Tips Menghilangkan Rasa Malas Yang Berlebihan Dengan Cepat

Share dan Tag Temanmu di :

Cara menghilangkan rasa malas sejatinya sangat mudah dilakukan jika kita mengetahui penyebabnya. Penyebab rasa malas sendiri bermacam-macam. Mulai dari aktivitas sehari-hari yang monoton dan tidak disukai, tidak ingin melakukan sesuatu hingga depresi.


Tak sedikit orang yang pernah dihinggapi rasa malas yang berlebihan. Mungkin ada yang malas untuk belajar, bekerja, berolahraga, beraktivitas, beribadah, bangun pagi, mengerjakan skripsi dan masih banyak lagi yang lainnya. Sehingga tak hanya dialami oleh anak maupun pelajar, rasa malas juga kerap dialami oleh orang dewasa bahkan ibu hamil.

Akan tetapi, sebaiknya rasa malas tersebut perlu disingkirkan jauh-jauh. Lantaran jika malas didiamkan secara berlarut-larut, maka akan sangat berpengaruh terhadap kinerja serta dapat membuat anda menjadi tidak fokus, tidak bahagia dan pada akhirnya mampu memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan dan kehidupan anda secara keseluruhan.

Tips dan cara menghilangkan rasa malas berlebihan yang mudah dilakukan

Bagi anda yang kini tengah di rundung rasa malas, untuk melawannya anda bisa melakukan cara mengatasui rasa malas paling ampuh dan cepat berikut ini.

Berolahraga

Rasa malas yang timbul mungkin saja disebabkan anda yang sulit fokus. Dan penelitian membuktikan bahwasannya olahraga dapat membuat pikiran anda menjadi tetap fokus, termasuk untuk anak-anak dan lansia. Dengan pikiran yang lebih fokus dan mudah konsentrasi, andapun akan lebih semangan dalam menjalani hari-hari anda. Dengan begitu rasa malas pun akan berangsur hilang. Dan kabar baiknya adalah, kemampuan konsentrasi yang didapat dari olahraga dapat berlangsung dalam jangka panjang.

Meditasi

Untuk melawan rasa malas, tidak harus selalu dengan meditiasi dalam jangka waktu yang lama. Latihan meditiasi dalam jangka pendek asal rutin juga, diketahui mampu membuat anda menjadi lebih memusatkan perhatian. Dan dengan meditasi juga, anda bisa menjadi lebih tenang dan pada akhirnya bisa mengelola perasaan dengan baik, termasuk mampu membuang rasa malas.

Menjalani hobi anda

Kesibukan sehari-hari seperti karena pekerjaan, seharusnya tidak menjadi penghalang bagi anda untuk menyempatkan waktu melaukan hobi anda. Memiliki hobi dengan hal yang positif dan dengan rutin menyisakan waktu untuk melakukan hobi, maka anda akan merasa lebih bahagia, termotivasi dan merasa terdorong untuk bersosialisasi dan lebih menikmati hidup. Hal ini juga bisa melawan rasa malas anda yang ampuh.

Melawan rasa bosan

Terkadang anda salah mengartikan rasa bisan dan juga rsa malas. Namun nyatanya bosan dan malas sendiri merupakan dua sifat yang berbeda. Orang malas akan enggan melakukan hal apapun dan  orang yang bosan hanya enggamn melakukan sesuatu yang menjadi sumber kebosanan, namun ada keinginan untuk melakukan hal lain yang berbeda.

Adapun untuk mengatasinya, biarkan diri anda merasakan kebosanan tersebut tanpa perlu berusaha melakukan kegiatan selingan apapun yang mampu mengusir rasa bosan anda hanya dalam waktu sesaat. Coba anda renungi apa yang anda rasakan untuk mencari tahu sumber masalah yang menyebabkan anda merasa bosan.

Istirahat yang cukup

Kurang istirahat juga tak jarang menjadi alasan anada merasa letik, mudah jenuh, terlebih setelah berjam-jam melakukan berbagai pekerjaan. Jika rasa jenuh tersebut dibiarkan berlarut-larut, maka rasa jenuh tersebut kemudian dapat berkembang menjadi rasa malas. Sehingga anda bisa menghindari rasa malas tersebut dengan istirahat yang cukup, setiap kali anda mengerjakan sesuatu. Tubuh memerlukan asupan tenaga lagi di sela-sela kegiatan, sehingga anda tidak sempat di landa malas karena kelelahan.

Melakukan hal yang kecil

Cara mengatasi rasa malas yang berlebihan lainnya juga bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal kecil yang mungkin tampak remeh. Seperti halnya merapikan rumah dan juga berjalan-jalan santai. Hal-hal kecil seperti itu, akan merangsang anda untuk melakukan hal yang lebih besar, sampai akhirnya rasa malaspun dapatt disingkirikan. Karena musuh besar sendiri adalah bergerak aktif.

Menikmati alam

Penelitian telah membuktikan bahwasannya menikmati alam dengan melihat tanaman hijau seperti pepohonan, rumput maupun bunga, dapat mengembalikan semangat. Pemandangan alami seperti ini sangat mengurangi kelelahan mental. Jika tidak sempat pergi mengunjungi tempat dengan pemandangan alami, anda bisa meletakkan pot tanaman didekat meja kerja sebagai cara mengatasi malas dari dalam diri.

Apakah depresi bisa diartikan sama sebagai rasa malas?

Pada saat seseorang mengalami depresi, bisa saja orang lain mengira bahwa orang tersebut malas. Padahal, depresi dan malas sendiri merupakan 2 kondisi yang berbeda. Depresi sendiri merupakan suatu kondisi medis dimana keluhan yang dirasakan perlu mendapatkan penangan dari seorang psikiater atau psikolog.

Dan berikut adalah beberapa ciri atau gejala depresi yang dialami oleh mereka yang terkena depresi:

- Kehilangan minat pada sesuatu yang awalnya disukai
- Kehilangan energi
- Sulit untuk berkonsentrasi
- Ide atau percobaan bunuh diri
- Susah tidur atau justru tidur secara berlebihan
- Nafsu makan yang menurun ataupun bertambah.

Depresi juga pada dasarnya berbeda dengan rasa sedih. Persaan sedih hanya akan terasa sesekali dari waktu ke waktu, akan tetapi depresi mungkin akan lebih dari itu bahkan terjadi secara berlarut-larut. Dan kondisi tersebutlah yang membuat anda malas atau tampak seperti orang malas.

Maka dari itu, sebaiknya anda kenali penyebab rasa malas yang anda alami sejak dini, agar dapat memastikan cara menghilangkan rasa malas yang tepat. Jangan biarkan rasa malas menjadi bagian dari keseharian dan kebiasaan anda. Apabila rasa malas cukup sulit untuk diatasi bahkan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari dan kinerja anda, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter maupun psikolog.

By Nida Saripah - Tips Selasa, 13 Februari 2018 10:46:09

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Manfaat Bunga Melati Untuk…

Bunga melati mempunyai nama…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang selada, kandungan…

Kesehatan
Penyakit Lain Yang Terjadi…

Waspadalah terhadap penyakit darah…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahayanya Bila…

Meskipun bagi sebagian orang…

Kulit
6 Penyebab Munculnya Mata…

Penyebab munculnya mata atau…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mengatasi Alergi Kulit Bentol-bentol Paling Efektif

Cara mengatasi alergi kulit bentol-bentol…

Tips
Trik Mendampingi Anggota Keluarga yang Mengidap ALS

Mengetahui jika ada salah satu…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top