah pada kulit yang gatal, maka diperlukan antibiotik.

Selain dari pada pemakaian beberapa jenis obat-obatan, dalam pengobatan penyakit skabies sendiri anda perlu melakukan beberapa hal berikut:

  • Apabila dalam satu rumah atau kelompok maka harus diobati secara bersamaan, untuk memutus rantai penularan.
  • Cuci semua pakaian, sprai dan juga handuk yang digunakan dalam 3 hari sebelum memulai pengobatan. Gunakan air panas pada bilasan terakhir sebelum menjemurnya.
  • Bersihkan pula secara hati-hati tempat tidur, sofa, ruangan maupun kamar yang digunakan oleh orang yang memiki kudis atau gudikan tersebut.
  • Ganti tirai, sprei, selimut dan lainnya seminggu hingga dua minggu sekali.
  • Jangan lupa jemur kasur, bantal dan guling dalam panas matahari
  • Jika lemari terbuat dari kayu dan kondisinya cukup lembabn, maka berikan antilembab dan kamper pada lemari, atau anda bisa menggantinya menggunakan lemari plastik.
  • Hindari menggaruk bagian yang gatal karena itu dapat memperburuk kondisi anda.
  • Anda bisa mandi dengan air suam-suam kuku untuk mengurangi ketidak nyamanan dan menghilangkan rasa gatal.

Pencegahan penyakit scabies

Hal utama yang bisa anda lakukan sebagai langah pencegahan scabies, yakni dapat dilakukan dengan menerapkan kebersihan lingkungan maupun pribadi, seperti halnya mencuci pakaian dan seluruh kain dengan sabun dan mengeringkannya pada suhu yang tinggi.

Selain itu, anda juga harus menjaga kebersihan binatang peliharaan anda. Jangan sampai menyimpan barang-barang yang tidak dapat di cuci atau terppakai didalam wadagh plastik yang tertutup. Ada baiknya untuk meletakkannya di luar ruangan seperti garasi. Tujuannya agar tungau mati kelaparan selama 1 minggu.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar pengobatan scabies yang tepat. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi kesehatan anda.

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 06 Februari 2018 10:46:12

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daun Cermai Untuk…

Informasi tentang daun cermai,…

Penyakit
Penyebab Dan Tanda Gejala…

Penyebab dan tanda gejala…

Manfaat
Manfaat Tidur Cukup Untuk…

Manfaat Tidur Cukup Untuk…

Tips
Makanan Meningkatkan Gairah Seksual…

Makanan Meningkatkan Gairah Seksual…

Kesehatan
5 Jenis Terapi Untuk…

Autisme memang tidak dapat…

Tips
Tips Cara Mengatasi Disfagia…

Tips cara mengatasi disfagia…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Bahaya Komplikasi Dan Akibat Dari Penyakit Liver

Liver adalah sebuah penyakit yang…

Penyakit
Penyakit
Penyebab Dan Gejala Kista Bartholin Yang Perlu Anda Waspadai

Berikut adalah berbagai penyebab dan…

Kirim Pertanyaan
Top