Fakta Penting Pil KB Bukan Hanya untuk Menunda Kehamilan

Share dan Tag Temanmu di :

Karena beberapa alasan, beberapa pasangan mungkin lebih memilih untuk menunda memiliki momongan, baik itu karena alasan pendidikan, karir, finansial, dan lainnya. Biasanya kontrasepsi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk membantu menunda kehamilan.

Ada beberapa metode kontrasepsi yang bisa dipilih, mulai dari KB alami hingga kontrasepsi IUD, kondom, kontrasepsi oral, cincin vagina, dan koyo hormon. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dalam hal kenyamanan, potensi efek samping, dan efektivitas dalam mencegah kehamilan.


Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi bagi wanita yang aktif secara sksual untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. Pil KB bekerja dengan menekan proses ovulasi tubuh dengan jumlah estrogen atau progestin. Sehingga dapat menghentikan telur untuk berpindah dari ovarium yang mencegah proses kehamilan. 

Namun, banyak dari mereka yang mengonsumsi pil KB yang masih gagal paham dengan aturan pakainya. Obat ini tidak dianjurkan diminum tanpa resep dokter. Selain itu, ada beberapa fakta penting pil KB yang ternyata bukan hanya untuk menunda kehamilan, diantaranya adalah :

  • Ada beberapa jenis pil KB

Ada beberapa jenis merk pil KB yang bisa digunakan. Merk pil KB tertentu yang direkomendasikan oleh teman Anda belum tentu cocok untuk Anda dan bisa saja memberikan efek samping yang berbahaya. Pil  yangpaling umum dikonsumsi yaitu yang mengadnung estrogen dan banyak sekali wanita yang mengalami dampak negatif terhadapnya. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasik terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi pil KB. Sehingga dokter dapat meresepkan pil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

  • Memiliki efek samping

Fakta ini umumnya diketahui oleh semua orang yang memutuskan untuk menggunakan pil KB. Pil tersebut memberikan sejumlah efek samping bagi sebagian orang, seperti bercak, mual, muntah, nyeri payudara, migrain, dan bahkan kegemukan. 

  • 99% efektif jika dikonsumsi sesuai resep dokter

Pil kontrasepsi memang super efektif. Namun, tentu harus mengikuti resep dokter dan disiplin. Pil ini perlu dikonsumsi secara teratur, setiap hari itu juga dan pada waktu yang sama setiap harinya. Jangan sampai lupa atau terlewat jadwalnya. 

  • Pil kontrasepsi darurat tidak efektif

Jika lupa minum pil kontrasepsi reguler, maka pil kontrasepsi darurat harus segera dikonsumsi setelah melakukan hubungan seks tanpa kondom. Namun, perlu diketahu, bahwa mereka tidak begitu efektif dan tidak dapat diandalkan. 

  • Mengatur siklus menstruasi

Pil KB membwa keuntungan bagi wanita dengan periode menstruasi yang sering terlambat, karena pil ini bisa mengatur siklus bulanan mereka. 

  • Jadi solusi masalah kesehatan

Selain membantu mencegah kehamilan, pil kontrasepsi telah digunakan untuk mengobati banyak kondisi medis lainnya pada wanita, seperti ovarium polikistik, endometriosis dan jerawat. Pil ini bahkan bisa mengobati kondisi tertentu yang berkaitan dengan kesuburan. 

  • Tak menyebabkan kanker payudara

Banyak rumor menyebutkan jika pil KB bisa menyebabkan kanker payudara. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

  • Pengaruh obat lain

Bagi Anda yanb tengah mengonsumsi obat atau suplemen lain, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi pil kontrasepsi. Pasalnya, bisa jadi efektivitasnya akan tumpang tindih.

  • Tak mencegah dari penyakit menular seksual

Walaupun pil KB dapat mencegah kemungkinan kehamilan, namun pil kontrasepsi ini tidak melindungi daru penyakit menular seksual dan AIDS.

  • Siklus akan kembali normal

Jika berhenti minum pil KB, maka tubuh memerlukan waktu beberapa saat untuk kembali ke siklus normalnya. Ini mungkin memerlukan waktu hitungan bulan. 

By Sri Maryati - Kewanitaan Selasa, 20 Februari 2018 11:42:39

Related Post :
Tips
Inilah Cara Agar Berat…

Ini beragam cara agar…

Kesehatan
Wajib Tahu! Gejala HIV…

Sebenarnya tidak adak perbedaan…

Tips
Anak Kecanduan Bermain Game?…

Bermain game merupakan salah…

Tips
Cara Aman Menghilangkan Tato…

Apakah Anda ingin menghilangkan…

Ibu Hamil
Penyebab Kaki Bengkak Pada…

Penyebab kaki bengkak pada…

Penyakit
Gejala dan Komplikasi Penyakit…

Gejala dan komplikasi penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Bahaya Dibalik Penggunaan Menstrual Cup yang Tidak Tepat

Meskipun banyak yang berpendapat jika…

Kewanitaan
Tanda dan Gejala Menopause Dini Pada Wanita

Tanda dan gejala menopause dini…

Kewanitaan
Penyebab Keputihan Gatal Dan Cara Mengatasinya

Informasi tentang keputihan gatal, penyebab,…

Kirim Pertanyaan
Top