Jangan Dibuang! Bagian Buah dan Sayur Ini Ternyata Bermanfaat

Share dan Tag Temanmu di :

Agar tubuh tetap sehat dan fit, tidak jarang kita sering disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat. Diantara banyaknya jenis makanan sehat yang direkomendasikan, buah dan sayur merupakan salah satu diantaranya dan teramsuk yang paling banyak disarankan untuk dikonsumsi. 

Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi yang baik dan penting bagi tubuh. Kandungan nutrisi serta manfaat yang dimilikinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Maka dari itu, buah dan sayur menjadi bagian penting dalam hidup sehat. 

Mungkin kita hanya mengetahui jika hanya bagian daging buahnya saya yang bisa dikonsumsi dan mengandung nutrisi, begitu juga dengan sayur. Padahal, selain itu, bagian batang, akar, biji, atau kulit dari buah dan sayur ternyata juga bisa dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 


Bagian buah dan sayur, seperti kulit buah, batang sayuran, atau biji yang sering dibuang ternyata memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Berikut ini merupakan beberapa manfaat bagian buah dan sayur yang sering dibuang, diantaranya :

  • Batang bayam

Kita sering kali hanya mengambil bagian daun bayam untuk diolah dan dikonsumsi serta membuang sebagian besar batangnya. Padahal, batang bayam mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan daunnya. Maka dari itu, hentikan kebiasaan membuang bagian batang bayam saat mengolahnya. 

  • Kulit kentang

Pernahkah Anda melihat, atau mungkin Anda termasuk salah satu dari orang yang sering menyajika kenyang dengan kulitnya yang masih menempel ? Ternyata hal ini dilakukan agar kandungan vitamin C, B, zat besi, kalium, dan nutrisi yang ada didalam kulit kentang tidak terbuang sia-sia. Maka dari itu, agar kandungan nutrisi dalam kita bisa didapatkan secara maksimal, mulai sekarang Anda bisa mengolahnya tanpa membersihkan kulitnya. Namun, pastika jika Anda mencucinya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. 

  • Batang brokoli

Sayuran hijau ini sering direkomendasikan untuk dikonsumsi karena khasiatnya yang baik bagi kesehatan. Sebagian besar kreasi brokoli hanya memanfaatkan bagian kepala bunganya saja, dan membuang batangnya. Padahal, bagian batang brokoli juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat sayang sekali jika dibuang. Meskipun memiliki tekstur yang sedikit keras, namun Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian, agar lebih mudah dikonsumsi dan diolah bersama dengan bagian kepala bunganya. 

  • Daun lobak

Daun lobak ternyata bisa dikonsumsi dengan cara ditumos. Daun tersebut kaya akan kandungan vitamin A, K, zat besi, kalium, dan berbagai sumber serat yang diperlukan oleh tubuh. Jadi, mulai sekarang lebih baik mengonsumsi kedua bagian tersebut beserta daun dan akarnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. 

  • Biji labu kuning

Labu kuning memiliki biji yang cukup banyak seperti buang melon. Apakah Anda tahu, jika selain daging buahnya, biji labu kuning ini juga bisa dikonsumsi ? Biji labu kuning mengandung magnesium, zat besi, protein, dan fitosterol yang bsia menurunkan kadar kolesterol buruk dan mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, osteoporosis, dan sakit kepala. 


  • Kulit buah sitrus

Ada banyak jenis buah sitrus yang biasa dikonsumsi, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan masih banyak lagi. Sebagian besar orang hanya mengonsumsi daging buahnya dan membuat kulitnya karena dianggap tidak layak untuk dikonsumsi. Namun, menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 menunjukkan bahwa kulit buah sitrus ternyata bisa menurunkan kolesterol lebih ampuh dibandingkand engan beberapa obat kolesterol yang diresepkan dokter.

Kandungan flavonoid polmoksilasi yang dimilikinya bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan peradangan di tubuh. Kulit sitrus memang memiliki rasa yang pahit jika dikonsumsi secara langsung. Maka dari itu, Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu. Caranya, rendam bagian kuilt jeruk di dalam air, potong sesuai keinginan, kemudian campurkan pada menu masakan Anda. 

  • Kulit semangka

Siapa yang tidak suka dengan buah yang satu ini. Dengan rasanya yang manis dan menyegarkan, buah semangka sangat pas dikonsumsi saat cuaca terik di siang hari. Semangak sering dijadikan sebagai es buah atau rujak. Buahnya mengandung banyak air sehingga cocok dikonsumsi ketika cuaca panas. 

Kandungan asam amino yang disebut L-citruline didalamnya dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi nyeri pada otot. Selain itu, citruline juga berperan dalam menghilangkan nitrogen dalam darah. Ternyata kandungan asam amino tersebut tidak hanya ada dibagian buahnya saja, tetapi bagian kulit semangka pun mengandung nutrisi yang sama. 

  • Kulit apel

Sebagian orang mungkin lebih suka mengonsumsi apel yang telah dibuang kulitnya. Ini dilakukan karen akulitnya seringkali tidak termakan karena keras dan sulit hancur ketika dikunyah.

Namun, perlu diketahui, kulit apel mengandung quercetin, yaitu salah satu antioksidan yang menjaga kesehatan paru-paru dan otak. Selain itu, apel yang dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya juga mengandung lebih banyak serat dan vitamin dibandingkan dengan hanya mengonsumsi apel yang sudah dibersihkan kulitnya. 

Jika Anda tidak menyukai tekstur kulit apel yang keras, maka Anda bisa menikmati buah apel seklaigus dengan kulitnya dengan cara diolah menjadi jus. Ini akan lebih mudah dan rasanya tentu tidak kalah nikmat. Namun, pastikan terlebih dahulu jika buahnya sidah dicuci dengan bersih. 

  • Daun buah bit

Mungkin hanya sebagian kecil orang yang sudah mengetahui tentang buah bit. Buah ini termasuk jenis tanaman umbi-umbian yang menyerupai kentang yang berwarna ungu kemerahan. Biasanya orang-orang hanya mengonsumsi bagian akarnya saja. Namun, daun pada tanaman ini ternyata juga bisa dikonsumsi. 

Daun buah bit mengandung berbagai serat utama, kalsium, zat besi, vitamin A, dan K. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolah daun buah bit dengan cara ditumis, dan rasanya hampir sama seperti kangkung. 

By Sri Maryati - Manfaat Sabtu, 24 Februari 2018 14:55:05

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Inilah Bahaya Minum…

Waspadai Bahaya Minum Kopi…

Alami
Resep Garam dan Bawang…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Manfaat
Manfaat Daging Trenggiling si…

Trenggiling yang merupakan hewan…

Penyakit
Gejala Diabetes Tipe 1…

Gejala diabetes tipe 1…

Ibu Hamil
Inilah Ciri-Ciri Rubella pada…

Inilah ciri-ciri rubella pada…

Penyakit
Penyebab Gejala dan Jenis-jenis…

Penyebab gejala dan jenis-jenis…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Daun Apel yang Tidak Banyak Diketahui

Bukan hanya buah apel saja…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan dan manfaat oatmeal bagi…

Manfaat
Manfaat Trigliserida dalam Tubuh yang Perlu Diketahui

Jika dalam kadar normal, trigliserida…

Kirim Pertanyaan
Top