Bayi Sering Berkeringat Dingin? Waspadai Penyebab Dibaliknya!

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab bayi sering berkeringat dingin pada malam maupun siang hari sebaiknya, sebaiknya perlu di ketahui sejak dini. Karena berbeda dengan keringat dimalam hari saat bayi tidur, keringat dingin yang terjadi pada bayi ini dicurigai menjadi pertanda adanya masalah pada kondisi kesehatan sang bayi.


Pada beberapa bayi, keringat dingin kerap kali muncul pada beberapa bagian tubuhnya. Seperti halnya pada telapak kaki, telapak tangan dan juga ketiak. Meski kondisi ini kerap dianggap sepele, namun kondisi ini ternyata dapat menjadi tanda adanya suatu penyakit yang lebih serius. Sehingga diperlukan perhatian cukup intensif sejak dini.

Berbagai kemungkinan penyebab bayi sering berkeringat dingin

Sangatlah penting bagi para orang tua untuk mengetahui berbagai penyebab keringat dingin pada bayi, lengkap dengan tanda serta gejala yang menyertainya. Dan berikut adalah penyebab keringat dingin pada bayi yang perlu anda waspadai.

1. Syok

Saat mengalami syok (termasuk pada bayi), tekanan darah akan turun secara drastis sehingga organ tubuh tidak akan menerima cukup oksigen atau darah untuk berfungsi, dan tak jarang menimbulkan keringat dingin termasuk apabila terjadi pada bayi. Aoabila kondisi ini tidak segera ditangani, maka syok dapat merusak organ tubuh dan bahkan mengancam nyawa.

2. Sepsis

Sepsis adalah kondisi serius yang terjadi akibat infeksi karena bakteri dan virus berat didalam  darah. Infeksi berat tersebut tak jarang menyebabkan keruksakan pada organ-organ tubuh yang dapat menyebabakan darah keluar dari pembuluh darah ataupun sebaliknya menggumpal, sehingga dapat membahayakan nyawa. Selain menimbulkan keringat dingin, bayi yang mengalami infeksi ini juga akan mengalami gejala lainnya seperti demam, sesak napas dan nampak pucat.

3. Hipoglikema

Kondisi ini ditandai pada saat gula darah yag berfungsi sebagai energi utama bayi menurun. Kondisi ini sendiri bisa disebabkan akibat kelahiran bayi prematur, terdapat infeksi berat saat lahir, bay berukuran kecil ataupun bayi yang lahir dari ibu yang terkena diabetes.

4. Penyakit jantung bawaan

Kelainan jantung atau cacat jantung bawaan juga mampu menyebabkan rendahnya asupan darah dan oksigen ke jaringan tubuh. Adapun salah satu tandanya ialah bayi banyak berkeringat saat diberi makan.

5. Kekurangan oksigen

Kondisi yang juga disebut hipoksia ini terjadi dimana jaringan tubuh mengalami kekurangan oksigen akibat penyebab tertentu seperti sesak napas. Keringat dingin juga bisa disebabakan respon tubuh atas otak yang kekurangan oksigen.

6. Suhu kamar bayi

Bedong aupun selimut yang terlalu mengekang bayi bisa membuat sikecil kepanasan bahkan faktor resiko terjadinya kematian bayi mendadak. Mengatur suhu ruangan agar tetap sejuk serta mengenakan pakaian tidur yang nyaman dan tidak gerah dapat membantu bayi untuk tidak terlalu banyak berkeringat dimalam hari. Dan disamping itu, bayi juga perlu mendapatkan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Adapun jika berkeringat berlebihan dirasa sangat menghaatirkan, maka sebaiknya segera periksakan ke dopkter  untuk menemukan kemungkinan lain eperti halnya penyakit jantung, gangguan saraf, kelainan genetik, gangguan pernapasan, hingga kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Beberapa bayi pada dasarnya memang lebih cinderung berkeringat secara alami. Namun ada baiknya anda perlu berhati-hati apabila bayi sering berkeringat dingin, terlebih disertai dengan gejala lainnya seperti terjadi perubahan warna pada bibir atau kuku, sesak napas, bibir kering, lemas, tak mau minum atau tinja bercampur darah. Jika kondisi tersebut terjadi, ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Sabtu, 10 Februari 2018 11:04:15

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Jitu Agar Anak…

Tips jitu agar anak…

Tips
Sering Ngantuk Selama Puasa?…

Mengantuk, badan terasa lemas,…

Tips
Cara Meredakan Payudara Saat…

Payudara nyeri merupakan salah…

Kesehatan
Makanan Pencegah Kanker Serviks…

Makanan pencegah kanker serviks…

Ibu Dan Anak
Kenalkan Sayuran pada Anak…

Tidak sedikit anak yang…

Obat Kimia
Cara Menetralisir Kadar Asam…

Cara Menetralisir Kadar Asam…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Gejala Penyakit Kawasaki Pada Anak

Penyakit Kawasaki merupakan penyakit yang…

Ibu Dan Anak
Apakah Susu Kental Manis Sehat Untuk Anak?

Apakah susu kental manis sehat…

Ibu Dan Anak
Tips Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Anak yang memiliki berat badan…

Kirim Pertanyaan
Top