Mengenal Berbagai Penyebab Dan Gejala Diabetes Insipidus

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala diabetes insipidus pada dasarnya berbeda dengan gejala diabetes mellitus pada umumnya. Meski begitu, kondisi ini perlu kita waspadai sejak dini, karena bisa berakibat fatal. Lalu, sebenarnya apa itu penyakit diabetes inspidus? apa saja gejala dan penyebabnya? informasi selengkapnya ketahui hanya disini!


Diabetes insipidus adalah kondisi yang cukup langka dengan gejala utama sering merasa haus dan pada saat bersamaan sering buang air kecil dalam jumlah yang sangat banyak. Bahkan jika sudah sangat parah, penderitanya bisa mengeluarkan air kencing sebanyak 20 liter dalam sehari. Berbeda halnya dengan diabetes melitus, diabetes insipisdus pada sisi lain tidak terkait dengan kadar gula dalam darah.

Penyebab dan gejala diabetes insipidus yang patut anda waspadai

Penyebab diabetes insipidus diketahui dikeranakan gangguan pada hormon antidireutik (antidiuretic hormone /ADH) yang mengatur jumlah cairan didalam tubuh. Hormon ini dihasilkan hipotalamus, yakni jaringan khusus di otak. Hormon ini disimpan oleh kelenjar pituitari setelah dihasilkan oleh hipotalamus.

Kelenjar pituitari akan mengeluarkan hormon antidireutik ini saat kadai air dalam tubuh terlalu rendah. Antidiuretik berratti bersifat berlawanan dengan diuresis, yang berarti produksi urine. Hormon antidiuretik ini akan membantu mempertahankan air didalam tubuh dengan mengurangi jumlah cairan yang terbuang melalui ginjal dalam bentuk urine.

Adapun yang menyebabkan terjadinya diabetes insipidus adalah karena produksi hormon antidiuretik yang berkurang atau ketika ginjal tidak lagi merespon seperti biasa terhadap hormon antidiuretik. Dan sebagai akibatnya, ginjal mengeluarkan terlalu banyak cairan dan tidak bisa menghasilkan urine yang pekat. Sehingga orang yang mengalami kondisi ini akan selalu merasa haus dan minum lebih banyak karena berusaha mendampingi banyaknya cairan yang hilang.

Apa saja gejala diabetes insipidus?

Selain merasa haus, ciri-ciri dan tanda diabetes insipadus lainnya adalah sering buang air kecil dalam jumlah banyak. Bahkan, jumlah urine yang dikeluarkan oleh penderita diabetes insipidus mencapai 3-20 liter, mulai dari kasus diabetes insipidus yang ringan hingga kasus insipidus yang berat. Sehingga kencing yang dialami penderitanya adalah 3-4 kali selama 1 jam.

Adapun gejala penyakit diabetes insipidus mungkin akan lebih sulit untuk dikenali. Terlebih anak-anak belum bisa berkomunikasi dengan baik. Adapun gejala anak yang menderita diabetes insipidus diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengompol pada waktu tidur
  • Mudah terusik atau marah
  • Menangis secara berlebihan
  • Suhu tubuh yang tinggi atau hipertermia
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Kehilangan selera makan
  • Merasa kelelahan dan keletihan
  • Pertumbuhan yang lebih lambat

Berbagai gejala diabetes insipidus tersebut tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari maupun pola tidur anda. Dan akibatnya akan muncul rasa lelah, mudah marah dan sulit untuk berkonsentarasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sehingga jika anda mulai mengalami beberapa gejala diatas sebaiknya segera periksakan ke dokter. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 05 Maret 2018 13:09:05

Related Post :
Ibu Dan Anak
Kebiasaan Buruk yang Dapat…

Selain faktor genetik, juga…

Tips
Tips Mudah Mengobati Luka…

Jika Anda mengalami luka…

Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian…

Suntikan Filler solusi wajah…

Kewanitaan
Ini Bahaya Memakai Sabun…

Berikut ini bahaya memakai…

Tips
Tips Melakukan Terapi Oksigen…

Tips Melakukan Terapi Oksigen…

Ibu Dan Anak
Waspadai Gejala Anemia Pada…

Jangan pernah menganggap remeh…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Anda Penyuka Permen? Segera Ganti dengan Makanan Sehat Ini!

Permen merupakan salah satu cemilan…

Kesehatan
Pertolongan Pertama untuk Atasi Luka Diabetes

Untuk mencegah luka diabetes semakin…

Kesehatan
Konsumsi Cairan Alami Ini untuk Bantu Atasi Demam Berdarah!

Mengonsumsi cairan, khususnya air putih…

Kirim Pertanyaan
Top