Benarkah Jambu Biji Bisa Meningkatkan Jumlah Trombosit?

Share dan Tag Temanmu di :

Menurunnya jumlah trombosit merupakan salah satu gejala penyakit demam berdarah yang sering timbul. Pada tubuh orang yang sehat, jumlah trombosit yang normal yaitu antara 150 ribu sampai 450 ribu per microliter. Trombosit yang diproduksi dalam sumsumtulang ini berperan penting dalam proses pembekuan darah, sehingga orang yang jumlah trombositnya turun sangat rentan mengalami perdarahan. 

Dalam proses produksi trombosit terdapat hormon khusus yang mengaturnya, yaitu hormon trombopoietin. Hormon tersebut yang akan menentukan, apakah akan menghasilkan trombosit dalam jumlah banyak atau tidak dan mengatur kadar trombosit agar tetap normal.

Saat Anda terluka, maka keping darah yang ada dipembuluh darah langsung berkumpul dan akhirnya menggumpalkan darah. Hal inilah yang kemudian membuat darah dari luka mengalir. Ketika trombosit sudah kehabisan karena luka atau peradangan yang cukup parah, maka trombopoietin akan menerima sinyal dan langsung menyuruh sumsum tulang untuk membuat kepingan darah lagi. 

Nah, hal yang sama juga terjadi ketika Anda mengalami demam berdarah, dimana virus dapat memicu terjadinya penggumpalan darah yang mengonsumsi banyak kepingan darah. Selain itu, virus dengue juga dapat menekan produksi keping darah di sumsum tulang akan membuat sel dan jaringan rusak hingga membuat peradangan. Ketika trombosit yang digunakan dalam proses penggumpalan terlalu banyak dan yang dihasilkan tidak cukup, maka akhirnya terjadi trombositopenia atau jumlah trombosit turun. 


Untuk membantu mengatasi hal tersebut, banyak orang yang  bisa jika kita harus mengonsumsi jambu biji. Disebutkan bahwa jambu biji bisa meningkatkan jumlah trombosit yang turun akibat penyakit demam berdarah. Benarkah demikian ?

Sampai saat ini telah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat jambu biji untuk penderita demam berdarah, yaitu mampu membuat kadar trombosit naik. Ketika terkena virus demma berdarah yang ditularkan melalui gigitan nyamuk tersebut masuk ke dalam tubuh, maka gejala yang biasanya akan timbul adalah turunnya trombosit dalam tubuh. 

Kondisi ini akan membuat tubuh tidak bisa menggumpalkan dan membekukan darah jika terjadi luka, sehingga perdarahan pun akan terjadi. 

Bagaimana jambu biji bisa membuat trombosit naik ?

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 lalu mengungkapkan bahwa zat aktif yang ada didalam jambu biji, yaitu trombinol, mampu merangsang trombopoitein lebih aktif, sehingga dapat menghasilkan keping darah yang lebih banyak. Hal ini tentunya dapat menolong penderita demam berdarah yang sedang mengalami penurunan trombosut. 

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang ada didalam jambu biji juga cukup ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam 100 gram jambu biji terkandung sekitar 228 mg vitamin C. 

Lalu, apa hubungan sistem kekebalan tubuh yang kuat dengan trombosit naik ? 

Ketika tubuh terserang virus demam berdarah, sebenarnya sel darah putih yang menjadi pasukan utama dari sistem kekebalan tubuh tidak diam saja. Didalam tubuh, sel darah putih sedang berperang melawan virus. Namun, virus mampu melemahkan sel darah putih. 

Ketika sistem kekebalan tubuh kuat dan normal, maka sel darah putih dapat memberikan perlawanan yang baik terhadap virus, bahkan hingga mengalahkannya. Hal ini yang kemudian membuat kondisi Anda kembali membaik, begitu juga dnegan jumlah trombosit yang akan kembali normal. 

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi jambu biji saat virus demam berdarah menyerang. Selain kandungannya yang bisa membantu trombosit naik, jambu biji juga baik sebagai sumber serat dan cairan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 01 Maret 2018 10:54:14

Related Post :
Kesehatan
Jangan Konsumsi Makanan Ini…

Mengatur pola makan sehat…

Manfaat
Khasiat Ikan Gabus Bantu…

Selain mengonsumsi obat dokter,…

Kesehatan
Sering Merasa Haus? Waspada…

Anda sering merasa haus?…

Kesehatan
Mengetahui Nilai Kesehatan Dibalik…

Minuman Es Kepal Milo…

Kesehatan
Pantangan Dan Anjuran Makanan…

Pantangan dan anjuran makanan…

Penyakit
Metode Histerektomi Untuk Mengatasi…

Metode operasi histerektomi untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Makanan ini tidak boleh dikonsumsi…

Kesehatan
Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Yang Asin

Bahaya terlalu banyak konsumsi makanan…

Kesehatan
Begini Cara Kerja Pil PCC Rusak Susunan Saraf Otak

Penyalahgunaan pil PCC dapat menyebabkan…

Kirim Pertanyaan
Top