Jangan Terkecoh! Ini Cara Membedakan PMS Dan Tanda Kehamilan

Share dan Tag Temanmu di :

Cara membedakan PMS  dan tanda kehamilan pada umumnya belum banyak di ketahui terutama bagi wanita baru menikah. Sehingga tak jarang mereka terkecoh bahkan merasa bingung mengetahui kondisi sebenarnya yang mereka alami.


"Duh, apakah saya sedang mengalami sindrom pra-menstruasi (PMS) atau sedang berbadan dua ya?" Mungkin pertanyaan tersebut pernah terlintas dipikiran anda. Memang hal tersebut dikarenakan ada kemiripan antara tanda-tanda anda akan mengalami menstruasi dan juga gejala awal kehamilan.

Namun meski begitu, terdapat juga berbagai perbedaan yang membedakannya. Untuk itu, mari kita sama-sama cari tahu apa saja persamaan dan perbedaan diantara keduanya, sehingga anda tidak terkecoh lagi dan menduga-duga hal yang belum pasti.

Cara membedakan PMS dan tanda kehamilan

Meski tidak semua wanita mengalami tanda-tanda PMS atau tanda awal kehamilan sebagaimana yang dituturkan dibawah ini. Karena efek yang dialami bisa bervariasi pada masing-masing individu, Akan tetapi, tanda-tanda berikut bisa menjadi acuan untuk anda agar bisa membedakan mana kondisi yang berkaitan dengan PMS dan gejala awal kehamilan.

1. Kram

PMS: Umumnya kram (dysmenorrhea) terjadi sehari atau dua hari menjelang hari pertama menstruasi. Rasa nyeri akibat kram ini bisa berkurang saat anda menstruasi dan hilang pada hari terakhir haid.

Kehamilan: Jika anda positif hamil, maka kram yang terjadi akan mirip dengan kram ringan saat haid. Hanya saja lokasinya yang berbeda. Karam akibat kehamilan biasanya terasa dibawah perut  atau punggung bawah. Dan kondisi ini bisa berlangsung lebih lama dari PMS, yakni dalam hitungan minggu hingga bulan.

2. Bercak atau flek darah

PMS: Adanya bercak darah dapat menjadi pertanda bahwa anda akan mendapat haid atau sedang dalam masa PMS. Bercak darah atau flek kecoklatan ini biasanya berlangsung selama satu hingga 2 hari. Dan volumenya hanya setetes atau dua tetes darah. Kemudian dilanjutkan dengan pendarahan haid selama sekitar 1 minggu.

Kehamilan: Anda mungkin akan melihat ada pendarahan ringan seperti halnya bercak berwarna merah muda atau coklat tua di celana dalam anda ataupun saat buang air kecil. Ya, hal tersebut bisa menjadi salah satu pertanda anda telah hamil.

Bercak darah tersebut pada umumnya terjadi pada kehamilan usia 7-10 hari. Hal tersebut terjadi karena janin pada dinding rahim guna proses pertumbuhan setelah pembuahan terjadi. Flek ini pada umumnya hanya terjadi dalam beberapa hari saja. Durasi lebih pendek dari pada masa menstruasi. Dan pendarahan tidak akan sampai memenuhi pembalut anda.

3. Nyeri payudara

PMS: Rasa nyeri disertai pembengkakan pada payudara juga akan terjadi pada saat anda mengalami PMS. Tepatnya selama paruh kedua siklus haid anda. Rasa nyeri bisa tertahankan, namun ada juga yang sangat menyakitkan. Rasa ini dapat terasa sangat menyakitkan sesaat sebelum menstruasi.

Kehamilan: Jika rasa nyeri ini berhubungan dengan kehamilan, maka rasanya akan lebih sakit dari yang biasa kami alami saat PMS. Terlebih saat memasuki usia kehamilan memasuki usia sekitar setengah bulan. Disamping itu, payudara juga mungkin akan menjadi sangat sensitif, nyeri saat tersentuh atau terlihat lebih berisi. Warna kulit puting juga mungkin bisa berubah menjadi lebih gelap. Dan iasanya ini dapat terjadi saat kehamilanmu menginjak usia dua bulan.

4. Nafsu makan yang meningkat

PMS: saat mengalami PMS anda mungkin akan menyadari bahwa nasu makan anda pada makanan tertentu akan lebih meningkat, seperti ingin melahap jenis makanan yang asin, manis, dan berkarbohidrat. Bisa dikatakan kamu mungkin lebih rakus daripada biasanya.

Kehamilan: Sama seperti halnya saat PMS, kehamilan juga bisa membuatmu ingin menyantap beberapa jenis makanan tertentu atau bahkan mengonsumsi hal-hal yang aneh. Namun bedanya, indra perasa anda juga mungkin bisa lebih sensitif pada makanan, sehingga anda enggan memakannya. Padahal, saat belum ham,il anda mungkin sering mengonsumsi makanan tersebut.

5. Mudah lelah

PMS: Rasa lelah sepertinya bisa terjadi karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron yang dibutuhkan untuk menyiapkan tubuh menghadapi menstruasi.

Kehamilan: Perubahan hormon yang terjadi saat hamil juga tak jarang bisa membuat anda mudah mengalami kelelahan.

Apabila anda memngalami berbagai kondisi yang telah disebutkan diatas dan sedang merencanakan kehamilan, anda bisa langsung melakukan uji test pack atau memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungan. Hal ini unutuk mematikan apakah anda hanya mengalami PMS atau memang sedang hamil.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara membedakan PMS dan tanda kehamilan. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan dan wawasan baru terlebih bagi anda yang baru menikah ya! Salam sehat!

By Nida Saripah - Kewanitaan Jum'at, 02 Maret 2018 09:47:34

Related Post :
Ibu Hamil
Menakjubkan! Fungsi Plasenta Bagi…

Menakjubkan! Fungsi Plasenta Bagi…

Kesehatan
Kebiasaan Sepele Ini Bikin…

Kebiasaan sepele ini bikin…

Daun
Ingin Tubuh Langsing Alami?…

Ingin tubuh langsing alami?…

Penyakit
Gangguan Dan Penyakit Pada…

Mata merupakan bagian yang…

Kesehatan
Ingin Terhindar dari Depresi…

Tekanan pekerjaan dan aktivitas…

Tips
Tips Cara Menangani Orang…

Pingsan adalah suatu kondisi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Cara Mengatasinya

Ternyata ini penyebab haid tidak…

Kewanitaan
Haid Tidak Lancar Selepas Melahirkan

Mungkin diantara kaum hawa banyak…

Kewanitaan
Waspadai Ini Tanda- tanda Posisi IUD Bergeser Dari Tempatnya

Tanda-tanda IUD bergeser dari tempatnya…

Kirim Pertanyaan
Top