Cara Merawat Penderita Penyakit Demam Berdarah di Rumah

Share dan Tag Temanmu di :

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Awedes Aegypti. Penyakit ini biasanya ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Ketika wabah demam berdarah terjadi, hampir setiap rumah sakit akan penuh oleh pasien DBD yang di rawat inap. Bahkan, di beberapa rumah sakit pasien sampai harus di rawat di aula atau selasar karena tidak kebagian tempat tidur. 

Tapi, apakah penderita demam berdarah harus selalu di rawat dirumah sakit ?


Jika salah satu keluarga ada yang terserang demam berdarah, kita pasti akan berpikir harus rawat inap di rumah sakit. Padahal, tidak semua pasien demam berdarah perlu di rawat inap. Pasien demam berdarah bisa dirawat jalan atau dirawat di rumah. 

Kondisi pasien demam berdarah yang perlu perawatan di rumah sakit yaitu jika mereka mengalami syok, kejang, kesadaran turun, perdaragan spontan, bintik merah, mimsian, trombosit kurang dari 100 ribu disertai kebocoran plasma, serta kondisi yang lemah. Namun, jika pasien masih cukup kuat, tidak lemas dan tidak mengalami dehidrasi dan mau minum banyak, amak tak masalah jika harus dirawat di rumah. Yang penting, jika memutuskan dirawat di rumah, penderita harus tetap cek darah setiap hari untuk mengetahui perkembangan kenaikan jumlah trombosit. 

Cara Merawat Penderita Penyakit Demam Berdarah di Rumah

Jika Anda atau salah satu keluarga terinfeksi virus dengue, maka melakukan pengobatan di rumah untuk menggantikan perawatan di rumah sakit bisa menajdi alternatif untuk pemulihan yang cepat dan mengurangi gejalanya. Hal ini disebabkan karena tidak ada penanganan spesifik untuk DBD, sebagian besar pasien biasanya pulih dalam 2 minggu. 

Namun, jika Anda atau keluarga mengalami gejala demam berdarah ringan, maka sebaiknya melakukan beberapa cara merawat demam berdarah di rumah berikut untuk mencegah agar penyakit tidak semakin parah, diantaranya :

  • Mengonsumsi jambu biji dan makanan sehat yang mudah dicerna

Dokter biasanya akan menyarankan penderita demam berdarah untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, seperti makanan yang direbus, sayuran hijau, serta buah-buahan. Salah satu buah yang sudah dikenal memiliki manfaat untuk mengobati demam berdarah adalah jambu biji. jambu biji mengandung vitamin C yang dapat membantu mempercepat pembentukan trombosit baru. 

Pada pasien demam berdarah, biasanya trombositd alam tubuhnya berada dibawah batas normal. Jambu biji mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat membantu tubuh menghabislkan trombosit yang lebih banyak. Maka dari itu, mengonsumsi jambu biji bisa meningkatkan jumlah trombosit.

Tidak hanya itu, jambu biji juga kaya akan quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur yang berguna untuk menghambat pertumbuhan virus, termasuk virus dengue. 

  • Mengonsumsi banyak cairan

Penderita demam berdarah sebisa mungkin harus mencukupi asupan cairan. Dari mulai air putih hingga jus buah sebaiknya dikonsumsi oleh penderita. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi karena demam, serta membantu menurunkan demam.

Tidak hanya itu, mengonsumsi banyak air juga bisa membantu keringankan gejala seperti kram otot dan sakit kepala karena keduanya timbul akibat dehidrasi. Air juga akan membantu menghilangkan racun berlebih dalam tubuh untuk dikeluarkan melalui urin. 

  • Mengonsumsi obat pereda demam dan nyeri

Paracetamol bisa menjadi pilihan untuk meringankan nyeri dan menurunkan demam. Periksakan diri ke dokter untuk mengetahui obat mana yang sebaiknya dikonsumsi. 

  • Istirahat secara total

Beristirahat secara total atau bed rest sangat dianjurkan untuk pasien demam berdarah jenis apapun. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk mempercepat pemulihan. 

Perawatan rumahan untuk pasien demam berdarah hanyalah perawatan yang bersifat tambahan sebagai pengganti opname di rumah sakit. Hal ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarnagan dan bergantung pada kondisi pasien. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 02 Maret 2018 14:29:15

Related Post :
Obat Kimia
Obat Kuat Yang Berbahaya…

Untuk bisa merasa gagah…

Kesehatan
Mengetahui Gejala dan Cara…

Mengetahui gejala dan cara…

Tips
Cara Menggunakan Lensa Kontak…

Cara menggunakan lensa kontak…

Penyakit
Mengetahui Kaitan Antara Sirosis…

Kanker hati seringkali dikaitkan…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat…

Informasi tentang kandungan gizi…

Penyakit
Berbagai Komplikasi Penyakit Impetigo…

Berikut adalah berbagai komoplikasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Waspada Beberapa Gejala Alergi Kondom Yang Tidak Disadari

Waspada beberapa gejala alergi kondom…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top