Waspada! Ini Resiko Dan Bahaya Sedot Lemak Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya sedot lemak tak jarang memiliki efek buruk untuk kesehatan dan juga tubuh. Sehingga bagi anda yang tertarik ingin melakukan prosuder ini, sebaiknya selain mempertimbangkan berbagai keuntungannya, anda juga sebaiknya mempertimbangkan dengan matang berbagai resiko operasi sedot lemak yang kemungkinan muncul.


Pada saat ini, mungkin kita tak jarang mendengar beberapa kalangan dari selebritas maupun para pejabat tinggi yang rela untuk merogoh kocek yang cukup dalam untuk  melakukan sedot lemak. Hal tersebut tak semata dilakukan hanya demi mendapatkan tampilan tubuh yang lebih ramping dan seksi tanpa adanya gumpalan lemak.

Sedot lemak atau liposuction adalah prosedur bedah untuk menyingkirkan lemak dari area tubuh tertentu, yang dilakukan oleh dermatologis dan ahli bedah plastik. Prosedur ini biasanya dilakukan oleh mereka yang telah melakukan olahraga dan diet, namun lemak membandel di area tubuh, seperti di perut, bokong, paha, lengan betis maupun area wajah termasuk pipi tak kunjung hilang. Dan tujuan utama dari prosedur ini adalah kecantikan dan pilihan utama untuk kesehatan seperti obesitas.

Meski sedot lemak bisa menjadi cara instan untuk membuang tumpukan lemak pada tubuh, namun sayangnya prosedur ini ternyata memiliki resiko tersendiri yang sebaiknya perlu diketahui sebelum anda memutuskan untuk melakukannya. Lalu, apa saja resiko sedot lemak pada tubuh? anda bisa bisa mengetahuinya dalam ulasan singkat berikut.

Resiko dan bahaya sedot lemak untuk kesehatan tubuh

Berikut adalah berbagai bahaya bahkan komplikasi yang di timbulkan dari operasi sedot lemak, baik jenis sedot lemak tumescent, sedot lemak laser dan juga sedot lemak ultrasound.

1. Pembengkakan pada daerah yang dilakukan penyedotan lemak

Bahaya pertama yang kemungkinan muncul setelah menjalani prosedur operasi enyedotan lemak adalah munculnya pembengkakan pada daerah yang dilakukan penyedotan lemak. Pembengkakan tersebut mungkin dapat terjadi hingga beberapa bulan, denga bagian tubuh yang terlihat membiru dan agak memar. Bahkan akan terasa sakit apabila disentuih. Pembengkakan tersebut bisasaja bersifat permanen apabila terjadi kesalahan dalam prosedur yang dilakukan oleh dokter.

2. Alergi

Dampak negatif lainnya yang kemungkinan muncul dari sedot lemak adalah menyebabkan elergi pada bagian tubuh yang dilakukan sedot lemak maupun pada bagian tubuh lainnya. Alergi tersebut, bisanya berupa penyakit kulit, seperti munculnya ruam atau bintik-bintik merah pada kulit, yang tak jarang menyebabkan rasa gatal bahkan perih dan sakit pada bagian kulit yang mengalami alergi tersebut.

3. Mati rasa pada daerah yang dilakukan sedot lemak

Operasi sedot lemak juga tak jarang menyebabakan dapak berupa terjadinya mati rasa pada bagian tubuh tertentu, terutama bagian tubuh yang disedot lemaknya. Hal ini menyebabkan kulit dan juga sensitifitas peraba pada bagian tersebut menjadi berkurang bahkan menjadi hilang. Kondisi tersebut bisa terjadi selama beberapa hari, bahkan akan sering kambuh seiring bejalannya waktu.

4. Peradangan dan infeksi

Bahaya dari sedot lemak berikutnya adalah  mampu menyebabkan peradangan dan juga infeksi. Hal ini berkaitan dengan bekas operasi dan juga alergi yang kemungkinan didalami oleh pasien pasca prosedur liposuction tersebut. Infeksi ini sendiri mampu menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya, seperti masuknya bakteri ke dalam tubuh hingga memicu beragam jenis penyakit  temasuk infeksi salura kencing.

5. Keruksakan pada saraf dan tekstur kulit

Keruksakan pada struktur dan juga kontur kulit bisa terjadi akibat operasi penyedotan lemak ini. Kondisi ini tak jarang menyebabkan kulit pasien mengalami keriput bahkan kulit mengalami benjolan-benjolan yang mengakibatkan kulit menjadi kasar dan juga tidak merata layaknya varises. Bahkan keruksakan kulit ini lebih tinggi terjadi pada pasien yang memiliki elastisitas kulit yang burul. Sehingga memicu terjadi keruksakan pada kontur kulit setelah dilakukannya prosedur liposuction ini.

6. Metabolisme tubuh yang tidak terkontrol dengan baik

Setelah melakukan operasi sedot lemak, metabolisme tubuh pada beberapa pasien juga menjadi tidak dapat terkontrol dengan baik. Hal tersebut tak jarang menyebabkan mereka akan mengalami beberapa gangguan yang disebabkan oleh tidak terjaganya metabolisme tubuh dengan baik, seperti halnya daya tahan tubuh yang menurun, mudah terserang penyakit dan juga mudah terasa lelah.

7. Komplikasi penyakit jantung dan ginjal

Obat-obatan yang dikonsumsi setelah melakukam proses operasi penyedotan lemak bisanya mampu mempengaruhi kesehatan ginjal paseiennya. Karena sejatinya tidak semua jenis obat cocok dengan tubuh pasien. Karena ada beberapa jenis obat yang menyebabkan ginjal pasien harus bekerja leboh keras melakukan penyaringan, yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan yang bisa menimbulkan penyakit ginjal.

Selaingangguan pada ginjal, komplikasi pasca sedot lemak lainnya untuk kesehatan adalah dapat mengganggu kesehatan jantung, kehilangan banyak cairan dan darah, penggumpalan lemak atau darah di paru-paru hingga penumpukan cairan di paru-paru.

8. Kematian

Kematian juga dapat terjadi sesaat setelah melakukan operasi sedot lemak. Biasanya hal tersebut disebabkan kondisi tubuh yang mungkin tidak dapat melakukan toleransi terhadap obat bius tertentu. Hal ini juga mampu menyebabkan fungsi tubuhnya menjadi sangat berkurang dan juga menurun. Kondisi tentu saja sangat berbahaya dan kemungkinan buruk dari hal tersebut adalah kematian mendadak bagi pasiennya setelah menjalani operasi tersebut.

Nah itulah berbagai bahaya sedot lemak untuk tubuh, Namun apabila anda tetap ingin menjalani prosedur ini, hal yang dapat anda lakukan untuk meminimalkan timbulnya berbagai resiko yang telah di sebutkan diatas adalah dengan berkonsultasi sebaik mungkin dengan dokter dan memenuhi kriteria melakukan sedot lemak. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 26 Februari 2018 11:00:42

Related Post :
Alami
Cara Alami Melancarkan Peredaran…

Cara alami melancarkan peredaran…

Tips
Tips Cara Memilih Minyak…

Mulai dari sekarang jangan…

Daun
Manfaat Daun Ciplukan Beserta…

Berikut adalah khasiat dan…

Obat Kimia
Daftar Nama Obat Anyang-Anyangan…

Referensi nama dan merk…

Alami
Obat Penurun Kolesterol Tinggi…

Obat penurun kolesterol tinggi…

Ibu Dan Anak
Mengenal Kadar Bilirubin Pada…

Mengenal kadar bilirubin pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Makanan Sehat Yang Dianjurkan Bagi Penderita Fistula Ani

Makanan sehat yang dianjurkan bagi…

Kesehatan
Ketahui 4 Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang

Ketahui 4 makanan yang tidak…

Kesehatan
Bahaya Sering Memakai Celana Jeans Ketat Pria Dan Wanita

Bahaya sering memakai celana jeans…

Kirim Pertanyaan
Top