Jenis Kacang-kacangan Lengkap Dengan Manfaatnya

Share dan Tag Temanmu di :

Berbagai makanan sehat yang bisa kita makan, salah satunya adalah kacang-kacangan. Sama seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, kacang-kacangan pun mempunyai banyak kandungan nutrisi. Misalnya pada kacang mete, almond dan walnut mengandung kalsium, zat besi, seng, vitamin B kompleks dan magnesium. Selain kacang mete, almond dan walnut, masih ada jeni kacang lainnya yang bisa kita makan. Dan disarankan mengkonsumsi 30 gram kacang-kacangan setiap harinya.


Mengenal Jenis Kacang-kacangan Lengkap Dengan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kacang Merah

Salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi adalah kacang merah. Jenis kacang ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan kacang merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Bahkan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang dimiliki kacang merah.

Kacang hijau

Sesuai dengan namanya kacang hijau, warna dari jenis kacang ini pun hijau. Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi kalsium, magnesium dan vitamin E. Kandungan kalsium dan magnesium yang ada pada kacang hijau berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Sedangkan vitamin E yang ada didalamnya bermanfaat untuk menghaluskan kulit.

Almond

Selain kacang merah, kacang almond juga merupakan jenis kacang yang bisa dikonsumsi. Karena kacang almond memiliki kandungan nutrisi yang banyak diantaranya serat, magnesium, karbohidrat, mangan, protein dan vitamin E. Kandungan potasium, magnesium dan vitamin E yang ada pada kacang almond bermanfaat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu juga memiliki kandungan senyawa dopamin yang berfungsi untuk mempertajam ingatan.

Pistachio

Pistachio adalah jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan diantaranya membantu menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko obesitas dan menurunkan risiko radang. Manfaat dari pistachio untuk kesehatan, tidak lepas dari peranan kandungan nutrisi yang ada didalamnya diantaranya tembaga, mangan, potasium dan vitamin B6.

Kenari

Beragam manfaat mengkonsumsi kacang kenari bagi kesehatan diantaranya menurunkan risiko penyakit jantung koroner, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker dan sebagainya. Hal ini dikarenakan jenis kacang ini memiliki kandungan serat, omega-3 dan antioksidan.

Hazelnut

Kandungan gizi yang dimiliki hazelnut tak kalah banyak dengan kandungan gizi yang dimiliki kacang almond. Dan kandungan yang ada pada hazelnut adalah asam lemak, folat, tiamin, mangan dan vitamin E. Tidak hanya bergizi, ternyata hazelnut juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan yaitu menurunkan risiko penyakit jantung, memperbaiki fungsi otak dan kognitif.

Kacang tanah

Kacang tanah adalah jenis kacang yang sering kita jumpai. Jenis kacang ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan salah satunya yaitu menjaga kadar gula darah dan membantu meningkatkan daya ingat.

Kacang kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan protein, rendah lemak dan vitamin K. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kandungan vitamin K berperan penting dalam penyerapan kalsium.

Kacang mete

kacang mete juga termasuk jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi. Karena kacang mete memiliki kandungan gizi yang banyak salah satunya yaitu seng dan tembaga. Zat seng yang ada pada kacang mete berperan pentung dalam menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu proses penyembuhan luka.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jenis kacang-kacangan tersebut juga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, konsumsi jenis kacang-kacangan diatas misalnya hazelnut. Makanlah kacang hazelnut 30 gram. Dan bila anda ingin mengkonsumsi kacang mete maka konsumsi juga kacang ini dalam porsi yang tepat dan bisa anda campurkan pada menu makanan dalam program diet anda. Namun cara memasaknya juga harus tepat yaitu dengan cara di panggang.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 21 Februari 2018 10:25:59

Related Post :
Ibu Dan Anak
Waspada! Ada Bahaya Penggunaan…

Waspada! ternyata terdapat beberapa…

Ibu Hamil
Cara Mudah Mencegah Stretch…

Cara Mudah Mencegah Stretch…

Alami
Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa…

Manfaat mengkonsumsi ari kelapa…

Kesehatan
Waspadai Bahaya Buang Air…

Apakah anda sering mengalami…

Kesehatan
Hal yang Harus Diketahui…

Sebelum menetukan program KB,…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Agar Anak…

Si kecil susah makan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Tanda Dan Gejala Jantung Koroner Pada Wanita

Mengetahui penyebab, tanda, gejala dan…

Kesehatan
Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ada banyak jenis makanan untuk…

Kesehatan
Makanan yang Dianjurkan Setelah Operasi Usus Buntu

Tubuh harus tetap diberi nutrisi…

Kirim Pertanyaan
Top