Manfaat Sehat Dibalik Tradisi Bunga Mawar di Hari Valentine

Share dan Tag Temanmu di :

Tanggal 14 Februari dijadikan sebagai Hari Valentine (Valentine's Day) atau Hari Kasih Sayang oleh setiap pasangan. Biasanya pada hari tersebut mereka yang memiliki pasangan akan merayakannya bersama, baik itu dengan makan malam romantis, hingga bertukar kado. 

Perayaan Hari Valentine selalu identik dengan hadiah yang manis, seperti coklat, bunga, dan hadian romantis lainnya. Bunga mawar menjadi salah satu kado yang cukup banyak dipilih untuk diberikan kepada pasangan atau orang-orang tercinta. Hal ini disebabkan karena bunga mawar dikenal sebagai lambang cinta. 


Namun, apakah Anda tahu bahwa dibalik lambang gairah dan romantisme tersebut, bunga mawar ternyata juga memiliki manfaat yang menyehatkan ? Karena diketahui didalam mahkota bunga mawar ini terkandung antioksidan yang tinggi, vitamin C, antosianin, dan zink.

Maka dari itu, jika Anda menerima rangkaian bunga mawar, jangan hanya dijadikan sebagai pajangan atau dipamerkan saja, tetapi Anda juga bisa mengambil manfaat yang dimilikinya. Berikut ini manfaat sehat bunga mawar yang menjadi tradisi Hari Valentine yang perlu diketahui, yaitu :

  • Merelaksasi tubuh dan pikiran

Aroma kelopak mawar menawarkan efek relaksasi, sehingga akan menenangkan tubuh dan pikiran, serta menghilangkan stres. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mencampurkan kelopak mawar dengan air panas dan garam mandi, kemudian berendamlam sejenak setealh anda mengalami hari yang panjang dan melelahkan. 

  • Menjaga kecantikan kulit wajah

Karena mengandung antiinflamasi, minyak bunga mawar dapat bekerja efektif untuk meminimalisir dan meredakan kemerehan pada kulit. Bunga mawar juga kaya akan kandungan vitamin C, sehingga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak. 

Bagi Anda yang senang berjemur di pantai, menggunakan air mawar pada kulit dapat memberikan sensasi menenangkan pada area yang terbakar sinar matahari. Tidak hanya itu, minyak alami yang ada pada bunga mawar juga akan membantu menjaga kelembaban kulit, khususnya jika Anda memiliki kulit sensitif.

  • Menghilangkan bekas jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan bekas jerawat, maka pasta kelopak mawar bisa menjadi solusi terbaik untuk kulit Anda. Anda hanya perlu merendam kelopak bunga mawar ke dalam air dan menggilingnya menjadi pasta. Kemudian aplikasikan pasta mawar ini ke wajah seminggu sekali. Anda pun bisa melihat tanda-tanda menghilangnya bekas jerawat seiring waktu. Selain itu, kelopak bunga mawar juga membantu menjaga kulit wajah tetap sehat.

  • Bekerja lebih baik dari astringent biasa

Astrigent digunakan untuk membersihkan sisa susu pembersih, menghilangkan sisa riasan yang tertinggal di wajah, menstabilkan pH kulit, dan membantu mengecilkan proi-pori wajah. Bedanya dengan toner adalah kandungan astringent ini lebih kuat dan lebih efektif dalam memerangi jerawat.

Nah, kelopak mawar adalah astringent yang lebih baik dibandingkan dnegan astringent yang diproduksi secara massal. Astrigent dari kelopak mawar dapat memberikan kilau pada kulit sekaligus mengecilkan pori-pori. Untuk membuatnya cukup mudah. Yang Anda perlukan hanya air dan kelopak mawar. 

  • Sahabat wanita

Bunga mawar memiliki kedekatan dengan sistem reproduksi wanita. Bunga mawar dapat membantu melancarkan siklus haid, mengurangi derita premenstrual syndrome (PMS) dan depresi postpartum. Namun, perlu diingat, para wanita dilarang untuk menggunakan produk-produk dari bunga mawar pada trimester pertama kehamilan dan jika memiliki riwayat keguguran. 

  • Menurunkan berat badan

Kandungan yang dimiliki oleh kelopak mawar sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Anda bisa menambahkan kelopak mawar dengan air minum atau bisa juga membuat pasta dengan fenugreek dan mengonsumsinya. Tidak hanya itu, kelopak mawar juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan karena itu bia membantu Anda untuk menghilangkan kalori berlebih pada waktu yang sama. 

  • Afrodisiak alami

Kelopak bunga mawar juga bisa membantu meningkatkan kehidupan seksual Anda. Menurut beberapa studi, penggunaan kelopak mawar bisa memengaruhi titik pada tubuh yang dapat mengaktivasi sel-sel kenikmatan. Kelopak mawar ini akan membuat Anda merasa lebih aktif secara seksual.

  • Manfaat lainnya

Bunga mawar juga bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala, sakit pada telinga, konjungtivitis, batuk, dan demam. Pada beberapa kasus, penggunaan mawar juga dapat membantu penyembuhan luka. Minyak mawar merupakan antiseptik yang ampuh untuk melawan kuman dan bakteri, yang bertindak sebagai tonik untuk jantung, sirkulasi, hati, perut, rahim, serta membantu untuk detoksifikasi darah dan organ tubuh.

Itulah beberapa manfaat sehat dibalik tradisi bunga mawar di Hari Valentine yang perlu diketahui. Maka dari itu, mulai sekarang jangan menyia-nyiakan bunga mawar yang Anda terima, baik itu pada Hari Valentine atau hari-hari lainnya. Pasalnya, selain harum dan cantik, bunga yang menjadi simbol kasih sayang ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan secara alami di rumah. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 16 Februari 2018 14:47:57

Related Post :
Kesehatan
Ternyata Mata Juga Bisa…

Tidak banyak diketahui, ternyata…

Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Senam…

Sama seperti olehraga lainnya,…

Kesehatan
Kelemahan Makanan Organik Yang…

Mengonsumsi makanan organik banyak…

Alami
Obat Rakitis Alami Pada…

obat rakitis alami pada…

Kesehatan
Kaki Bengkak? Ini Penyebab…

Beragam penyebab kaki bengkak…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat…

Selain bagus untuk kesehatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan dan manfaat oatmeal bagi…

Manfaat
6 Bunga yang Menyimpan Manfaat Menyehatkan bagi Tubuh

Disamping memiliki warna yang cantik…

Manfaat
Manfaat Rebung Untuk Memperlancar Pencernaan

Manfaat rebung untuk memperlancar pencernaan…

Kirim Pertanyaan
Top