Pentingkah Membaca Fakta Nutrisi pada Kemasan Makanan?

Share dan Tag Temanmu di :

Rasanya yang enak atau kemasannya yang menarik seringkali menjadi salah alasan kenapa Anda memilih salah satu makanan kemasan yang ada di rak swalayan. Apapun alasannya, Anda tidak boleh lupa untuk membaca label fakta nutrisi pada kemasan makanan tersebut. 

Label fakta nutisi atau nutrition facts adalah label yang biasanya ada pada kemasan makanan, berisi informasi kandungan nutrisi makanan tersebut. Labet informasi ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan Anda sebagai konsumen untuk membeli suatu barang.

Informasi yang dicantumkan sangat  bermanfaat bagi seseorang dengan kondisi medis tertentu atau seseorang yang sedang membatasi jumlah asupan kalori. Informasi ini sangat diperlukan untuk mengetahui nutrisi dari produk yang akan Anda beli dan konsumsi. Maka dari itu, membaca label fakta nutrisi pada kemasan sangat penting dilakukan. 


Pemberian label informasi gizi juga merupakan salah satu strategi yang direkomendasikan oleh WHO untuk mencegah penyakit tidak menular. Itulah mengapa dalam setiap produksi pangan olahan untuk diperdagangkan wajib mencantumkan informasi kandungan gula, garam, dan lemak. Namun sayangnya, perilaku konsumen di Indonesia masih mengabaikan label informasi nilai gizi pada makanan. 

Sebelum meneliti kandungan dan fakta nutrisi yang terdapat pada kemasan makanan, ketahui terlebih dahulu apa saja yang biasanya tertera pada label. Dalam label makanan biasanya tertera kalori, lemak total, lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, sodium (garam), karbohidrat total, gula, protein, vitamin, dan mineral. 

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diketahui saat membaca label kemasan makanan, diantaranya :

Takaran penyajian

Pada label kemasan makanan biasanya tertera tulisan takaran saji (serving size) dan tertulis dalam ukuran cup, buah, butir, dan sebagainya yang diikuti dengan satuan angka seperti gr, mg, atau kg. 

Jumlah takaran saji ini akan memengaruhi jumlah kalori dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, sebelum Anda mengonsumsi makanan tersebut, sebaiknya tanyakan pada diri sendiri kira-kira seberapa banyak asupan kalori yang diperlukan. 

Nutrisi

Anda bisa mendapatkan kalori dan nutrisi dari makanan serta minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, ada beberapa kandungan tertentu yang sebaiknya Anda batasi, misalnya :

  • Lemak jenuh. Jenis lemak ini akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Untuk orang dewasa sebaiknya batasi konsumsi lemak jenuh kurang dari 20 gr/hari.
  • Lemak trans. Sama halnya dengan lemak jenuh, lemak trans juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Idealnya, lemak trans yang dikonsumsi adalah 0 gr/hari atau tidak mengonsumsinya sama sekali. Namun, terkadang pada label makanan meski tertera 0 gr lemak trans, dalam produk makanan tersebut masih terkandung lemak trans kurang dari 0,5 gr/porsi. Lemak trans dapat ditemukan pada margarin, makanan yang digoreng, kue, dan berbagai cemilan.
  • Kolesterol. Untuk kolesterol, sebaiknya batasi konsumsinya kurang dari 300 mg/hari. Jika Anda memiliki penyakit jantung, batasi kolesterol kurang dari 200 mg/hari.

Sebagian besar orang mengonsumsi lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsinya. Padahal jika berlebihan dapat menyebabkan Anda berisiko terkena penyakit kronis seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kolesterol tinggi dan kanker. 

Dibandingkan dengan mengonsumsi lemak jenuh, lemka trans dan kolesterol, sebaiknya Anda memperbanyak asupan serat, vitamin A, C, kalsium, dan zat besi. Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral tersebut akan memperbaiki kesehatan dan menurunkan risiko terkena penyakit tertentu seperti penyakit jantung, osteoporosis dan gangguan saluran cerna. 

Kalori

Ini merupakan jumlah energi yang bisa Anda dapatkan dari porsi makanan yang dikonsumsi. Yang perlu diingat adalah perhatikan jumlah kalori dari lemak pada makanan Anda. 

Misalnya, dalam 1 porsi makaroni keju terdiri atas 250 kalori dan hampir setengahnya (110 kalori) merupakan kalori dari lemak, jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan tentu saja ini bisa menyebabkan timbunan lemak berlebih di tubuh yang memicu terjadinya obesitas

US Food and Drug Administration menyebutkan jika panduan umum untuk kalori pada kemasan makanan (berdasarkan diet 2000 kalori/hari) adalah sebagai berikut :

  • Kalori rendah : 40 kalori
  • Kalori sedang : 100 kalori
  • Kalori tinggi : 400 kalori

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 07 Maret 2018 11:03:56

Related Post :
Manfaat
Manfaat Es Krim Ternyata…

Tingkat kesuburan pada wanita…

Kesehatan
Waspada! Kondisi Kaki Ini…

Kondisi kaki yang sering…

Tips
Cara Sederhana untuk Bantu…

ternyata ada cara sederhana…

Kesehatan
Melihat Kandungan Gizi Rice…

Rice bowl memang saat…

Kesehatan
Mengenal Manfaat Berkebun untuk…

Meskipun bisa membuat tangan…

Ibu Dan Anak
Tips Mudik Aman saat…

Ibu hamil yang ingin…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Sehat Yang Baik Bagi Penderita Bronkitis

Berikut adalah makanan sehat yang…

Kesehatan
Berbagai Makanan Sehat Untuk Sendi dan Tulang Lebih Kuat

Berbagai makanan sehat untuk sendi…

Kesehatan
Penyebab Urine Berbau Menyengat yang Perlu Diketahui

Mengetahui penyebab urine berbau menyengat…

Kirim Pertanyaan
Top