Jangan Dibuang! Ini Manfaat Tak Terduga dari Biji Nangka

Share dan Tag Temanmu di :

Nangka merupakan salah stau jenis buah sekaligus buahnya. Buah nangka memiliki rasa yang manis dengan warna kuning yang cantik, sehingga cukup banyak disukai. Daging buah nangka yang matang seringkali dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar, ataupun dilah menjadi minuman, dicampur dalam es, atau diolah menjadi beragam jenis makanan daerah, seperti dodol nangka, kolakl nangka, selai nangka, keripik nangka, dan jenis makanan lainnya. 

Setelah mengonsumsi buah nangka, biasanya orang akan langsung membuang bijinya. Namun, sebeneranya selain daging buahnya, ternyata biji nangka juga bisa dikonsumsi. Biji nangka atau dikenal juga sebagai 'beton' bisa direbus dan dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat tambahan. Biji nangka juga bisa dimasak menjadi kolak nangka. 

Tidak hanya itu, biji buah nangka juga kaya akan kandungan nutrisi, seperti riboflavin dan tiamin, yang dapat membantu mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. 


Biji buah nangka juga mengandung asupan karbohidrat, serat, vitamin A, C, B, kalsium, zinc, dan fosfor. Selain itu, biji nangka juga mengandung sejumlah besar fitronutein seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang membantu mencegah penyakit tertentu. 

Biji nangka juga memiliki sejumlah kecil mineral seperti magnesium, seng, potasium, besi, kalsium, dan tembaga. Biji yang berwarna coklat ini juga dketahui mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu mencegah kontaminasi bakteri yang menyebabkan penyakit bawaan makanan. 

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka tak heran jika biji nangka memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat biji nangka yang perlu diketahui :

  • Tinggi protein

Biji nangka kaya akan kandungan protein dan Anda bisa mengonsumsi biji nangka dengan cara menambahkannya ke dalam masakah yang berbeda saat Anda memasak. Ini dapat membantu dalam membangun massa otot dan menjaga agar metabolisme tetap berjalan lebih cepat. 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biji nangka dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini memiliki efek antimikroba pada tubuh, yang dapat mencegah kontaminasi bakteri. Benih mengandung seng yang juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh agar lebih baik. 

  • Mencegah gangguan pencernaan

Biji nangka juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Nutrisi yang terkandung dalam biji nangka bisa membantu Anda mencerna makanan dengan baik. Biji ini juga mengandung serat yang akan membantu dalam proses pencernaan dan membuat perut kenyang. 

  • Mencegah sembelit

Selain mencegah gangguan pencernaan, biji nangka juga bisa membantu mencegah timbulnya sembelit seperti konstipasi karena adanya serat yang tidak larut. Serat yang ada dalam biji nangka mempromosikan kerja dari saluran pencernaan dan memperecpat proses pencernaan, dengan demikian dapat mendetoksifikasi usus besar. 

  • Baik untuk penglihatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, biji nangka mengandung vitamin A. Vitamin ini sangat baik untuk mata. Vitamin A adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga penglihatan agar tetap sehat, serta membantu menangkal banyak penyakit yang dapat menyerang mata. 

  • Menyediakan kekuatan untuk tulang

Kandungan kalsium yang ada didalam biji buang nangka dapat membantu menyehatkan tualng. Biji nangka juga mengandung potasium yang dapat membantu membangun dan menguatkan tulang. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa memasukkan biji nangka dalam menu harian Anda. 

  • Mencegah anemia

Mengonsumsi biji nangka 1 atau 2 kali seminggu dapat membantu meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh. Biji merupakan sumber zat besi yang baik bagi mereka yang memiliki kadar hemoglobin rendah. Jika Anda mengidap anemia, mengonsumsi biji nangka dapat membantu menghilangkan risiko anemia dan penyakit terkait darah lainnya. 

  • Mengurangi penyakit jantung

Biji nangka sangat baik bagi penderita penyakit jantung, karena biji nangka mengandung nol kolesterol. Biji nangka dapat mencegah penyakir kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke dengan cara menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. 

  • Mengatasi stres

Biji nangka kaya akan kandungan protein dan nutrisi mikronutrien lainnya yang dapat membantu menurunkan stres mental. Konsumsilah  biji nangka setiap kali Anda mengalami stres mental. Ini dapat membantu mengurangi masalah mental yang Anda alami. 

  • Mencegah kanker

Manfaat biji nangka yang terakhir yaitu dapat membantu mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena biji nangka diketahui mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel DNA dan menghasilkan sel kanker. Selain itu, biji nangka juga mengandung sifat antikanker yang akan memperlambat degenerasi tubuh. 

By Sri Maryati - Manfaat Senin, 19 Februari 2018 15:15:31

Related Post :
Tips
Tips Mengatasi Bopeng Bekas…

Terdapat banyak bahan alami…

Penyakit
Gejala Diabetes Tipe 1…

Gejala diabetes tipe 1…

Obat Kimia
Obat Tizanidine Untuk Mengurangi…

Anda pernah mengalami kejang…

Kesehatan
Selain Sakit Ini Penyebab…

Beragam penyebab mulut terasa…

Kesehatan
Waspada! Ini Gejala HIV/AIDS…

Sebenarnya gejala HIV/AIDS pada…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Sawi Hijau…

Informasi tentang sawi hijau,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Belimbing adalah buah-buahan yang berasal…

Manfaat
Manfaat Buah Pinang untuk Obat Cacingan

Manfaat buah pinang atau yang…

Manfaat
Inilah Khasiat Temu Mangga Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top