Fungsi Suplemen Pelindung Kulit Squalene

Share dan Tag Temanmu di :

Squalene merupakan sebuah senyawa organik yang terdapat dalam tubuh manusia, tumbuhan, maupun hewan. Pada manusia dan hewan, senyawa ini diproduksi oleh organ hati dan dialirkan lewat darah secara menyeluruh pada tubuh. Fungsi squalene yakni untuk melindungi permukaan kulit dari paparan sinar ultraviolet dan sumber radiasi lainnya. Oleh karena itu, senyawa ini banyak digunakan sebagai salah satu komposisi untuk merawat kulit. Squalene dijadikan pula sebagai salah satu komposisi suplemen dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sumber utama unsur ini terdapat pada minyak dari organ hati ikan hiu.


Tergolong sebagai suplemen dan emolien yang dijual secara bebas di apotek, fungsi suplemen pelindung kulit squalene diantaranya adalah untuk melembapkan kulit kering, sensitif, maupun sedang dalam peradangan atau dermatitis. Suplemen ini juga bisa meningkatkan energi serta sistem kekebalan tubuh. Bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa, squelene berupa suplemen berbentuk kapsul sementara squelene berupa emolien berbentuk obat oles. Meski bisa dibeli secara bebas di apotek, namun jika ragu dalam menggunakannya, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Terlebih jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui. Begitu juga untuk anak-anak dan bayi, sebaiknya sebelum mengonsumsi suplemen ini berdiskusi dulu dengan dokter.

Penentuan dosis squalene disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk obat yang berbentuk suplemen, umumnya satu kapsul per hari. Sementara untuk emolien, umumnya hanya dioleskan secukupnya dua kali sehari. Sebelum menggunakan squalene, terlebih jika tidak berdiskusi dulu dengan dokter, biasakan untuk membaca keterangan pada kemasan. Memang untuk ibu hamil dan menyusui, dampak buruk dari suplemen pelindung kulit ini jarang sekali terjadi. Namun ada baiknya sebelum menggunakan suplemen ini, dokter diajak konsultasi.

Jika mengonsumsi suplemen pelindung kulit squalene yang berbentuk kapsul, sebaiknya mengonsumsinya bersama dengan makanan. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir efek samping. Sementara untuk penggunaan dalam bentuk obat oles sebaiknya dipakai setelah mandi agar kulit bersih. Jangan lupa untuk menyeka kulit sampai benar-benar kering sebelum mengoleskan krim squalene. Jika iritasi timbul, hentikan penggunaan. Jika Anda lupa mengonsumsi atau mengoleskan squalene, dianjurkan untuk segerla melakukannya saat ingat. Tapi jangan sampai dosis squalene digandakan untuk mengganti dosis yang terlupa.

Penggunaan squalene sebenarnya minim efek samping. Terlebih jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Namun pada beberapa kasus, bisa saja efek samping terjadi seperti pembengkakan atau ruam di kulit. Jika hal tersebut terjadi, segera hentikan penggunaan.

By Sri Maryati - Kulit Sabtu, 20 Agustus 2016 08:09:25

Related Post :
Tips
Tips Cara Memilih Bedak…

Anda perlu cerdas dalam…

Penyakit
Penyebab Dan Tanda Gejala…

Penyebab dan tanda gejala…

Kewanitaan
Mengalami Iritasi Atau Gatal…

Anda tengah mengalami vagina…

Kewanitaan
Normalkah Volume Darah Haid…

Normalkan volume darah haid…

Kesehatan
Amankah Mengatasi Rematik dengan…

Pada umumnya, penyakit ini…

Alami
Gusi Berdarah? Coba Atasi…

Cara alami atasi gusi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
Rahasia Perawatan Kulit Cantik Alami Song Song Couple

Dibalik wajahnya yang sempurna, halus,…

Kulit
Wajib Tahu! Bahan Alami Ini Bisa Bantu Atasi Kanker Kulit

Apakah Anda sedang mencari solusi…

Kulit
Penyebab dan Cara Penanganan Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris merupakan penyakit kulit…

Kirim Pertanyaan
Top