Manfaat Black Garlic Si 'Bawang Hitam Ajaib' Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat black garlic atau bawang hitam bagi kesehatan, kini mulai dikenal secara luas oleh sebagian masyarakat. Selain telah terbukti secara langsung, beberapa penelitian berhasil menguak berbagai kandungan didalam bawang hitam dan membuktikan pengaruhnya terhadap beberapa aspek. Lalu, apa saja khasiat bawang hitam bagi kesehatan?


Magic black garlic atau bawang hitam ajaib merupakan jenis herbal yang menyimpan sejumlah manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Namun, selain sering dimanfaatkan untuk pengobatan, bawang hitam ini juga tak jarang dijadikan sebagai bumbu masakan kelas atas, yang digunakan oleh koki ternama diberbagai negara pada restoran atau hotel bintang lima.

Adapun bawang hitam (black garlic) pada dasarnya bukanlah jenis bawang bawang baru dikeluarga bawang. Karena sejatinya, bawang hitam sendiri tak lain adalah bawang putih yang diproses secara alami pada suhu tertentu dalam waktu yang cukup lama. Sehingga tercipta suatu formulasi kimiawi baru yang menghasilkan jenis bawang hitam dengan kandungannya yang dijadikan sebagai farmakologis untuk menjaga kesehatan serta vitalitas tubuh.

Dengan kata lain, black garlic sendiri merupakan bawang putih yang di fermentasikan dalam waktu yang cukup lama, sehingga dagingnya menjadi berwarna hitam, dengan tekstur yang lebit, kenyal, gurih dan rasanya agak manis. Semakin lama proses pembuatan di lakukan, maka warna bawang akan semakin hitam dan kandungan didalamnya semakin maksimal.

Kandungan nutrisi dan gizi didalam black garlic atau bawang hitam

Manfaat bawang putih untuk kesehatan maupun pengobatan berbagai jenis penyakit termasuk kanker mungkin telah terkenal sejak dulu. Dan yang lebih fantastisnya adalah, bawang putih hitam diketahui memiliki kemampuan 10 kali besar dari bawang putih pada umumnya dadalam membantu pengobatan beragam jenis penyakit.

Hal tersebut lantaran kandungan antioksidan yang terkandung dalam black garlic diketahui 2 kali lebih besar dibanding dalam bawang putih biasa. Didalamnya juga terkandung senyawa S-allycysteine yang mana menurut para ahli ahli senyawa tersebut merupakan komopenen alami yang telah terbukti dapat membantu mencegah kanker.

Adapun selain dari pada itu, bawang hitam juga mengandung berbagai nutrisi dan senyawa alami lainnya seperti minyak atsiri yang berfungsi sebahai antibakteri dan antiseptik, aliiicin dan aliin, kalsium, diallysulfide, belerang, lemak, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan masih banyak lagi.

Khasiat dan manfaat black garlic atau bawang hitam untuk kesehatan tubuh


Selain mengandung antioksidan yang tinggi dan nutrisi yang rendah kalori, Berikut adalah berbagai khasiat black garlic lanang maupun tunggal untuk kesehatan, yang telah kami rangkum selengkap mungkin dari beberapa sumber terpercaya.

1. Sebagai antikanker yang kuat

Manfaat bawang hitam yang pertama yaitu mampu mencegah bahkan mengatasi penyakit kanker maupun tumor. Kandungan zat kimia sulfida alil yang terkandung didalam bawang hitam atau black garlic, diduga merupakan senyawa antikanker, yang menjadi komponen utama yang mampu mencegah sekaligus mengatasi penyakit kanker.

Dalam beberapa riset ilmiah disebutkan, bahwasannya Pengaruh senyawa ini terhadap pertumbuhan sel kanker jauh lebih kuat dibandingkan dengan sel normal. Sehingga apabila diaplikasikan sesuai dengan dosis, maka dapat mengaktifkan enzim serta menghambat dan menghancurkan sel kanker.

2. Mengatasi diabetes

Bawang putih hitam juga sangat baik untuk mengatasi penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan sebuah penelitian telah membuktikan, bahwasannya black garlic ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bahkan, kandungan didalamnya juga mampu meningkatkan produksi hormon insulin yang mampu menormalkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga, dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin, tubuh anda akan selalu sehat, terlebih mereka yang kini tengah menderita diabetes.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Khasiat lainnya dari bawang hitam ajaib ini adalah mampu menurunkan tekan darah tinggi. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwasannya bawang hitam mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 7-8%.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian juga telah membuktiokakn bahwasannya bawang hitam juga mampu menurunkan kadar kolesterol didalam tujuh hingga 15%. Sehingga jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat sebaiknya anda mengonsumsi bawang hitam secara rutin.

5. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi yang umumnya dialami oleh manusia bisanya, disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di mulut. Adapun mencegah dan mengatasi kondisi ini, anda bisa mengonsumsi bawang hitam , lantaran didalamnya terkandung antivirus dan antibakteri yang mampu membasmi bakteri yang berada didalam mulut. Selain itu, senyawa analgesik didalamnya juga memiliki peranan penting dalam mengatasi sakit gigi.

6. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang kini tengah diet atau ingin menghindari obesitas sebaiknya anda mengonsumsi bbawang hitam. Mengapa? Lantaran kandungan anti inflamasi yang terkandung didalamnya berfungsi untuk mengatur sel lemak yang mengendap dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan kulit dan wajah

Selain untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan tubuh, bawang ini juga nyatanya cukup efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kecantikan pada kulit. Diantaranya :

- Membersihkan komedo. Untuk mengatasi komedo tersebut, anda bisa menghaluskan bawang hitam dan dan oleskan pada sekitaran hidung dan juga piopi. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air.
- Menghilangkan noda bekas luka. Caranya, cuup dengan mengoleskan bawang hitam yang telah dipotong menjadi 2 bagian. Dan setelah itu, anda bisa membilasnya menggunakan air.
- Menghilangkan jerawat. Caranya, anda bisa menghaluskan 1 siwung bawang hitam hingga lumat. Setelah itu, biarkan semalaman, dan bersihkan keesokan harinya. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukan cara ini setiap hari sebelum tidur hingga jerawat hilang.

8. Mencegah timbulnya penyakit demensia dan alzheimer

Penyakit demensia dan alzheimer adalah dua diantara penyakit keruksakan saraf yang disebabakan oleh radikal bebas sehingga berperan dalam proses penuaan disni. Adapun untuk mencegah kedua kondisi tersebut, anda bisa mennfaatkan black garlic atau bawang hitam sebagai solusinya. Lantaran zat antioksiodan yang terkandung didalamnya mampu mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap keruksakan oksidatif.

9. Sebagai antivirus dan antibakteri

Kandungan yang terkenal didalam bawang hitam berupa antioksidan, tentunya akan mencegah berbagai sumber penyakit yang disebabakan oleh racun. Sehingga khasiatnya mampu mencegah pertumbuhan sumber penyakit seperti jamur, bakteri, virus, cacing yang masuk kedalam tubuh.

10.  Membuat awet muda dan panjang umur

Memang benar, jika umur seseorang adalah ketetapan Alloh. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika manusia berikhtiar untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Terlebih jika hal tersebut dapat membantu memanjangkan umur dan tetap awet muda. Adapaun salah satu diantaranya adalah dengan bawang hitam.

Mengonsumsi bawang hitam atau black garlic setiap hari, secara tidak langsung akan menggantikan sel yang rusak dan terhindar dari serangan jantung dan kanker. Dan apabila kita bisa mencegah beberapa penyakit ini, maka bisa jadi tubuh kita akan tetap sehat dan panjang umur

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat dari black garlic yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh. Diantaranya seperti:

  • Nutrisi lengkap dan rendah kalori bagi tubuh.
  • Mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.
  • Membantu mengatasi penyakit miom.
  • Membantu memperbaiki sistem pencernaan, dan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh.
  • Membantu mengeluarkan logam berat didalam tubuh, seperti merkuri dan lainnya.
  • Membantu mengatasi penyakit kronis yang berhubungan dengan organ paru-paru, seperti asma, batuk, sesak napas, TBC dan lainnya.
  • Membantu mengurangi gejala penyakit parkinson
  • Membantu memperbaiki sel di dalam ahti.
  • Membantu meradakan nyeri sendi atau arthritis
  • Membantu memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Cara pengolahan bawang hitam sendiri pada dasarnya bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan magic com atau magic jar. Namun, apabila anda menginginkan yang praktis, kini telah banyak tersedia bawang hitam atau black garlic, baik berupa bawang, ekstrak hingga suplemen. Adapun untuk harga bawang hitam sendiri bervariasi muali dari Rp. 50.000-/ 200 gram, tergantung penjual dan bentuk bawang hitam yang ingin anda beli.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat black garlic si 'bawang hitam ajaib' bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kesehatan anda.

By Nida Saripah - Manfaat Jum'at, 09 Februari 2018 14:50:00

Related Post :
Kewanitaan
Mengenal Jenis-jenis Keputihan Dan…

Keputihan normal ataupun keputihan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Berikut adalah pantangan makanan…

Kesehatan
Ini Bahaya Mata Minus…

Ini bahaya mata minus…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Mewaspadai Komplikasi yang Bisa…

Sama halnya dengan penyakit…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Kandungan gizi dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Mengetahui Khasiat Daging Kuda Bagi Kesehatan Tubuh

Selain memiliki susu yang sudah…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Daging Kerbau Bagi Kesehatan

Mengetahui kandungan nutrisi lengkap serta…

Manfaat
Manfaat Akupuntur Terapi Tusuk Jarum Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat akupuntur terapi tusuk jarum…

Kirim Pertanyaan
Top