Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Dampak positif dari mengonsumsi buah salak akan terasa berkat kandungannya yang baik bagi tubuh. Tipikal salak yakni memiliki bentuk lonjong seperti telur ayam, berkulit hitam yang berduri halus, berdaging putih dengan biji keras berwarna kecokelatan, dan rasa yang manis dan asam. Di dalam buah salak terkandung gizi yang hampir sempurna.


Menurut penelitian, dalam 100 gram buah salak terdapat energi 368 kilo kalori, karbohidrat  90,3 gram, protein 0,8 gram, kalsium 38 miligram, vitamin C 8,4 miligram, lemak 0,4 gram, fosfor 31 miligram, dan zat besi 3,9 miligram.

Sebagai buah tropis yang konon merupakan asli tanaman Indonesia, salak mudah ditemui di beberapa daerah di tanah air. Beragam varietas bisa kita temui di Indonesia seperti salak pondoh yang paling terkenal. Selain itu, ada pula salak bali swaru, salak condet, dan salak cineam. Tetapi kebanyakan orang belum mengetahui manfaatnya.

Buah salak yang sudah matang memiliki beragam aneka rasa misalkan rasa asam, manis,dan ada juga yang sedikit kesat atau sepat. Meski tumbuh didaerah tropis, buah salak ini sangat digemari oleh masyarakat Jepang, Korea Selatan, Taiwan, juga Eropa dan Amerika. Masyarakat yang tinggal di Eropa dan Amerika menyebut salak sebagai si buah ular (snake fruit). Hal ini dikarenakan kulit salak bersisik seperti seekor ular. Berikut khasiat yang terdapat pada buah salak.

-Menambah Kecerdasan Otak. Menurut penelitian, kandungan potasium dan pektin dalam salak mampu meningkatkan kinerja otak. Sistem saraf otonom memanfaatkan potasium untuk meningkatkan fungsi otak, mengendalikan detak jantung, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Kandungan pektin dapat mencegah dan mengobati kanker prostat. Hal ini didasari  oleh penelitian yang dipublikasikan dalam surat kabar bertajuk "Intregative Center Therapies".

-Menjaga Kesehatan Mata. Ternyata kandungan betakaroten pada buah salak sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah mangga yaitu 5,5 kali lebih besar dan dengan buah semangka yaitu 5 kali lebih besar. Jika Anda merasa jenuh dengan jus wortel untuk mendapatkan vitamin A dan betakaroten maka jus salak bisa menjadi pilihan lain dalam menjaga kesehatan mata Anda. Bisa pula dimakan secara langsung tanpa dibikin jus terlebih dahulu.

-Mencegah Sembelit. F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo meneliti kandungan buah salak yang hasilnya mencengangkan karena meruntuhkan mitos yang berkembang di masyarakat. Buah ular ini diyakini sebelumnya dapat mengakibatkan susah buang air besar. Mitos tersebut berbanding terbalik dengan hasil penelitian tersebut. Nyatanya buah salak yang mempunyai kulit ari berwarna putih transparan ini kaya akan serat sebagai zat yang dapat melancarkan proses pencernaan dan mengurangi sembelit. Salak juga memiliki kandungan anti diare yaitu tannin. Jika Anda mengonsumsi buah salak, makanlah bersama kulit arinya.

By Rizka Ardiana - Manfaat Senin, 15 Agustus 2016 13:11:08

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Mengetahui Kebaikan Mengonsumsi Petai Bagi Kesehatan

Dibalik baunya yang khas, ternyata…

Manfaat
Manfaat dan Kandungan Buah Apel Bagi Kesehatan

Manfaat dan kandungan buah apel…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Teripang Emas Untuk Kesehatan

Kandungan dan manfaat teripang emas…

Tambah Pertanyaan
Top