Obat Untuk Penyakit TBC Pyrazinamide di Apotek

Share dan Tag Temanmu di :

Pyrazinamide, Obat Untuk Penyakit TBC

Banyak orang yang mengalami penyakit tuberkulosis (TBC). Salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasinya adalah pyrazinamide. TBC merupakan penyakit yang menyerang paru-paru manusia yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Pyrazinamide umumnya dikombinasikan dengan tiga sampai empat obat lain dalam pengobatan TBC. Cara kerja obat ini adalah dengan membunuh bakteri penyebabnya. Secara menyeluruh, pengobatan TBC adalah dengan kombinasi obat-obatan yang bisa mencapai 6 sampai 9 bulan. Untuk pyrazinamide, dokter akan meresepkannya hanya di dua bulan pertama.

Bisa dikonsumsi dewasa dan anak-anak, pyrazinamide hanya berbentuk tablet saja. Perempuan yang sedang hamil, dosisnya harus sesuai dengan anjuran dokter. Sementara untuk perempuan yang sedang menyusui, tidak diperkenankan mengonsumsi obat ini. Hati-hati jika menderita gangguan ginjal dan hati, gangguan darah turunan, penyakit asam urat, diabetes, dan penyakit porfiria. Konsultasikan dulu dengan dokter jika sedang mengonsumsi obat-obatan lain saat akan menjalani pengobatan dengan pyrazinamide. Hindari kebiasaan meminum minuman keras.


Dosis pyrazinamide disesuaikan dengan berat badan. Selama dua bulan pertama, pengobatan TBC ada yang peru diawasi, ada juga yang tidak perlu diawasi. Berikut kami jelaskan dosisnya.

  • Untuk pasien dewasa yang perlu diawasi dengan berat badan kurang dari 50 kilogram, dosis maksimal yang dipakai adalah 2 gram sebanyak 3 kali seminggu. Sedangkan untuk yang berat badannya lebih dari 50 kilogram, dosis yang digunakan 2,5 gram sebanyak tiga kali dalam seminggu.
  • Untuk pasien anak-anak yang perlu diawasi, dosisnya adalah 50 kilogram per kilogram berat badan sebanyak 3 kali seminggu.
  • Untuk pasien dewasa yang tidak perlu diawasi dengan berat badan kurang dari 50 kilogram, dosis maksimal yang dipakai adalah 1,5 gram sebanyak tiga kali dalam seminggu. Sementara pasien dewasa dengan berat badan lebih dari 50 kilogram, dosis maksimalnya adalah 2 gram sebanyak tiga kali seminggu.
  • Untuk pasien dewasa yang tidak perlu diawasi, dosisnya adalah 35 miligram per kilogram berat badan setiap hari.

Sebelum mengonsumsi pyrazinamide, baca informasi yang tertera pada kemasan. Pastikan ada jarak waktu antara satu dosis dengan dosis lainnya dan konsumsi pyrazinamide pada jam yang sama setiap hari. Konsumsi pyrazinamide sampai batas waktu yang telah ditentukan dokter meski kondisi sudah membaik. Hal ini untuk mencegah infeksi TBC datang lagi.

Kenali efek samping dari pyrazinamide seperti mual, tidak enak badan, kurang nafsu makan, demam, sakit kuning, dan sakit perut. Kunjungi dokter jika efek samping makin parah.

By Ana Rediana - Obat Kimia Selasa, 16 Agustus 2016 07:52:58

Related Post :
Manfaat
Manfaat Suplemen Natur-E untuk…

Manfaat suplemen Natur E…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Larangan dan pantangan makanan…

Kewanitaan
Berbagai Penyebab Mood Buruk…

Inilah berbagai penyebab mood…

Ibu Hamil
Tips Berpuasa Bagi Ibu…

Berikut adalah kiat dan…

Penyakit
Faktor Resiko Karsinoma Nasofaring…

Faktor resiko karnisoma nasofaring…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Daun…

Kemangi yang memiliki nama…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Acarbose Obat Untuk Penderita Diabetes

Acarbose Obat Untuk Penderita Diabetes…

Obat Kimia
Fenofibrate Obat Untuk Mengatasi Hyperlipidaemia

Fenofibrate obat untuk mengatasi konsentrasi…

Obat Kimia
Obat Clopidogrel untuk Mencegah Pembekuan Darah di Arteri

Clopidogrel merupakan salah satu jenis…

Kirim Pertanyaan
Top