Retinoic Acid Obat Untuk Mengatasi Jerawat Dan Komedo

Retinoic Acid, Metabolit dari Vitamin A

Retinoic acid merupakan metabolit dari vitamin A. Metabolit adalah zat yang terlibat dalam proses metabolisme baik sebagai hasil ataupun intermediet dalam metabolisme. Retinoic acid dipakai sebagai obat kulit untuk mengatasi jerawat dan mengurangi jumlah komedo. Cara kerja retinoic acid adalah dengan memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan sel-sel kulit sehingga tingkat keparahan jerawat bisa berkurang. Dengan demikian, proses penyembuhan jerawat akan lebih cepat.


Obat kulit ini merupakan obat yang harus dipakai dengan resep dokter. Obat yang bisa dipakai untuk dewasa dan anak-anak ini berbentuk obat oles. Bagi perempuan hamil dan menyusui, sebaiknya hindari penggunaan obat ini. Karena termasuk obat oles untuk kulit, hindari penggunaan pada kulit yang sedang terluka atau kulit yang perih karena terbakar sinar matahari. Hindari pula penggunaan di sekitar hidung, mulut, dan mata. Oleskan obat ini setipis mungkin supaya kulit tidak mengalami iritasi. Hati-hati jika dipakai oleh orang yang memiliki kulit sensitif seperti mudah terbakar, pengguna produk yang mengandung asam salisilat dan sulfur, serta pengidap eksim.

Setiap pasien akan mendapatkan dosis obat oles ini berbeda-beda, tergantung dari kondisi kulit pasien, tingkat keparahan, dan persentase kandungan retinoic acid dalam obat oles. Penggunaan obat ini umumnya hanya satu kali selama 24 jam dan dioleskan sebelum tidur pada malam hari. Dibutuhkan penggunaan beberapa minggu hingga kondisi kulit membaik, biasanya sekitar 9 sampai 12 minggu.

Pakai retinoic acid sesuai dengan anjuran dokter serta jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan sebelum digunakan. Di awal penggunaan, kondisi jerawat akan tampak makin parah. Hal ini dikarenakan retinoic acid bekerja dengan memberantas jerawat di bawah permukaan kulit. Tidak dianjurkan untuk membubuhkan retinoic acid pada luka terbuka atau kulit yang terbakar oleh matahari. Pastikan bagian kulit yang diolesi sudah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Harus mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah mengoleskan obat ini.

Ketahui efek samping dan bahaya dari penggunaan retinoic acid. Diantaranya iritasi kulit seperti sensasi terbakar atau perih, gatal-gatal, pengelupasan kulit, dan kulit memerah. Perlu diketahui, kondisi jerawat akan semakin parah pada minggu-minggu pertama. Namun efek samping ini secara perlahan akan berkurang. Kulit akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Segera hentikan penggunaan jika efek samping serius terjadi seperti perubahan warna pada kulit, kulit terbakar, melepuh, membengkak, dan membentuk koreng, serta mata berair dan bengkak.


By Ana Rediana - Obat Kimia Kamis, 18 Agustus 2016 09:24:11

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…

  • Dosis Obat Terbinafine Untuk Mengatasi Infeksi Kurap Di Kaki

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Pagi min, mau nanya nih kalau dosis terbinafine untuk infeksi kurap di kaki yang benar berapa ya? tolong jawab min.


Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit TBC Rifampicin

Obat antibiotik untuk penyakit TBC…

Obat Kimia
Obat Anti Inflamasi Fenilbutazon Untuk Mengatasi Cidera

Obat fenilbutazon untuk mengatasi sakit…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Sakit Perut dan Kram Usus Hyoscine butylbromide

Obat Hyuscine butylbromida untuk mengatasi…

Tambah Pertanyaan
Top