Apa Benar Bawang Hitam Lebih Sehat dari Bawang Putih Biasa?

Share dan Tag Temanmu di :

Saat ini bawang hitam atau black garlic telah menjadi trend kesehatan khususnya untuk obat herbal. Bawang hitam atau black garlic merupakan hasil fermentasi bawang putih yang melibatkan suhu tinggi pada bawang putih sehingga menghasilkan isi yang hitam. Bawang hitam memiliki rasa yang sedikit manis, bertekstur lembut, gurih, dan terasa kenyal. 

Bawang hitam disebut-sebut sebagai alternatif menyehatkan dari bawang putih biasa. Hal ini disebabkan karena bawang putih biasa memiliki bau dan rasa yang menyengat, sehingga banyak yang tidak menyukainya. Maka dari itu, kehadiran bawang putih hitam ini dipercaya bisa menadi alternatif bawang putih biasa karena tidak menimbulkan bau mulut saat dikonsumsi. 

Apa Benar Bawang Hitam Lebih Sehat dari Bawang Putih Biasa?


Bawang putih memang dikenal memiliki banyak khasiat serta manfaat bagi kesehatan. Sama halnya dengan bawang putih biasa, bawang hitam juga diketahui kaya akan khasiat bagi kesehatan tubuh. Bawang hitam terbukti memiliki manfaat kesehatan dalam sejumlah studi pada hewan. 

Misalnya, peneliti di Korea menemukan bawang putih hitam efektif untuk membantu mengatasi kolesterol pada tikus. Sedangkan pada manusia, penelitian yang sama hanya sedikit.

Selain bawang putih hitam, produk bawang putih yang sudah dilayukan seperti Kyolic juga bermanfaat untuk mengatasi sejumlah penyakit yang tidak biasa diatasi oleh bawang hitam. Lalu, apa perbedaan antara bawang putih hitam (black garlic) dan Kyolic ?

Kyolic merupakan suplemen makanan produksi Wakunaga Pharmaceutical Co. di Jepang. Kyolic dibuat dari bawang putih organik yang sidah diiris-iris kemudian dilayukan selama rata-rata 20 bulan di alkohol etanol. Kemudian hasil pelayuan ini dibuat menjadi bubuk dan dimasukkan dalam kapsul. Produsen Kyolic merekomendasikan untuk mengonsumsi 4 kapsul setiap hari. 

Sedangkan bawang putih hitam dibuat dari bawang putih utuh yang dilayukan selama beberapa minggu atau bulan pada temperatur hangat. Jika bawang putih biasa dikenal dengan senyawa antimikroba bernama allicin, bawang putih hitam tidak mengandung allicin sehubungan dengan proses pelayuan yang merusak senyawa ini. 

Namun, bawang hitam tinggi akan kandungan S-allyl cysteine atau SAC. Sebuah senyawa berbasis sulfur yang larut dalam air dan mudah dimetabolisme tubuh. SAC merupakan antioksidan, sejenis molekus yang diyakini mampu mengurangi kerusakan sel. 

Menurut David L.. Katz, Direktur Yale-Griffin Prevention Research Center di Universitas Yale, Amerika Serikat, menyebutkan jika Kyolic terbukti cukup kuat untuk membantu mengurangi penyebab faktor risiko jantung seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi

Dari fakta tersebut, sangat mungkin bahwa bawang hitam memiliki bahan aktif dan manfaat yang sama dengan Kyolic. Namun, Susan S. Percival, Ketua Departemen Ilmu Makanan dan Gizi di Universitas Florida, menyebutkan, semuanya tidak bisa dibuktikan hingga ada penelitian mengenai hal tersebut. 

Secara keseluruhan, Kyolic menunjukkan hasil positif lebih konsisten dibandingkan dengan bawang putih segar dalam uji klinis. Hal tesebut disampaikan oleh Matthew Budof, seorang profesor di David Geffen School of Medicine di Universitas California, Los Angeles. 

Mengenai hal tersebut, beberapa ilmuwan tetap skeptis terhadap klaim kesehatan semua jenis bawang putih. Leslie Cho selaku kepala Kardiologi Preventif di Klinis Cleveland menyebutkan bahwa orang-orang harus fokus pada sejumlah metode yang telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, seperti diet tinggi serat, menjaga berat badan, berhenti merokok, dan berolahraga secara rutin.

Meskipun bawang hitam baik bagi kesehatan tubuh, namun alangkah baiknya ini dihindari oleh Anda yang memiliki alergi bawang putih. Selain itu, jika Anda sedang mengalami sakit kepala migrain dan akan menjalani operasi dlama wkatu dekat, sebaiknya Anda tunda terlebih dahulu untuk mengonsumsi bawang hitam. 

By Sri Maryati - Alami Jum'at, 09 Februari 2018 11:22:21

Related Post :
Kesehatan
Metode Terapi Mengurangi Mata…

Metode terapi mengurangi mata…

Kesehatan
Sudah Diet Tapi Berat…

Ketahui beragam penyebab berat…

Kewanitaan
Tanda dan Gejala Menopause…

Tanda dan gejala menopause…

Obat Cina
Obat Kanker Payudara Herbal…

Obat kanker payudara herbal…

Kesehatan
Menu Sarapan Pengganti Kopi…

Rekomendasi alternatif menu sarapan…

Manfaat
Ini Beragam Manfaat Buah…

Inilah beragam manfaat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Alami
Obat Tradisional Untuk Mengatasi Penyakit Polip Rahim

Selain dengan metode pengobatan medis,…

Alami
Cara mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

Cara mengatasi sakit kepala secara…

Kirim Pertanyaan
Top