Ketahui Berbagai Penyebab Kaki Terasa Panas Dan Pegal

Share dan Tag Temanmu di :

Selain nyeri kaki, gangguan kesehatan pada kaki yang sering terjadi adalah terasa panas dan pegal di kaki. Sehingga penyebab kaki terasa panas dan pegal sangat penting untuk diketahui. Karena kaki terasa panas dan pegal bisa saja merupakan gejala dari penyakit tertentu. Oleh karena itu, bagi anda yang sering merasakan panas dan pegal di kaki, sebaiknya periksakan pada dokter.


Penyebab Kaki Terasa Panas Dan Pegal

Kaki kelelahan

Banyak faktor yang membuat kaki anda mengalami kelelahan salah satunya yaitu Penggunaan otot yang berlebihan ketika olahraga atau ketika bekerja. Dan ciri-ciri dari kaki kelelahan adalah terasa panas dan pegal di kaki.

Obesitas


Faktor pemicu panas dan pegal di kaki adalah obesitas atau kegemukan. Oleh karena itu, selalu jaga berat badan. Karena selain menjadi pemicu kaki panas dan bengkak, obesitas juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Posisi kaki yang salah

Terkadang kita tidak menyadari bahwa posisi kaki ketika duduk, berjalan, jongkok atau saat tidur salah. Padahal posisi kaki yang salah saat duduk, berjalan maupun tidur bisa menyebabkan otot tegang, syaraf terjepit, Kondisi ini bisa memunculkan panas dan pegal di kaki. Oleh karena itu, perhatikan posisi kaki saat tidur, duduk ataupun berjalan.

Kurang asupan zat mineral

Selain vitamin, cukupi juga asupan zat mineral. Karena bila bila asupan zat mineral tidak memadai terus-menerus maka bisa menurunkan daya tahan tubuh yang dapat memicu panas dan pegal di kaki, bahkan dapat memunculkan keluhan kesehatan yang lainnya.

Diabetes

Salah satu penyakit yang menjadi penyebab kaki terasa panas dan pegala dalah penyakit diabetes. Selain panas dan pegal di kaki, juga muncul keluhan lainnya yaitu kram dan nyeri di kaki.

Neuroma

Sering terasa panas dan pegal di kaki? waspadai bisa jadi itu gejala neuroma. Bila neuroma terjadi pada kaki maka bisa menyebabkan terasa panas dan pegal di kaki.

Radang sendi

Radang sendi dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya trauma, faktor usia, kurang asupan vitamin B12 dan lain-lain. Bahkan radang sendi juga beresiko membuat kaku linu yang sering menimbulkan rasa panas, pegal dan nyeri di kaki. Bahkan dapat menimbulkan pembengkakan.

Pengobatan Kaki Terasa Panas Dan Pegal

Saat kaki terasa panas dan pegal maka sebaiknya istirahatkan kaki. Dan untuk pengobatannya bisa dengan cara alami yaitu:

Rendam

Rendam kaki yang terasa panas dan pegal dengan air hangat atau air dingin. Bila anda memilih rendam dengan air hangat, maka masukkan kaki ke dalam wadah yang berisi air hangat. Bila anda memilih merendam dengan air dingin, maka masukan kaki yang tearsa pegal dan panas ke dalam wadah yang berisi air dingin.

Garam inggris


Pengobatan kaki pegal dan panas bisa dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan bumbu dapur yaitu garam inggris. Masukan kaki yang pegal dan panas ke dalam wadah yang berisi air garam hangat.

Jahe

Selain dengan merendam kaki dengan air garam hangat, pengobatan kaki pegal dan panas juga bisa dengan mengoleskan jahe yang telah ditumbuk halus tersebut pada kaki yang pegal dan panas. Selain dioles anda juga bisa mengkonsumsi air jahe yang dicampur dengan madu dan perasan air jeruk nipis.

Itulah penyebab kaki terasa panas dan pegal serta cara pengobatannya. Bila anda sering mengalami kaki terasa panas dan pegal, maka segera lakukan pengobatan baik pengobatan medis maupun pengobatan tradisional.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Senin, 19 Februari 2018 15:09:35

Related Post :
Kesehatan
4 Jenis Makanan Ini…

Menjaga pola makan merupakan…

Penyakit
Cara Mudah Mengetahui Gejala…

Cara mudah mengetahui gejala…

Tips
Tips Dan Cara Merawat…

Tips dan cara merawat…

Daun
Inilah Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Alami
Obat Alami Miom Rahim…

Miom merupakan pertumbuhan sel-sel…

Ibu Hamil
Bahayakah Cabut Gigi Saat…

Bahayakah cabut gigi saat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ikuti Aturan Ini Agar Olahraga Lebih Bermanfaat Bagi Tubuh

Meskipun menyehatkan, jangan lakukan olahraga…

Kesehatan
Menyenangkan ! Origami Bisa Bantu Asah Kemampuan Otak

Tidak hanya menyenangkan, ternyata origami…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Penderita Trigliserida Tinggi

Mengatur gaya hidup sehat dan…

Kirim Pertanyaan
Top