Inilah Berbagai Penyebab Wasir Berdarah Yang Perlu Anda Waspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab wasir berdarah pada umumnya disebabkan oleh kebiasaan atau gaya hidup yang buruk maupun gangguan kesehatan lainnya. Untuk mewaspadainya, sebaiknya mengetahui berbagai faktor pemicu wasir atau ambeien berdarah dalam ulasan singkat berikut ini.


Penyakit wasir berdarah dikenal juga sebagai penyakit ambeien atau hemoroid. Penyakit ini terjadi akibat adanya pembengkakan pembuluh darah yang membesar didalam maupun disekitar anus. Adapun pemicunya sendiri yakni karena adanya peningkatan tekanan akibat kehamilan, kelebihan berat badan hingga mengejan saat buang air besar.

Meski wasir berdarah bisa sembuh dalam beberapa hari tanpa pengobatan, akan tetapi sebagian besar penderitanya memerlukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini.

Berbagai faktor penyebab wasir berdarah

Hingga saat ini, penyebab wasir berdarah belum diktahui terlalu jelas. Akan tetapi, penyakit ini sering kali dikaitkan dengan peningkatan tekanan dalam pembuluh darah yang berada didalam atau sekitar anus anda. Tekanan tersebut juga bisa memicu pembuluh darah menjadi bengkak, meradang, dan akhirnya terluka sehingga terjadi pendarahan

Selain dari pada itu, beberapa faktor lainnya juga sering kali dikaitkan dengan penyebab penyakit wasir berdarah, diantaranya seperti:

  • Masalah obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Bertambahnya usia. Seiring dengan usia yang bertambah maka dapat membuat jaringan pada tubuh anda menjadi lemah dan anda juga beresiko lebih tinggi terkena wasir berdarah.
  • Kehamilan. Faktor yang satu ini juga dapat memicu tekanan pembuluh darah anda disekitar pinggul meningkat. Dan hal inilah yang menyebabakan pembuluh darah tersebut membesar sehingga anda lebih beresiko terkena wasir berdarah.
  • Genetik. Memilikki riwayat keluarga yang pernah terkena wasir berdarah juga semakin meningkatkan peluang anda mengalami penyakit yang satu ini.
  • Sering kali mengangkat benda berat
  • Batuk secara terus menerus
  • Terlalu banyak duduk dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Mengalami konstipasi atau diet rendah serat
  • Mengalami diare kronis
  • Mengejan terlalu kuat saat BAB
  • Sering kali melakukan anal seks.

Selain itu, terdapat benjolan yang keluar dari lubang anus yang mungkin harus didorong kembali setelah melakukan BAB, merasakan nyeri, kemerahan, dan pembengkakan disekitar anus hingga merasakan ketidaknyamanan pada benjolan di dekat anus yang mungkin bersifat sensitif atau terasa sakit

Pada umumnya penyakit wasir berdarah sendiri bisa dioati dengan menggunakan salep, obat atau tempelan yang dijual secara bebas disekitar anda. Produk-produk tersebut tak jarang mengandung bahan-bahan seperti witch hazel, hidrokortison atau lidokain yang dapat mengurangi rasa sakit dan juga gatal untuk sementara pada area anus anda.

Meski terdapat banyak obat untuk mengatasi wasir berdarah yang diperjual belikan secara bebas, namun anda tetap disarankan untuk mengunjungi dokter, agar pengobatan yang dilakukan tepat dan sesuai dengan apa yang anda alami. Bahkan jika penyakit wasir berdarah ini tidak kunjung membaik dengan pemberian obat, maka tak jarang dokter memberikan saran untuk melakukan operasi sebagai upaya penyembuhannya.

Tips sehat untuk mencegah wasir berdarah

Agar anda bisa terhindar dari penyakit ambeien atau wasir berdarah ini, sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut. Diantaranya seperti:

  • Mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan banyak mengonsumsi cairan untuk menjaga kotoran tidak keras dan mencegah anda untuk mengejan saat BAB.
  • Berolahraga secara teratur. Selain untuk menurunkan berat badan cara inipun mampu mengurangi tekanan pada pembuluh darah di rektum maupun anus.
  • Menjaga area anal tetap bersih. Sangat disarankan untuk mandi setiap hari dan membersihkan kulit sekitar anus dengan menggunakan air hangat.
  • Tidak menggunakan kertas toilet yang kering. Ada baiknya gunakan tusu basah yang lembab dan tidak mengandung farfum maupun alkohol untuk membantu wilayah anal anda tetap terjaga bersih.

Sekarang anda telah mengetahui berbagai penyebab wasir berdarah. Sehingga ada baiknya jika anda mengalami berbagai ciri atau gela wasir berdarah segera periksakan ke dokter. Karena penyakit ini tidak bisa dianggap sepele begitu saja, lantaran mampu mempengaruhi kenyamanan dan menghambat aktivitas anda sehari-hari.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 14 Februari 2018 10:33:28

Related Post :
Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita…

Hal-hal yang harus wanita…

Obat Kimia
Obat Pencegah Serangan Penyakit…

Obat Pencegah Serangan Penyakit…

Daun
Khasiat Daun Sambiloto Bagi…

Manfaat dan khasiat daun…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Ceker…

Ceker ayam sering kali…

Tips
Prosedur Pemasangan Ring Jantung

prosedur pemasangan ring jantung…

Kesehatan
Sebaiknya Hindari Gerakan Yoga…

Melakukan yoga memang baik…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Penyebab Dan Gejala Gondongan Pada Anak Serta Penanganannya

Penyebab dan gejala gondongan pada…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab Pankreatitis Akut

Mengenal gejala dan penyebab pankreatitis…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Cara Mencegah Darah Tinggi

Mengetahui penyebab dan gejala darah…

Kirim Pertanyaan
Top