Jangan Buang Biji Pepaya! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Kebanyakan orang hanya mengkonsumsi daging buah pepaya dan membuang bijinya. Padahal biji pepaya juga bisa dikonsumsi. Hanya saja biji pepaya mempunyai rasa yang kuat, seperti persilangan antara merica hitam dan mustard. Meskipun rasa dari biji pepaya berbeda dengan rasa dari daging buahnya, tapi biji pepaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bahkan kandungan nutrisi yang ada pada biji pepaya tak kalah banyak dengan buahnya. Dan kandungan nutrisi yang ada pada biji pepaya diantaranya lemak, protein, kalsium, magnesium dan fosfor. Oleh karena itu, jangan buang bijinya saat mengkonsumsi buah pepaya.


Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

Mengobati penyakit sirosis hati

Manfaat biji pepaya untuk pengobatan adalah bisa dijadikan pengobatan pada penderita penyakit sirosis hati. Bahkan biji pepaya juga bermanfaat sebagai agen detoks untuk organ hati.

Cara mengolah biji pepaya untuk pengobatan penyakit sirosis hati yaitu:

  • Sediakan 5 biji pepaya kering
  • Tumbuk hingga halus
  • Campurkan bubuk biji pepaya tersebut kedalam makanan atau jus, atau bisa juga dicampurkan pada satu sendok air jeruk nipis.
  • Lakukan secara rutin yaitu 2 kali sehari.

Anti-inflamasi

Biji pepaya mengandung zat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang berperan penting dalam meredakan radang sendi dan juga mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, bagi anda yang mengidap radang sendi dan mencari pengobatan tradisional maka cobalah manfaatkan biji pepaya untuk pengobatannya.

Anti-bakteri

Selain memiliki zat anti-inflamasi, biji pepaya juga memiliki zat anti-bakteri yakni dapat membunuh bakteri seperti salmonella, E.coli dan Staph. Bahkan biji pepaya juga bermanfaat mampu menangkal berbagai infeksi akibat virus. Sehingga tidak hanya dapat menangkal infeksi akibat bakteri saja, tapi juga dapat menangkal infeksi akibat virus dan jamur.

Mengobati tifus

Selain cacing, bahan alami yang bisa dijadikan pengobatan pada penderita penyakit tifus adalah biji pepaya. Selain itu juga bisa dapat mengobati penyakit lainnya yaitu demam berdarah.

Menghambat serta menghentikan sel kanker

Selain untuk pengobatan tifus, biji pepaya juga berkhasiat bisa dijadikan sebagai pengobatan kanker. Karena biji pepaya memiliki kandungan isotiosianat yang bermanfaat mampu menghentikan sel kanker yang tumbuh. Selain itu juga menghambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan zat ini juga bermanfaat mampu menghentikan sel tumor. Sehingga biji pepaya bagus juga untuk dijadikan pengobatan tumor.

Membantu menurunkan kadar kolesterol

Manfaat biji pepaya bagi kesehatan adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). oleh karena itu bagi anda yang mengidap kolesterol jahat, konsumsi jus biji pepaya sebagai pengobatan tradisional untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Manfaat lainnya dari biji buah pepaya bagi kesehatan adalah membantu proses pencernaan, mengetasi sembelit, menjaga daya tahan tubuh dan membunuh parasit yang berbahaya.

Setelah mengetahui manfaatnya, ketahui juga cara mengolahnya. Sediakan biji pepaya, remas dengan kain dan cuci bersih. Setelah itu, keringkan dengan cara di jemur. Haluskan biji pepaya yang kering tersebut dengan cara ditumbuk atau dihancurkan dengan grinding. Kemudian campurkan bubuk biji buah pepaya 1 sendok makan tersebut dalam makanan atau minuman biasa. Anda juga bisa menambahkan madu atau lemon bila memang ingin diminum bersama air. Atau anda juga bisa langsung mengkonsumsi biji buah pepaya yang masih segar dengan cara dikunyah.

By Rizka Ardiana - Manfaat Selasa, 06 Maret 2018 14:31:42

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Kandungan nutrisi dan manfaat…

Ibu Hamil
Tips Berpuasa Bagi Ibu…

Berikut adalah kiat dan…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Segudang kandungan gizi yang…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Melon merupakan buah yang…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Tips
Tips Mengatasi Stretch Mark…

Stretch mark yang baru…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ini Manfaat Luar Biasa Minum Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Beragam manfaat konsumsi susu kedelai…

Manfaat
Kandungan Dan manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

Bagi masyarakat Indonesia, daun serai…

Manfaat
Beragam Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya memiliki bau dan…

Kirim Pertanyaan
Top