Wajib Tahu! Bahan Alami Ini Bisa Bantu Atasi Demam Berdarah

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) atau dikenal secara umum oleh masyarakat Indonesia sebagai demam berdarah termasuk salah satu penyakit yang cukup umum dialami oleh masyarakat. Jutaan kasus infeksi DBD terjadi setiap tahunnya di seluruh dunia. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapaun.

Para dokter yang sudah terbiasa menangani demam berdarah biasanya dapat langsung mengenali penyakit ini hanya dari gejala-gejala yang dirasakan pasien. Jika dokter yang memeriksa belum yakin bahwa anda terserang demam berdarah, maka pemeriksaan darah bisa dilakukan untuk melihat keberadaan virus didalam aliran darah. Selain untuk memperkuat diagnosis, pemeriksaan darah juga bisa dilakukan untuk mengetahui dampak infeksi terhadap darah. 


Demam berdarah bisa ditangani dnegan mengonsumsi banyak cairan, beristirahat, serta mengonsumsi paracetamol dan acetaminophen. Jika langkah pengobatan ini dilakukan, gejala demam berdarah biasanya akan mulai menunjukkan tanda-tanda pulih dalam waktu 2-5 hari. Namun, selain itu, pasien juga bisa mengonsumsi beberapa bahan herbal yang terbukti dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menaikkan jumlah trombosit dengan cepat. 

Berikut ini merupakan bahan alami untuk bantu atasi demam berdarah yang bisa Anda konsumsi, diantaranya :

Daun pepaya

Dua peneliti dari India telah meninjau laporan-laporan penelitian yang telahd ilakukan dan mendapatkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan angkat trombosit dalam darah penderita demam berdarah. Hal ini diduga karena daun pepaya dapat emmbantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menggunakan 50 gram daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami dengan cara mencucinya dahulu menggunakan air bersih. Kemudian tumbuk daun pepaya yang telah bersih sampai halus, namun jangan sampai menjadi bubuk. Kemudian, campurkan daun pepaya tersebut dengan air dan peras. Minum air perasan daun pepaya tersebut 3 kali sehari secara rutin sampai Anda sembuh. 

Jambu biji

Banyak yang menyarankan penderita demam berdarah untuk mengonsumsi jus jamu biji, terutama yang berwarna merah. Pasalnya disebut-sebut jika jambu biji bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam darah penderita demam berdarah. Hal ini dikarenakan jambu biji memiliki kandungan trombinol yang berkhasiat untuk merangsang trombopoietin bekerja lebih aktif. Dengan begitu, maka ini akan memacu pembentukkan keping darah baru. 

Tidak hanya itu, jambu biji juga kaya akan kandungan quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur. Quercetin dapat menekan pertumbuhan virus dengue dalam tubuh penderita. Maka dari itu, jangan lewatkan manfaat jambu biji yang satu ini untuk membantu melawan infeksi virus secara alami. 

Buah atau sayuran sumber vitamin C

Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, memiliki beberapa peran penting dalam tubuh. Salah satu manfaat vitamin C yang bisa kita dapatkan yaitu baik untuk meningkatkan kadar trombosit darah. Ia membantu perbaikan, pertumbuhan, dan perkembangan jaringan sel tubuh. 

Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah atau sayur yang kaya akan kandungan vitamin C, seperti jambu, lemon, jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, dan mangga. Namun, perlu diingat, jika Anda mengolah buah dan sayuran tersebut dengan cara dibuat jus, jangan tambahkan gula kedalamnya. 


Angkak

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan manfaat angkak sebagai obat herbal demam berdarah. Perlu diketahui, angkak merupakan slaah satu jensi beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Sebuah penelitian dari IPB di  tahun 2012 menujukkan bahwa pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang dibuat trombositopenia (kadar trombosit dalma darah rendah).

Seperti yang diketahui, bahwa penderita DBD memiliki kadar trombosit yang rendah yang emmbuat penyakitnya semakin parah. Dengan pemberian angkak ini, maka dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh penderita DBD.

Echinacea

Echinacea merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang umumnya digunakan untuk mengobati demam dan flu pada masyarakat Amerika bagian Utara. Menurut Pakistan Journal of Clinical and Biomedical Research, echinacea dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan, sebagai reaksi terhadap serangan bakteri dan virus. Maka dari itu, echinacea mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan kemampuan sel darah putih dalam menangani infeksi virus, termasuk virus dengue. 

By Sri Maryati - Alami Sabtu, 03 Maret 2018 11:33:49

Related Post :
Kesehatan
Penyebab dan Tips Atasi…

Berikut ini merupakan penyebab…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Sawi Hijau…

Informasi tentang sawi hijau,…

Ibu Dan Anak
Cara Mencegah Penyakit Diabetes…

Cara mencegah penyakit diabetes…

Kesehatan
Ini Alasan Kenapa Pria…

Sama halnya dengan wanita,…

Manfaat
Menguak Manfaat Kencur untuk…

Kencur termasuk salah satu…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Eksim Kering…

Berikut adalah perbedaan eksim…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Obat Batuk Kering Alami Yang Mujarab Dari Tumbuhan

Obat batuk kering alami bisa…

Alami
Alami
Terapi Penyembuhan Syaraf Kejepit Secara Alami

Terapi penyembuhan syaraf kejepit secara…

Kirim Pertanyaan
Top