Waspadai Maraknya Gorengan Plastik! Ini Cara Membedakannya

Share dan Tag Temanmu di :

Di Indonesia, gorengan merupakan salah satu cemilan yang cukup banyak digemari. Bahkan, kita bisa dengan mudah menjumpai penjaja gorengan yang banyak berjualan di pinggir jalan. Rasa gorengan yang renyak dan nikmat bisa membuat kita ketagihan untuk terus mengonsumsinya. Namun, kabar tentang maraknya gorengan plastik membuat sebagian besar orang khawatir untuk mengonsumsinya. 

Untuk meraup untung, tidak sedikit para pedagang gorengan yang mencampur minyak dengan plastik agar rasanya menjadi lebih renyah. Padahal, ini sangat berbahaya. Hal ini bisa membuat siapapun mengalami gangguan pencernaan hingga kanker. 

Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan untuk membedakan gorengan plastik dengan yang asli ?


Menurut pakar kesehatan, mengonsumsi gorengan saja sudah bisa memberikan efek negatif terhadap kolesterol, berat badan, atau bahkan tekanan darah tinggi. Apalagi jika gorengan ini juga diolah dengan minyak goreng yang dicampur dengan plastik. Jika kita sampai mengonsumsi gorengan ini, maka dikhawatirkan risiko untuk terkena kanker akan semakin meningkat dengan signifikan. 

Untuk menghindari hal tersebut, salah satu cara yang  bisa dilakukan yaitu dengan mengetahui cara membedakan mana gorengan yang diolah dengan minyak bercampur plastik dan mana gorengan yang asli. Untuk mengetahui perbedaannya, bisa dilakukan dengan cara mencium aroma gorengan tersebut. Jika ada sensasi seperti bau gosong seperti plastik yang terbakar, maka besar kemungkinan jika gorengan tersebut memiliki kandungan plastik

Selain itu, ketika ditiriskan, warna gorengan terlihat jauh lebih mengkilat karena adanya elemen plastik. Tekstur gorengan juga cenderung lebih renyah, kriuk, dan terlihat lebih menarik. Saat gorengan sudah mulai mendingin, maka akan muncul bercak warna keputihan pada gorengan tersebut yang merupakan bahan plastik yang sudah menggumpal. 

Jika kita masih penasaran, ada cara membedakan gorengan plastik lain yang bisa dilakukan, yaitu kita bisa membakar salah satu gorengan yang dibeli. Jika gorengan ini meleleh seperti lilin, maka gorengan ini sepertinya memang diolah didalam minyak yang telah dicampur dengan plastik.

Gorengan yang diolah dengan minyak berplastik juga cenderung lebih awet, tahan lama, dan walaupun sudah dingin, gorengan ini akan tetan renyah. Sedangakn gorengan biasa cenderung akan menjadi lebih lembek dan tak lagi renyah setelah dingin. 

Maka dari itu, disarankan untuk selalu berhati-hati dalam membeli gorengan agar tidak sampai mengonsumsi gorengan yang tidak sehat. Selain itu, jangan mengonsumsi gorengan terlalu sering, meskipun diolah dengan cara yang benar untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap sehat dan mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 27 Februari 2018 14:19:42

Related Post :
Penyakit
Waspada! Gejala Kanker Kulit…

Waspadai! Ternyata terdapat gejala…

Penyakit
Komplikasi dan Cara Mencegah…

Gondongan merupakan salah satu…

Penyakit
Ketahui Penyebab Kemandulan Pada…

Kemandulan (infertilitas) adalah sesuatu…

Kesehatan
Inilah Jenis-jenis Susu Yang…

Jenis-jenis susu yang baik…

Ibu Dan Anak
Kenalkan Sayuran pada Anak…

Tidak sedikit anak yang…

Daun
Berbagai khasiat Dan manfaat…

Selain buahnya, nyatanya khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Manfaat Terapi Bekam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat terapi bekam untuk kesehatan…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Buah Nangka Bagi Penderita Maag

Nangka merupakan buah yang kaya…

Kesehatan
Menyegarkan! Inilah Berbagai Resep Infused Water Untuk Diet

Selain menyegarkan, berbagai resep infused…

Kirim Pertanyaan
Top