Catat! Inilah Berbagai Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia

Share dan Tag Temanmu di :

Pantangan makanan untuk penderita anemia berikut sebaiknya harus di hindari dan tidak dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan apabila beberapa jenis makanan ini dikonsumsi, maka dapat memicu kondisi yang lebih buruk pada penderita anemia.


Apakah anda termasuk seseorang dengan segudang kegiatan? Jika iya, sebaiknya anda hati-hati. Karena kesibukan sehari-hari yang sangat padat, bahkan tanpa diimbangi dengan istirahat yang cukup sangat rentan terkena berbagai jenis penyakit, termasuk anemia.

Anemia sendiri adalah kondisi klinis yang mempengaruhi banyak orang, terutama wanita. Kondisi ini sendiri ditandai dengan berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah. Meskipun banyak faktor yang bertanggung jawab atas produksi sel darah merah dalam tubuh, kekurangan zat besi dan folat adalah penyebab utamnya.

Ada banyak makanan penambah darah kaya zat besi dan asam folat yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin. Namun, ada beberapa makanan tertentu yang justru malah menghambat penyerapan zat gizi tersebut. Maka dari itu, penderita anemia mungkin harus berhati-hati dalam memilih makanan.

Pantangan makanan untuk penderita anemia yang perlu dijauhi

Sebagaimana yang telah dilansir dari berbagai sumber informasi terpercaya, setidaknya terdapat 7 makanan dan minuman yang mungkin perlu anda hindari, jika anda kini tengah mengidap penyakit anemia. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Gorengan

Makanan yang satu ini menjadi makanan pantangan pertama yang harus dijauhi oleh penderita anemia.  Di proses dengan cara digoreng, makanan yang satu ini terbuukti mampu memicu terghambatnya aliran darah, menurunkan kualitas keping darah merah hingga meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh.

2. Mie instan

Tingginya kandungan zat pengawet dan perasa buatan dalam mie instan menjadikan makanan yang satu ini juga sebaiknya dihindari oleh penderita anemia. Selain resnsdah gizi dan serat, memakan mie instan juga terbukti dapat menghambat proses pengikatan nutrisi dalam tubuh. Dan hal inilah yang akhirnya membuat anemia anda menjadi semakin parah.

3. Makan bercita rasa masam

Selain mampu meningkatkan resiko kambuhnya penyakit maag, mengkonsumsi makanan bercitarasa masam seperti cuka, nanas, mangga muda dan lainnya diketahui mampu menurunkan nafsu makan. Dan jika hal ini terus berlanjut, maka tubuh akan kekurangan zat besiyang notabennya merupakan salah satu asupan zat penting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat.

4. Minuman berlakohol

Pantangan makanan dan minuman selanjutnya untuk penderita enamia adalah minuman beralkohol. Dan nyatanya, asupan alkohol berlebih terbukti tidak hanya mampu menurunkan sel darah merah, melainkan juga turut memicu penyumbatan aliran darah ke otak.

5. Minuman bersoda

Selain mampu menghilangkan dahaga, minuman ini juga dapat memberikan efek frenzy yang menyegarkan. Namun faktanya, minuman ini mengandung zat adiktif serta pengawet, yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, sekaligus menghambat penyerapan gula alami yang terkandung didalam sayuran dan buah-buahan yang anda konsumsi.

Dan sebagai dampaknya, tubuh akan kesulitan dalam memproduksi sel darah merah yang baik dan berkualitas. Dan oleh sebab itu, jika anda kini tengah menderita anemia sebaiknya anda tidak mengonsumsi minuman yang satu ini.

6. Makan berserat rendah

Jika anda kini tengah menderita anemia, sebaiknya anda juga tidak mengonsumsi makanan yang rendah akan serat seperti hanya kue atau cake. Untuk itu, gantilah asupan makanan tadi dengan sayuran dan buah-buahan segar. Selain baik untuk sistem pencernaan, sayur dan buah juga terbukti mampu mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

7. Sayuran pahit

Sayuran pahit layaknya daun pepaya dan juga pare sebaiknya dihindari oleh penderita anemia. Alasannya tak lain karena beberapa jenis sayuran tersebut dapat membuat energi anda menjadi semakin menurun. Dan sebagai dampaknya anda lebih merasa lemas dan lesu.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi pantangan makanan untuk penderita anemia menurut berbagai sumber lainnya. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi perantara kesembuhan bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 28 Februari 2018 10:43:46

Related Post :
Manfaat
Manfaat Zat Asam Glikolat…

Asam glikolat merupakan zat…

Kesehatan
Ingin Terhindar Dari Flu…

Anda ingin terhindar dari…

Daun
Khasiat Dan manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Penyebab dan gejala stroke…

Penyakit
Ketahui Ciri-ciri Sakit Pinggang…

Mengetahui ciri-ciri sakit pinggang…

Ibu Dan Anak
Cara Cepat Menumbuhkan Rambut…

Cara cepat menumbuhkan rambut…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab Dan Cara Menghilangkan Kutu Rambut Agar Tidak Kembali

Penyebab dan cara menghilangkan kutu…

Kesehatan
Diagnosis Dan Pengobatan Sakit Leher

Informasi tentang diagnosis dan pengobatan…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top