Menteri Agama Terkena Sengatan Ikan Pari! Ketahui Bahayanya

Share dan Tag Temanmu di :

Pada hari Sabtu, 3 Februari 2018, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dikabarkan terkena sengatan ekor ikan pari ketika berada di kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Saat ini, beliau tengah menjalani perawatan dan kondisinya sudah mulai membaik. 

Bukan kali ini saja, sebelumnya pada tahun 2006, Steve Irwin, pria yang dikenal sebagai pawang buaya meninggal dunia karena terkena sabetan ikan pari di dadanya saat menyelam. Lalu, seberapa bahaya sengatan ikan pari bagi manusia ? Simak penjelasannya dibawah ini !

Mengetahui dan Mewaspadai Bahaya Sengatan Ikan Pari


Ikan pari memiliki bentuk tubuh yang pipih, lentur, dan terlihat seperti terbang di dalam lautan. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik ikan pari yang membuatnya banyak dikagumi. Para ahli menyebutkan, bahwa sebenarnya ikan pari termasuk hewan laut yang jinak, namun memang memiliki pertahann diri berupa sengat yang berbisa di bagian ekornya. 

Ikan pari akan menyengat jika merasa terancam atau terinjak di laut dan umumnya menyengat di bagian kaki. Duri yang terletak di bagian tengah ekor akan terlepas dan menusuk hingga menimbulkan luka yang sangat menyakitkan. Namun, dalam kebanyakan kasus rasa sakit adalah gejala terbesar. 

Ekor ikan pari yang sangat tajam mampu merobek jaringan tubuh manusia dengan luas dan dalam waktu yang cepat. Selain tajam, melalui bagian ekornya, ikan pari juga akan mengeluarkan racun ke dalam jaringan tubuh manusia. 

Racun ikan pari menyebabkan otot polos berkonstraksi terus menerus, serta membuat sel dalam tubuh mati dalam waktu yang cepat. Maka dari itu, jika seseorang terkena sengatan ikan pari, ia harus segera mendapatkan pertolongan medis agar tidak menimbulkan kondisi yang lebih membahayakan. 

Racun pada selubung duri pari mengandung enzim dan serotonin. Serotonin inilah yang menyebabkan otot polos berkontraksi parah dan menimbulkan sensasi nyeri luar biasa. Sementara itu, enzim-enzim menyebabkan kematian jaringan. 

Untuk meminimalisir rasa sakit saat tersengat ikan pari, pertolongan pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan cara merendam luka sabetan pada air hangat. Enzim-enzim pada racun ikan pari merupakan molekul protein yang bisa dipecah dengan cara dipanaskan. Disarankan untuk memasukkan kaki atau bagian tubuh yang tersengat ikan pari ke dalam air dengan suhu 42-45 derajat celcius selama 30-90 menit atau hingga rasa sakit berkurang. 

Jika kulit mengalami kemerahan, bengkak, infeksi, segera dapatkan bantuan medis. Dalam kebanyakan kasus, cedera yang disebabkan ikan pari dilarikan ke unit gawat darurat (UGD) rumah sakit. Jika orang yang terlukan dalam kondisi tertekan parah dengan rasa sakit, pendarahan, muntah, dan pingsan, maka harus mendatangkan ambulans. 

Sama seperti manusia, ikan pari lebih memilih cuaca yang lebih hangat. Selama berbulan-bulan musim dingin, biasanya ikan pari akan mencari air laut yang lebih hangat. Untuk mencegah sengatan ikan pari, jangan lupa untuk berjalan di pantai dengan cara menyeret kaki untuk menghindari menginjak ikan pari. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 06 Februari 2018 13:32:06

Related Post :
Tips
Tips Mengatasi Bopeng Bekas…

Terdapat banyak bahan alami…

Kesehatan
Jauhi Sekarang! Ini Bahaya…

Jauhi sekarang! Ini bahaya…

Kesehatan
Waspadai Berbagai Penyebab BAB…

Apa penyebab BAB berbusa?…

Kesehatan
Makanan yang Dianjurkan Setelah…

Tubuh harus tetap diberi…

Penyakit
Komplikasi Dan Bahaya Sakit…

Ketahui komplikasi dan bahaya…

Kesehatan
Perawatan Luka Diabetes Terbaru…

Tata cara perawatan luka…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Wah Ternyata Ini Manfaat Konsumsi Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Suka mengkonsumsi kacang hijau? ketahui…

Kesehatan
Mengenal Diet DASH Atau Diet Terbaik Untuk Penderita Hipertensi

Diet dash untuk penderita hipertensi…

Kesehatan
Nyeri Pada Payudara? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah penyebab nyeri pada…

Kirim Pertanyaan
Top