Mengenal Sindrom Gilbert Penyebab Pembalap MotoGP Ini Mundur

Share dan Tag Temanmu di :

Baru-baru ini, dunia balap motoGP dikejutkan dengan kabar mundurnya salah satu pembalap andalan tim Monster Yamaha Tech 3, Jonas Folger dari arena kelas bergengsi musim 2018. Hal tersebut disebabkan karena pembalap yang berusia 24 tahun tersebut didiagnosa mengidap penyakit sindrom Gilbert

Penyakit tersebut sudah mulai mengganggu aktivitas pembalap MotoGP tersebut sejak Oktober 2017 lalu, beberapa waktu menjelang MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi. Dan perlu diketahui, ternyata Folger sudah mengidap penyakit ini sejak tahun 2011.

Sejak di Motegi, kondisi kesehatan Folger terus menurun. Bahkan ia mengaku sempat mengalami 6 minggu yang berat karena tubuhnya benar-benar lemah, sehingga ia harus terus beristirahat menjalani proses pengobatan. 


Lalu, apa itu Sindrom Gilbert ?

Melansir dari Wikipedia, Sindrom Gilbert (Gilbert's Syndome) merupakan sindrom yang disebabkan oleh defisiensi enzim UGT pada lintasan glusuronik senyawa endogenus, yaitu bilirubin. Penderita GS lebih rentan terhadap efek toksin yang ditimbulkan oleh analgesik seperti asetaminofen. Penimbunan bilirubin yang terjadi pada GS dapat menimbulkan simtoma penyakit kuning

Sindrom GS disebabkan oleh mutasi gen yang diwariskan. Seseorang bisa mengidap sindrom ini sejak lahir namun baru diketahui bertahun-tahun kemudian. Sebenarnya penyakit ini termasuk kelainan genetik yang tidak berbahaya. Diagnosa sindrom Gilbert seringkali diketahui secara kebetulan, seperti ketika sedang melakukan tes darah kemudian hasil pemeriksaan menunjukkan kadar bilirubin meningkat. 

Penyakit ini cukup langka dan hanya dialami oleh 2% sampai 5% dari total penduduk dunia. Bahkan penyakit ini baru masuk dalam catatan medis pada tahun 1901.

Sindrom ini bisa dialami oleh semua ras, tetapi mereka yang berasal dari Amerika Serikat atau Eropa cenderung lebih rentan terkena penyakit ini, khususnya yang berjenis kelamin laki-laki. Sindrom Gilbert juga dikenal dengan sebutan disfungsi hati konstitusional atau penyakit kuning nonhemolitik familial. 

Sindrom Gilbert terjadi jika penderitanya mengalami dehidrasi, merasa lapar, atau mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga bisa memicu meningkatnya bilirubin dalam darah yang menjadi penyebab penyakit tersebut, seperti diantaranya :

  • Sakit, seperti demam atau flu
  • Puasa atau melakukan diet dengan kalori sangat rendah
  • Menstruasi
  • Stres
  • Olahraga berat
  • Kurang tidur

Penderita sindrom Gilbert ini akan mudah merasa lelah, tubuh terasa lemah, gangguan pada sistem pencernaan seperti mual, perut tidak nyaman, hingga mengalami diare. Sayangnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan dan hanya bisa dicegah gejalanya. 

Cara untuk mencegah sindrom Gilbert yaitu dengan selalu mengonsumsi makanan yang sehat, diet rendah kalori, tidak melewatkan waktu makan, dan sebaiknya tidak berpuasa. Selain itu, penderita juga harus menghindari stres dengan cara lebih menikmati kehidupan atau melakukan olahraga pernapasan dan meditasi. 

Sindrom Gilbert dianggap sebagai kondisi yang sedang, tidak berbahaya, dan tingkat harapan hidup penderita juga normal. Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga situasi agar tingkat bilirubin dalam darah selalu terkontrol. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 26 Februari 2018 11:43:31

Related Post :
Manfaat
Ini Dia Manfaat Tak…

Kacang walnut memiliki manfaat…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Daging…

Mengetahui kandungan nutrisi lengkap…

Alami
Bahan Alami untuk Bantu…

Selain dapat meningkatkan kolesterol,…

Alami
Obat Diabetes Alami Bebas…

obat diabetes basah dan…

Tips
8 Cara Mudah Menjaga…

Cara menjaga kesehatan pencernaan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Punya Masalah Bau Badan? Atasi Dengan Cara Alami Ini !

Punya Masalah Bau Badan? Atasi…

Kesehatan
Mengenal Sindrom Tourette yang Dialami Tora Sudiro

Beberapa waktu lalu Tora Sodiro…

Kesehatan
Makanan Pencegah Kanker Serviks Paling Efektif

Makanan pencegah kanker serviks paling…

Kirim Pertanyaan
Top