Manfaat Daun Ungu Untuk Ambeien Dan Cara Mengolahnya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun ungu untuk ambeien mungkin masih jarang diketahui oleh sebagai besar masyarakat. Namun tak ada salahnya  bagi anda yang kini tengah menderita penyakit ambeien untuk mencoba alternatif pengobatan yang satu ini. Karena tak sedikit pula dari mereka yang telah membuktikan khasiatnya.


Ambeien atau wasir adalah jenis penyakit yang cukup banyak diderita oleh meraka yang telah berusia 45 hingga 75 tahun. Kondisi yang dalam istilah medisnya disebut sebagai hemoroid ini umumnya akibat terjadinya pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar, disekitar bokong, yakni didalam rektum ataU anus.

Untuk penyebab ambeien sendiri sangatlah beragam. Salah satunya yakni karena terlalu lama mengejan saat buang air besar. Hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah di area anus dan sekitarnya. Sehingga timbulah berbagai gejala awal penyakit ambeien seperti ketidak nyamanan saat duduk maupun buang air besar, terdapat benjolan, gatal hingga terjadi pendarahan disekitaran anus.

Pada dasarnya terdapat 2 jenis ambeien, yaitu ambeien dalam dan luar. Namun apapun jenisnya, sebaiknya kondisi ini segera diatasi secara intensif untuk mencegah terjadinya keparahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita, seperti dengan daun ungu.

Khasiat dan manfaat daun ungu untuk ambeien lengkap dengan cara mengolahnya


Daun ungu atau daun wungu adalah salah satu jenis tanaman obat herbal, yang mana salah satu khasiatnya bisa dijadikan sebagai alternatif obat ambeien alami. Bahkan tak sedikit dari pada produk kesehatan khusus wasir yang memanfaatkan bahan alami ini sebagaI salah satu komposisinya. Sebut saja seperti Walatra sehat wasir.

Adapun daun yang memiliki nama latin Graptophyllum pictum ini pada dasarnya merupakan tanaman tradisional yang dapat ditemukan di Papua Nugini sebelum akhirnya menyebar luar ke penjuru dunia, termasuk ke bumi nusantara. Adapun di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki sebutan nama yang berbeda-beda. Seperti demung, tulak, wungu, daun temen-temen, handeuleum, karotong, kadi-kadi dan lainnya.

Di pulau jawa, tanaman ini tumbuh sama pada 1250 mdpl. Untuk habitatnya, biasanya daun ungu tumbuh di tempat yang banyak disinari matahari. Selain itu, ia tumbuh di tempat yang lembab dan hangat.

Apa saja kandungan dalam daun ungu yang bertindak sebagai obat ambeien?

Banyak dari pada ahli yang merekomendasikan daun ungu untuk pengobatan wasir, bukanlah tanpa alasan. Melainkan hal tersebut telah terbukti dari berbagai penelitiannyang menunjukkan bahwa daun ini mengandung beberapa kandungan aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Diantaranya seperti:

  • Steroid
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Glikosida
  • Klorofil
  • Asam formik
  • Klasium oksalat
  • Lemak

Dan khasiat daun ungu sebagai obat ambeien juga telah diteliti oleh Prof dr H Sardjono Oerip Santoso dari Farmakologi FKUI. Beliau menyebutkan bahwasannya didalam daun ungu terkandung senyawa anti-hemorroid. Kandungan inilah yang memiliki khasiat nyata dalam propses pengobatan penyakit ambeien secara alami.

Bahkan tak cukup sampai disana, para peneliti lain dari universitas kenamaan di Indonesia lainnya juga sepakat dengan Prof dr Sardjono, bahwasannya daun ungu memang berkhasiat untuk obat. Tak hanya untuk ambeien, daun ini juga baik untuk kesehatan lainnya, seperti menjadi pereda nyeri (analgesik/antiinflamasi), serta mampu menghambat pertumbuhan bakteri (streptococcus) dan juga jamur.

Selain itu, penelitian lainnya dari daun ungu untuk mengobati penyakit ambeien juga dilakukan oleh Prof Dr Sumali Wiryowidgo, Apt, guru besar farmasi Universitas Indonesia. Beliau sendiri menjelaskan bahwasannya daun ungu juga berkhasiat dalam mengatasi ambeien lantaran didalamnya mengandung pektin.

Pektin ini sendiri dapat mengembangkan saluran cerna sehingga dapat memudahkan defekasi (proses pengeluaran zat sisa/pengosongan usus dan mengeluarkan feses atau proses saat buang air besar) tanpa menimbulkan luka maupun peradangan.

Cara mengolah daun ungu sebagai obat tradisional ambeien

Adapun untuk pengolahan atau cara meramu daun ungu untuk pengobatan wasir, anda bisa merebus beberapa lembar daun ungu segar dengan 2 gelas air hingga mendidih. Kemudian angkat, saring dan minum ramuan ini secara teratur hingga sembuh.

Selain dari pada itu, anda juga bisa mencampurkan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat khasiatnya semakin maksimal.

  • Bahan: beberapa lembar daun ungu segar, 5 gr daun kunyit, pegagan, temu putih dan air 600-800 ml.
  • Cara pengolahan: Rebus kesemua bahan kecuali daun ungu hingga mendidih. Setelah itu, masukan daun ungu yang telah di cuci bersih ke dalam air mendidih tersebut, dengan keadaan api kecil.
  • Aturan minum: Minum ai rebusan tersebut 2x sehari untuk ambeien sedang dan 3x sehari untuk kategori ambeien berat. Hasilnya dapat dilihat dalam 2-3 minggu.
  • Larangan: Sebaiknya hindari makanan pedas dan berminyak, ganti dengan sayuran dan buah yang mengandung banyak serat.
  • Warning: Ramuan ini dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat daun ungu untuk ambeien dan cara mengolahnya yang tepat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar tanaman herbal. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 22 Februari 2018 09:15:03

Related Post :
Tips
Cara Mengobati Bronkitis Dengan…

Cara mengobati bronkitis dengan…

Penyakit
Perhatikan ! Ini Bedanya…

Informasi tentang perbedaan sakit…

Penyakit
Makanan Ini Bisa Jadi…

Makanan ini bisa jadi…

Obat Kimia
Warfarin Nama Obat Pengencer…

Warfarin Nama Obat Pengencer…

Kesehatan
Penyebab Pembuluh Darah Pecah…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Kesehatan
Cara Mencegah Diabetes Jika…

Cara mencegah diabetes jika…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun belimbing…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun Bandotan Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan dan manfaat daun bandotan…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top