Waspada! Ini Bahaya Anemia Yang Sering Kali Di Sepelekan Wanita

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya anemia sebaiknya jangan disepelekan. Lantaran kondisi ini bisa menjadi lebih memburuk jika tidak segera ditangani dengan tepat. Lalu, apa saja dampak anemia yang bersifat berbahaya tersebut? selengkapnya simak informasi berikut ini.


Anemia atau kekurangan sel darah merah adalah gangguan kesehatan yang cukup banyak diderita khususnya oleh masyarakat Indonesia. Sel darah merah sendiri nyatanya memiliki peranan yang sangat penting lantaran didalamnya mengandung hemoglobin, yang mana merupakan suatu senyawa protein yang pembawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Adapun penyebab anemia sendiri sangatlah beragam. Namun kekurangan zat besi dianggap sebagai pemicu utama dari kondisi ini. Karena zat besi sendiri diketahui merupakan pembentuk hemoglobin atau bagain dari sel darah merah.

Kondisi tubuh yang tidak memiliki gejala khas. Dan menurut dokter dari Divisi Hematologi-Onkologi Medik FKUI-RSCM, Dr. Nadia Ayu Mulansari SpPD, bahwasannya gejala anemia akan baru dirasakan pada stadium lanjut, padahal kekurangan zat besi telah terjadi sejak stadium awal. "Oleh sebab itu ini harus lebih diwaspadai" tegasnya saat jumpa pers edukasi anemia di Jakarta.

Bahaya anemia yang perlu anda waspadai

Anemia adalah suatu kondisi yang tak jarang disepelekan khususnya oleh para wanita. Padahal dibandingkan pria, wanita memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami kondisi ini. Terutama pada ibu hamil, wanita yang baru melahirkan ataupun wanita yang mengalami haid berlebih. Bahkan tak hanya pada dewasa, kondisi ini juga dialami oleh anak-anak.

Menurut Dr. Nadia, anemia bisa menjadi kondisi yang berbahaya. Hal tersebut lantaran bisa menjadi salah satu gejala penyakit atau indikator beberapa penyakit kronis seperti halnya kanker atau thalasemia. Adapun seseorang bisa disebut terkena anemia disaat kadar hemoglobin atau sel darah merah kurang dari nilai normal yang ada pada perempuan dewasa mencapai 12, sedangkan pada pada pria dewasa 13,5.

Adapun gejala yang sering kali dikeluhkan oleh penderita anemia adalah lemas, mudah lelah, mudah sakit, napas pendek, jantung berdebar, sulit konsentrasi, kulit dan mata pucat, rambut rontok hingga mulut dan kerongkongan kering.

Dan karena tidak memiliki gejala yang khas, penderita anemia pada umumnya datang lantaran hasil medical chek-upnya yang menghawatirkan akibat kondisi cadangan zat besi dalam tubuh sudah habis dan juga kadar hemoglobinnya yang sudah sangat rendah.

Nadia juga bercerita bahwasannya para pasien menganggap rambut beruban, keletihan dan lesu adalah hal biasa akibat bekerja. Namun gejala anemia yang timbul tergantung pada penyakit penyerta atau penyebab. Selain kekurangan zat besi, anemia juga bisa disebabkan oleh pendarahan kronis, generik, penyakit kronis, genetik, penyakit kronis atau keganasan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar bahaya anemia yang sering kali disepelekan wanita. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

By Nida Saripah - Kesehatan Kamis, 01 Maret 2018 13:14:28

Related Post :
Ibu Dan Anak
Obat Alami Batuk Pilek…

Obat alami batuk pilek…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Candidiasis Serta…

Berikut adalah informasi tentang…

Manfaat
Manfaat Permen Karet Bukan…

Manfaat Permen Karet Bukan…

Alami
Obat Sakit Gigi Alami…

Obat sakit gigi alami…

Kesehatan
Cara Mengubah Fast Food…

Makanan cepat saji memang…

Kesehatan
Buah Dan Sayur Ini…

Berbagai pantangan makanan bagi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Hindari Makanan Ini Bila Sedang Menjalani Program Diet

Diet anda ingin berhasil? maka…

Kesehatan
Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Setelah Meninggal Dunia

Dalam dunia kedokteran kematian terjadi…

Kesehatan
Demam Menggigil? Ini Penyebab Dan Cara Pengobatannya

Kenali berbagai penyebab demam menggigil…

Kirim Pertanyaan
Top