Apa Benar saat Pilek atau Batuk Tidak Boleh Minum Susu ?

Share dan Tag Temanmu di :

Saat ini cuaca sering tidak menentu, terkadang panas, terkadang juga hujan. Dan kondisi tersebut sering kali membuat sebagian orang mudah terserang penyakit, khususnya pilek dan batuk. Saat sedang pilek atau batuk, mungkin mengonsumsi minuman hangat bisa membantu menghangatkan tenggorokan atau hidung. Namun, disebut-sebut ada beberapa asupan yang sebaiknya dihindari saat sedang terserang flu atau batuk. Salah satunya yaitu susu dan produk olahannya.

Apa Benar saat Pilek atau Batuk Tidak Boleh Minum Susu ?

Beberapa orang menyebutkan bahwa es krim, keju, dan terutama susu harus dihindari saat flu atau batuk. Hal ini disebabkan karena produk susu dapat meningkatkan produksi lendir. Benarkah demikian ?

Sebagian besar kasus pilek dan batuk disebabkan oleh infeksi virus yang disebut rhinovirus. Infeksi virus ini dapat menyebabkan tubuh memproduksi lendir lebih banyak, sehingga Anda akan lebih mudah ingusan dan rentan batuk berdahak


Minum susu saat pilek atau batuk bisa membuat tekstur dahak lebih tebal sehingga tenggorokan terasa lebih gatal dan tidak nyaman dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, minum susu tidak akan membuat tubuh semakin banyak memproduksi lendir. 

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 terbitan Journal of the American College of Nutrition. Tim penelitin mengemukakan bahwa minum susu saat pilek atau batuk tidak terbukti membuat kondisi semakin parah. 

Walaupun begitu, kadang reaksi tidak nyaman yang ditimbulkan susu bisa disalahartikan sebagai alergi susu. Namun, alergi susu  biasanya juga akan menimbulkan mual, perut kembung, dan diare. 

Sebenarnya, Anda boleh saja mengonsumsi susu kapanpun Anda mau jika tidak memiliki alergi susu atau intoleransi susu. Termasuk saat sedang pilek atau batuk. Namun, jika Anda sudah mengalami hal-hal yang tampaknya membuat pilek yang dialami semakin parah, maka pertimbangkan untuk menghindari konsumsi susu sementara waktu. 

Faktanya, ada banyak manfaat yang bisa diraih dari minum susu selama Anda sedang sakit. Susu merupakan sumber makanan tinggi vitamin, protein, dna kalori yang bisa memulihkan stamina tubuh jika Anda tidak nafsu makan. Bahkan yoghurt diperkaya dengan bakteri baik lactobacillus yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Minum susu dingin atau bahkan es krim saat pilek dan batuk pun bisa meredakan iritasi tenggorokan. Menurut James M. Stecklberg, M.D., dokter konsultan di Mayo Clinic, susu yang disajikan dalam keadaan dingin dapat menenangkan sakit tengorokan

Jadi sebenarnya, manfaat minum susu saat pilek atau batuk masih lebih besar daripada risikonya. Namun, jika Anda masih ragu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani Anda. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 23 Februari 2018 14:13:56

Related Post :
Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Terlalu…

Selain menyebabkan obesitas, ini…

Kewanitaan
Penyebab Gejala Radang Panggul…

Radang panggul merupakan peradangan…

Alami
Begini Cara Ampuh Menghilangkan…

Begini cara mudah dan…

Penyakit
Memilih Prosedur Pengangkatan Kanker…

Untuk mengobati penyakit kanker…

Penyakit
Komplikasi Radang Amandel Dan…

Komplikasi radang amandel dan…

Alami
Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa…

Manfaat mengkonsumsi ari kelapa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Perawatan Khusus Pasca Operasi Amandel Paling Efektif

Perawatan khusus pasca operasi amandel…

Kesehatan
Ini Pantangan Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah !

Berikut adalah berbagai jenis pantangan…

Kirim Pertanyaan
Top