Obat Diuretik Untuk Penderita Gagal Jantung Spirolonactone

Share dan Tag Temanmu di :

Obat yang dikenal dengan nama potassium-sparing diuretik ini termasuk ke dalam kelompok obat antagonis aldosterone diuretik. Spirolonactone berbeda dengan obat diuretik lain. Obat ini tidak akan menyebabkan terbuangnya kalium atau potassium dalam tubuh. Oleh karena itu, spirolonactone juga bisa membantu mengatasi kadar potassium rendah.


Obat diuretik untuk penderita gagal jantung Spirolonactone memiliki fungsi untuk mengatasi masalah penimbunan edema atau cairan, gagal jantung, gagal ginjal, hipertensi, aldosteronisme primer, penyakit hati, serta sindrom nefrotik. Spirolonactone juga memiliki fungsi dalam mencegah penimbunan cairan tubuh dengan cara meningkatkan jumlah urin yang diproduksi ginjal.

Perempuan yang sedang merencanakan kehamilan dan sedang hamil tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi spirolonactone. Begitu juga dengan perempuan yang sedang menyusui dan orang-orang yang mengalami penyakit Addison atau gangguan pada kelenjar adrenal, tekanan darah rendah, gangguan ginjal, serta porfiria.

Dosis spirolonactone secara umum adalah sekitar 100 sampai 400 miligram per hari. Dosis disesuaikan dengan jenis penyakit serta tingkat keparahannya. Untuk penderita gagal jantung, dosisnya cukup 25 sampai 200 miligram per hari. Sementara dosis untuk untuk anak-anak sekitar 3 miligram per kilogram berat badannya per hari. Sebelum mengonsumsinya, ikuti anjuran dokter dan biasakan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat. Tidak dianjurkan untuk mengurangi atau menambahkan dosis tanpa sepengetahuan dokter.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi obat diuretik untuk penderita gagal jantung spirolonactone adalah pada malam hari. Biasanya obat ini diberikan sehari sekali. Perlu diperhatikan bahwa setelah Anda mengonsumsi spirolonactone, maka akan lebih sering buang air kecil. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk meminumnya menjelang malam atau menjelang tidur karena akan mengganggu kualitas tidur Anda. Kalaupun dokter memberikan dosis dua kali sehari, dosis akhir diminum sebelum pukul 18.00.

Cara kerja obat jenis diuretik seperti ini adalah dengan membuang cairan tubuh, salah satunya lewat urin. Namun jika terlalu banyak yang terbuang, maka akan dehidrasi, merasa kehausan, dan kulit menjadi kering. Spirolonactone sebaiknya dikonsumsi setelah makan atau dengan makanan. Jauhi makanan maupun obat yang tinggi akan kandungan potassium agar kadar potassium dalam tubuh tidak terlalu tinggi. Ketika lupa mengonsumsi spirolonactone, dianjurkan untuk langsung mengonsumsinya begitu ingat dan tidak dianjurkan untuk menggandakan dosisnya untuk mengganti dosis spirolonactone yang terlewat.

Obat yang berbentuk tablet ini bisa menimbulkan efek samping seperti sakit perut, merasa kelelahan, diare, mengantuk, sakit kepala, pusing, keringat berlebih, mual dan muntah, serta rambut rontok. Jika efek samping berkepanjangan dan muncul alergi, segera hubungi dokter.


By Sri Maryati - Obat Kimia Selasa, 16 Agustus 2016 07:23:57

Related Post :
Tips
Cara Mengatasi Batu Empedu…

Ternyata mengonsumsi jus jeruk…

Manfaat
Kandungan dan Manfaat Terong…

Kandungan dan manfaat terong…

Kesehatan
Ini Bahaya Akibat Sering…

Waspadai jangan sering dan…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Gerakan yang kita lakukan…

Kesehatan
Mengeringkan Jemuran di Ruangan…

Ternyata kebiasaan mengeringkan jemuran…

Kesehatan
Perbedaan Tumor dan Kanker…

Tidak semua benjolan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks di Apotek Acyclovir Oral

Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks…

Obat Kimia
Obat Kimia
Obat Cimetidine untuk Mengatasi Asam Lambung Berlebih

Cimetidine merupakan salah satu jenis…

Kirim Pertanyaan
Top