Jangan Coba! Ini Bahaya Penggunaan Sabu Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Penyalahgunaan sabu di kalangan artis masih merajalela. Terbukti dengan kembali munculnya kabar penangkapan artis Indonesia baru-baru ini atas kepemilikan narkoba. Secara berturut-turut, Fachri Albar yang diketahui menyimpan narkoba jenis sabu, dumolid, dan ganja, serta Roro Fitria yang kedapatan menyimpan sabu. 

Bahkan, pada hari Jumat, 16 Februari 2018, pihak berwajib kembali mengamankan salah satu putri dari Ratu Dangdut, Elvy Sukaesih, yaitu Dhawiya Zaida karena kepemilikan sabu. 

Berbicara mengenai narkoba, dalam dunia medis beberapa jenis narkoba bisa digunakan untuk menangani pasien tertentu, namun perlu ditegaskan bawha obat-obatan tersebut bukan untuk dikonsumsi secara umum atau bebas di kalangan masyarakat. Bahkan, mungkin banyak yang sudah mengetahui jika semua obat-obatan tersebut memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Tidak hanya bagi kesehatan fisik, tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 


Walaupun begitu, sayangnya masih banyak masyarakat yang menyalahgunakan obat-obatan tersebut hanya untuk kesenangan belaka. Methamphetamine atau yang dikenal dengan sabu merupakan salah satu jenis yang paling sering dikonsumsi. Sabu-sabu sendiri berbentuk kristal seperti gula pasir, dan biasanya digunakan dengan cara menghisap uap hasil pembakaran melalui sebuah alat yang dinamakan bong. Kegiatan ini lebih sering disebut dengan istilah nyabu. 

Sabu memilikli pengaruh yang kuat terhadap saraf. Sabu dapat menstimulasi susunan saraf pusat, sehingga menimbulkan efek euforia, peningkatan suasana (mood) dan percaya diri, serta menambah daya konsentrasi. 

Mengetahui Bahaya Penggunaan Sabu Bagi Kesehatan Tubuh

Penggunaan obat-obatan terlarang atau narkoba, termasuk sabu dapat menimbulkan berbagai gangguan dalam tubuh secara perlahan. Penggunaan obat-obatan terlarang dalam jangka pendek dapat menurunkan berat badan secara drastis, mengganggu pola tidur, serta memicu hiperaktif, rasa mual, delusi, agresif, dan sifat mudah marah. 

Bahaya lainnya yang juga mengkhawatirkan yaitu insomnia, kebingungan, halusinasi, kecemasan berlebih, dan paranoid. Penggunaan dalam dosis yang berlebihan dapat menyebabkan kejang-kejang dan kematian. 

Sedangkan penggunaan sabu dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan, kekurangan gizi, depresi, dan yang paling parah adalah kerusakan permanen pada pembuluh darah. Selain itu, juga dapat terjadi peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, serta kerusakan pembuluh darah di otak yang menyebabkan stroke atau detak jantung tidak teratur, sehingga memicu kerusakan jantung dan lainnya. Akhirnya semua itu akan berujung pada kematian.

Penggunaan narkoba juga bisa memicu gangguan mental, seperti depresi, gangguan jiwa berat, godaan untuk melakukan tindakan kejahatan, kekerasan, dan tdak sedikit yang memilih bunuh diri. 

Selain dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh, penggunaan obat-obatan terlarang juga bisa memengaruhi kondisi ekonomi. Anda mungkin akan mebutuhkan biaya yang banyak untuk proses penyembuhan dan perawatan kesehatan. Belum lagi, Anda akan mendapatkan pandangan buruk dari masyarakat sekitar akibat penggunaan obat-obatan terlarang. 

Setelah mengetahui bahaya penggunaan sabu terhadap kesehatan, baik fisik ataupun mental, Anda sudah seharusnya untuk menjauhi penggunaan sabu dan obat-obatan terlarang lainnya secara bebas.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 17 Februari 2018 14:06:06

Related Post :
Penyakit
Penularan Cacar Air Pada…

Penularan Cacar Air Pada…

Kewanitaan
Keuntungan Pemakaian Alat Kontrasepsi…

Keuntungan pemakaian alat kontrasepsi…

Manfaat
Manfaat Sehat Mengunyah Makanan…

Manfaat sehat mengunyah makanan…

Kewanitaan
Tanda Dan Gejala Menopause…

Tanda dan gejala menopause…

Penyakit
Bahaya Dan Efek Buruk…

Bahaya dan efek buruk…

Tips
Camilan Makanan Ringan Sehat…

Camilan Makanan Ringan Sehat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Jantung Koroner

Pilihan olahraga yang tepat dan…

Kesehatan
Kesehatan
Anggapan Bahaya Tidur dengan Kipas Angin dan AC

Tidur dengan kipas angin atau…

Kirim Pertanyaan
Top