Konsumsi Cairan Alami Ini untuk Bantu Atasi Demam Berdarah!

Share dan Tag Temanmu di :

Di musim hujan seperti saat ini, penyakit demam berdarah (DBD) semakin mudah menyerang. Memang belum ada obat untuk mengatasi penyakit DBD secara langsung, namun Anda bisa mengurangi gejalanya dengan cara mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak. Karena adanya kebocoran plasma carah, maka penting bagi penderit demam berdarah untuk terus mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar tidak jatuh ke dalam kondsii hipotensi atau syok. 

Perlu diketahui, WHO tidak menganjurkan hanya memberikan air putih saja. Air putih tidak memiliki cukup kandungan elektrolit untuk menggantikan elektrolit tubuh yang hilang bersamaan dnegan kebocoran plasma. 


Berikut ini beberapa jenis cairan alami untuk bantu atasi demam berdarah yang bisa dikonsumsi oleh penderita, diantaranya :

  • Jus buah

Jus buah merupakan sumber elektrolit yang baik untuk tubuh. Beberapa buah yang mengadnung tinggi kalium dna potasium, misalnya pisang, jeruk, kiwi, dan alpukat. Sedangkan buah yang tinggi natrium atau sodium adalah tomat. Dan masih banyak lagi jenis buah-buahan yang mengandung banyak elektrolit, yang lebih baik untuk diberikan kepada penderita demam berdarah.

  • Air kelapa muda

Badan Pangan Dunia PBB (FAO-Food & Agriculture Organization) mengakui bahwa khasiat air kelapa muda sebagai penghilang dahaya kaya akan kandungan zat elektrolit alami. Zat elektrolit dan gizinya lebih besar dari sekadar minuman penghilang dahaga produk pabrik. Disebutkan dalam situs resmi FAO bahwa air kelapa muda itu alami, lezat, kaya garam, gula, dan vitamin yang diperlukan oleh atlet kelas Olimpiade ataupun para amatir. Bahkan, badan PBB ini telah mematenkan air kelapa mudah yang berkhasiat tersebut.

Didalam air kelapa muda terkandung mineral kalium, sodium, klorida, dan magnesium. Zat-zat ini adalah elektrolit yang diperlukan tubuh untuk membantu mengatasi ancaman syok pada kondisi kekurangan cairan. Komposisi gula dan mineral yang ada didalamnya juga begitu sempurna, sehingga disebutkan memiliki keseimbangan yang mirip dengan cairan tubuh manusia. 

  • Jambu biji

Meskipun khasiatnya belum teruji secara medis, namun tidak ada salahnya untuk memberikan jus jambu biji kepada penderita demam berdarah. Pasalnya, buah eksotis ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. 

Berkat kandungan vitamin C dengan dosis tinggi inilah, kekebalan tubuh dalam melawan bakteri akan meningkat. Proses penyembuhan luka pun akan menjadi lebih cepat. Selain itu, tekanan darah juga menjadi lebih baik karena buah ini merupakan sumber potasium yang baik. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, pilihlah buah yang baru saja masak dan masih berwarna hijau kekuningan. Jika sudah masak, simpanlah buah jambu biji di lemari es. Jangan lupa cuci terlebih dahulu buah jambu hingga bersih sebelum diolah menjadi jus. 

  • Daun dewa

Daun dewa adalah bagian tanaman dewa yang dimanfaatkan sebagai obat. Herba ini dikenal kaya dengan berbagai kandungan kimia, seperti saponin, minyak atsiri, flavonoid, dan tanin. Dengan kandungan kimia tersebut, tumbuhan ini bermanfaat sebagai anticoagulant (mencairkan bekuan darah), menghentikan perdarahan, menghilangkan panas, dan membersihkan racun. Tanaman dewa ini juga telah tersedia di toko obat Cina dalam bentuk kapsul dan harganya relatif lebih murah.

  • Alang-alang

Tanaman liar bernama latin Imperata cylindrica (L) Beauv inis udah sering diteliti. Menurut Dr. Setiawati Dalimartha dalam buku Ramuan Tradisional untuk Pengobatan Hepatitis, di luar neger alang-alang sudah dibuat obat paten. 

Penelitian tentang tanaman ini menyebutkan, bahwa alang-alang mengadnung manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemoinin, asam kersik, damar, dan logam alkali. Dilihat dari kandungan yang dimilikinya, alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan perdarahan), dan menghilangkan haus. 

Bagian tanaman alang-alang yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional adalah rimpang, baik yang segar ataupun yang telah dikeringkan. Cara pemanfaatannya, ambil 1 ikan atau gulung akar alang-alang. Cuci sampai bersih dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Campurkan air perasan 1 buah jeruk nipis dengan 3 sendok makan air alang-alang tersebut. Gunakan sepertlunya, dan tambahkan pemanis jika ramuan ini ditujukan untuk anak-anak.

  • Air heksagonal

Pengobatan tradisional Cina selalu menganjurkan untuk mengonsumsi air 'hidup'. Di Korea, orang yang rajin minum air terjung di pegunungan kesehatannya tetap terjaga, demikian yang dikatakan Yunjo Chung, MD, dokter dari University of Korea. 

Korea baru-baru ini berhasil mematenkan teknologi bernama Actimo untuk membuat air 'hidup' yang mengandung oksigen dan dijual di seluruh dunia. Menurut mereka, dalam tubuh manusia terdapat dua bentuk senyawa air, yaitu pentagonal (segilima) dan heksagonal (segienam). 

Perbedaan kedua jenis senyawa ini hanya berdasar pada strukturnya. Air pentagonal membentuk rangkaian molekul air dengan ikatan kelompok besar dan tidak stabil. Seperti air putih biasa, air heksagonal ini tidak berasa dan berbau.

  • Angkung

Angkung diyakini bsia membantu mengatasi penyakit radang selaput otak, stroke, radang otak, penyakit hati, kejang, dan kekurangan cairan tubuh seperti halnya dalam kasus demam berdarah. Namun, sayangnya harga angkung sangat mahal. 

Selain harganya yang mahal, manfaat angkung juga tidak langsung terasa setelah minum 1 atau 2 butir. Khasiat angkung baru akan terasa setelah diminum secara teratur ssebanyak 6-8 butir pil setiap hari.

  • Susu

Selain minuman berelektrolit pada umumnya, WHO juga menyarankan penderita dema berdarah untuk mengonsumsi susu daripada pemberian air putih biasa. Susu mengandung elektrolit natrium 42 mg/100 gram, kalium 156 mg/100 gram, dan juga mengandung elektrolit lain seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc yang juga diperlukan untuk menjalankan semua fungsi tubuh. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 05 Maret 2018 15:30:32

Related Post :
Penyakit
Berbagai Penyebab Kesemutan Pada…

Berbagai penyebab kesemutan pada…

Manfaat
Manfaat Daun Alpukat Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Waspadai Maraknya Gorengan Plastik!…

Meskipun gorengan termasuk salah…

Ibu Hamil
Tips Mencegah Varises Pada…

Tips mencegah varises pada…

Kesehatan
Memahami Kondisi Social Jet…

Apakah Anda pernah merasakan…

Kesehatan
Awas! Jangan Konsumsi Minuman…

Ada beberapa jenis minuman…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kebaikan Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3

Beragam kebaikan yang akan didapat…

Kesehatan
5 Fakta Sindrom Putri Tidur yang Tidak Banyak Diketahui

Berikut ini merupakan beberapa fakta…

Kirim Pertanyaan
Top