Sering Merasa Haus? Waspada Gejala Penyakit Serius Berikut!

Share dan Tag Temanmu di :

Sering merasa haus ternyata bisa menjadi salah satu tanda ada yang bermasalah dengan tubuh. Bahkan bisa menjadi salah satu gejala penyakit serius yang perlu anda waspadai. Lalu, apa sajakah kondisi klinis yang menyebabkan tubuh mudajh merasa haus? Ikuti informasi selengkapnya hanya disini.


Pada dasarnya, rasa haus adalah kondisi normal sebagai tanda bahwa tubuh membutuhkan cairan untuk menjalankan metabolisme. Sebab, rasa haus yang normal merupakan pertanda tubuh memerlukan cairan sebagai respons atas beberapa kondisi seperti:

  • Dehidrasi: Umumnya terjadi setelah cukup lama tidak mengonsumsi cairan, apalagi apabila tubuh mengalami hilangnya cairan akibat kondisi tertentu seperti diare, muntah ataupun banyak berkeringat.
  • Makanan: Mengonsumsi makanan, terutama makanan pedas dan asin  dapat membuat tubuh haus dan ingin mengonsumsi lebih banyak cairan.
  • Kehamilan: Wanita hamil pada umumnya lebih sering merasa haus dan ingin buang air kecil secara terus menerus.
  • Obat-obatan: Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti litium dan diuretik dapat menyebabkan orang meraa haus secara berlebihan.

Selain dari pada itu, pada beberapa kasus rasa haus yang terus menerus atau yang disebut dengan polidipsia ini juga tidak ada salahnya juga untuk di waspadai. Karena bisa jadi kondisi tersebut menjadi gejala penyakit serius didalam tubuh.

Penyebab sering merasa haus yang harus diwaspadai

Berikut adalah beberapa kondisi abnormal yang mungkin menjadi penyebab sering haus.

1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis dimana kadar gula darah berlebihan didalam darah. Dan karena kadar gula darah yang tinggi membuat ginjal perlu memproduksi lebih banyak urine untuk membantu melepaskan glukosa didalam tubuh. Dan kondisi inilah yang membuat pasien diabetes merasa terus menerus haus karena otak yang memerintahkan tubuh untuk mengganti hilangnya cairan.

Pada umumnya penderita diabetes akan sering merasa haus yang disertai dengan kondisi lainnya seperti terjadinya penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya, kelelahan yang parah, serta sering buang air kecil. Dan secara spesifik, haus juga dapat menjadi gejala diabetes gestasional, yakni kadar gula darah tinggi pada ibu hamil.

2. Diabetes insipidus

Kondisi ini tidak berhubungan dengan diabetes melitus karena disebabkan oleh hormon antidireutik (ADH) atau vasopressin yang mengatur kadar cairan dalam tubuh. Kondisi ini membuat tubuh memproduksi urine dalam volume tinggi sehingga pengidapnya selalu merasa haus.

3. Ketoasidosis diabetik

Kondisi ini adalah jenis komplikasi diabetes yang mengancam nyawa, akibat kadar gula darah terlalu tinggi namun berkekurangan kadar insulin didalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi tidak dapat menggunakan glukosa. Dan sebagai gantinya, tubuh memcah lemak sebagai bahan bakar pengganti.

Dan sebagai akibatnya, terjadilah penumpukan keton yang membahayakan tubuh. Kondisi ini kerap terjadi pada pengidap diabetes tipe 1 dan terkadang pada diabetes tipe 2. Selain merasa haus terus menerus, pengidap ketoasiosis diabetikum umumnya sering merasa sangat lelah, sakit pada perut bagian atas, sering buang air kecil, susah bernapas panjang dan bahkan dapat koma.

4. Anemia sel sabit

Anemia yang bersifat diturunkan ini merupakan kondisi saat sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh berkembang tidak normal. Sel darah merah yang normal berbentuk seperti cakram bikonkaf dan lentur. Namun sel darah merah abnormal pada anemia sel sabit berbentuk sabit dan kaku serta mengandung hemoglobin yang cacat.

Sel-sel ini dapat menghambat pembuluh darah dan mengakibatkan keruksakan pada organ dan jaringan tubuh. Oleh karena sel darah pada anemia sel sabit cepat rusak dan tidak dapat bereproduksi secepat sel normal., pasien akan mengalami anemia. Ginjal juga dapat rusak sehingga pasien sering menjadi haus. Selain itu, pengidap anemia sel sabit umumnya akan merasakan kekurangan energi, sesak napas, serta kelelahan terutama setelah berolahraga.

Nah itulah beberapa kondisi cukup serius yang perlu anda waspadai. Maka dari itu, jika anda sering merasa haus secara terus menerus, sebaiknya segera dapat memeriksakan kondisi anda ke dokter. Anda juga sebaiknya segera memeriksa kadar gula darah anda untuk mengantisipasi kemungkinan penyakit serius seperti diabetes.

By Nida Saripah - Kesehatan Sabtu, 03 Maret 2018 15:35:29

Related Post :
Manfaat
Manfaat Tak Terduga Tepuk…

Tepuk tangan ternyata bukan…

Tips
Tips Dan Cara Mengatasi…

Tips dan cara mengatasi…

Alami
Terasa Panas Di Perut?…

Selagi masih ada bahan…

Ibu Dan Anak
Ternyata Ini Alasan Mengapa…

Mungkin tidak banyak yang…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Serangan Penyakit Musim…

Pada musim hujan, tubuh…

Kesehatan
Ketahui Posisi Duduk Yang…

Ketahui posisi duduk yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Sering Terpapar Wifi, Amankah Bagi Kesehatan?

Bahaya Sering Terpapar Wifi, Amankah…

Kesehatan
Mengenal Gangguan Bipolar yang Dialami Mariah Carey

Baru-baru ini Mariah Carey hadir…

Kesehatan
Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Yang Asin

Bahaya terlalu banyak konsumsi makanan…

Kirim Pertanyaan
Top