Obat Mual Akibat Mabuk Perjalanan Promethazine

Share dan Tag Temanmu di :

Promethazine, Obat Pencegah dan Mengatasi Mual

Obat yang satu ini digunakan untuk beberapa kondisi seperti mencegah mual baik mual akibat mabuk perjalanan maupun karena vertigo. Promethazine bisa dipakai untuk mengatasi gangguan tidur karena obat ini mengandung efek sedatif. Tergolong ke dalam obat antihistamin, promethazine juga bisa digunakan untuk menangani reaksi alergi yang timbul karena gigitan serangga, bulu binatang, pajanan debu, dan serbuk sari.


Obat yang berbentuk cair, suntik, dan tablet ini bisa dikonsumsi oleh anak di atas umur 2 tahun sampai orang dewasa. Untuk perempuan hamil dan menyusui, dosis harus disesuaikan dengan anjuran dokter. Harus diperhatikan bahwa promethazine tidak bisa diberikan kepada anak yang berusia di bawah 2 tahun dan harus hati-hati jika diberikan kepada orang dengan gangguan prostat, gangguan hati, gangguan ginjal, glaukoma, epilepsi, penyumbatan anus, dan gangguan pernafasan.

Sebelum mengonsumsi obat ini, konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat apapun termasuk obat herbal. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi promethazine bersama dengan obat-obatan lain tanpa petunjuk dokter. Karena bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan. Dilarang mengemudi maupun mengoperasikan mesin ketika mengonsumsi promethazine karena obat ini menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk dan pandangan kabur. Konsumsi alkohol bisa membuat kantuk semakin parah. Oleh karena itu, hindari alkohol selama mengonsumsi promethazine.

Mengenai dosis promethazine untuk mengatasi mual, dosis untuk anak-anak usia 2 sampai 5 tahun harus ditanyakan kepada dokter. Untuk anak-anak usia 5 sampai 10 tahun, dosisnnya 10 miligram di malam sebelum perjalanan. Jika dibutuhkan, dosis bisa diulang 6 sampai 8 jam kemudian. Anak yang berusia di atas 10 tahun sampai orang dewasa, dosisnya 20 miligram di malam hari sebelum melakukan perjalanan.

Untuk mengatasi gangguan tidur, dosis untuk anak-anak dari usia 2 sampai 5 tahun harus ditanyakan pada dokter. Anak-anak usia 5 sampai 10 tahun, dosisnya 20 miligram per hari dan dikonsumsi pada malam hari, sedangkan anak-anak usia 10 tahun sampai dewasa, dosisnya 20 sampai 50 miligram per hari yang juga dikonsumsi malam hari.

Sementara untuk mengatasi reaksi alergi, dosis untuk anak-anak usia 2 sampai 5 tahun, dosisnya harus ditanyakan pada dokter. Anak-anak usia 5 sampai 10 tahun, dosisnya 10 sampai 20 miligram per hari atau 10 miligram dua kali sehari. Dosis maksimalnya adalah 20 miligram. Sedangkan untuk anak-anak usia di atas 10 tahun sampai dewasa, dosis awal sekitar 10 miligram dua kali sehari. Jika diperlukan bisa ditingkatkan menjadi 20 miligram tiga kali sehari.

Efek samping dari promethazine diantaranya mengantuk, pandangan kabur, mulut kering, konstipasi, sakit kepala, nyeri perut, serta sulit buang air kecil.

By Ana Rediana - Obat Kimia Sabtu, 20 Agustus 2016 10:45:17

Related Post :
Penyakit
Gejala Penyakit Alzheimer Pada…

Gejala penyakit alzheimer sangat…

Kewanitaan
Hal yang Perlu Dilakukan…

Berikut ini beberapa hal…

Penyakit
Bahaya Dan Komplikasi Eksim…

Berikut adalah bahaya dan…

Manfaat
Ini Manfaat Spirulina Untuk…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Alami
Obat Jantung Lemah Berdebar…

Obat Jantung Lemah Berdebar…

Penyakit
Betis Terasa Nyeri dan…

Betis terasa nyeri dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Cimetidine untuk Mengatasi Asam Lambung Berlebih

Cimetidine merupakan salah satu jenis…

Obat Kimia
Warfarin Nama Obat Pengencer Darah di Apotek

Warfarin Nama Obat Pengencer Darah…

Obat Kimia
Efek Samping Penggunaan Obat Nyeri Sendi Jangka Panjang

Efek samping penggunaan obat nyeri…

Kirim Pertanyaan
Top