Waspadai Ancaman Bakteri Listeria pada Buah Melon Australia

Share dan Tag Temanmu di :

Siapa yang tidak suka dengan melon ? Hampir semua orang pasti menyukai buah yang satu ini. Melon memang memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan. Selain itu, manfaat melon juga cukup baik bagi tubuh, maka tak heran buah ini cukup populer di kalangan masyarakat. 

Buah melon biasanya dikonsumsi secara langsung, atau juga bisa diolah menjadi jus atau dijadikan campuran untuk puding, dan lainnya. Namun, Anda harus berhati-hati saat akan membeli buah melon. Pasalnya, Badan Karantina Pertanian (Barantan) menerbitkan sebuah surat edaran yang berisi tentang kewaspadaan terhadap buah melon jenis Rockmelon dari Australia. Surat edarah ini diterbitkan menyusul pemberitaan tentang ancaman bakteri listeria pada bulan melon Australia tersebut.


Bakteria listeria disebut menjadi penyebab dari tewasnya 3 orang di Australia setelah mengonsumsi buah melon yang ditanam petani setempat. Korban lain sebanyak 12 orang masih harus menjalani pengobatan di rumah sakit dengan penyebab yang sama. 

Kasus ini seperti kembali mengingatkan pada kasus buah apel impor yang tercemar bakteri yang sama. Ini semakin menandakan bahwa bakteri listeria perlu diwaspadai dan dicegah agar tidak semakin menginfeksi. 

Meskipun di Indonesia saat ini belum ada laporan mengenai infeksi bakteri listeria, namun masyarakat harus tetap berhati-hati. Tidak ada salahnya untuk meningkatkan kesadaran dan melakukan pencegahan dini terhadap keracunan bakteri mematikan tersebut. 

Lalu, apa itu bakteri listeria dan bagaimana bahayanya jika kita terinfeksi ?

Bakteria Listeria monocytogenes merupakan jenis bakteri yang bisa menyebabkan infeksi listeria atau listeriosis. Infeksi ini sangat rentan dialami oleh orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah, seperti bayi, ibu hamil, diabetesi, dan pasien kanker. 

Bakteri ini bisa ditemukan di tanah, pakan ternah yang terbuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi (silage), dan sumber-sumbe ralami lainnya seperti feses ternak. bakteri ini bisa menginfeksi manusia yang mengonsumsi makanan yang mudah atau sudha terkontaminasi oleh bakteri listeria, seperti diantaranya :

  • Buah rock melon atau semangka
  • Susu yang tidak dipasteurisasi dan keju lunak
  • Daging mentah atau tidak dimasak hingga matang
  • Makanan laut mentah atau hewan laut yang tidak dimasak sampai matang

Infeksi listeria sangat perlu untuk diwaspadai. Hal ini disebabkan karena gejala infeksi ini sangat mirip dengan gejala flu, diantaranya demam, menggigil, nyeri otot, mual, dan diare. Gejala ini bisa bertahan selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu setelah mengonsumsi bauh atau makanan yang telah terkontaminasi, rata-rata sekitar 21 hari. 

Sekali bakteri ini lolos dari saluran pencernaan dan menyebar ke seluruh tubuh, maka ini bisa mengakibatkan septikemia (keracunan darah). Jika infeksinya mulai menyebar ke sistem saraf pusat, maka penderita akan merasakan sakit kepala, kaku pada leher, kehilangan keseimbangan, dan terkadang mengalami kejang. 

Dalam kasus yang parah, hal ini bisa menyebabkan meningitis dan berakhir dengan kematian. Sedangkan pada ibu hamil, infeksi listeria bisa menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati.

Infeksi listeria memang bisa diatasi de ngan antibiotik, namun tetap saja pencegahan merupakan langkah yang terbaik. Kepala Badan Karantina Pertanian, Ir. Banun Harpini, M.Sc. menganjurkan masyarakat untuk menghindari kontak langsung atau mengonsumsi rock melon Australia untuk saat ini. 

Anda juga harus waspada saat akan mengonsumsi buah-buahan yang letaknya berdekatan dengan rock melonm Australia karena risiko penularan bisa saja terjai. Yang terpenting adalah pastikan untuk selalu mencuci buah-buahan dengan air mengalir dan bukan hanya direndam sebelum mulai dikupas dan dikonsumsi. 

Selain itu, juga jangan lewatkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah makan. Alangkah baiknya lagi, pilihlah buah-buahan lokal yang lebih aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 08 Maret 2018 13:06:22

Related Post :
Penyakit
Cara Mengurangi Dampak Penyakit…

Penyakit lupus atau Lupus…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Kerusakan Hati…

Sama hal nya seperti…

Obat Kimia
Metode Pengobatan Kutil Rekomendasi…

Kutil bisa hilang dengan…

Tips
Tips Cara Mengatasi Disfagia…

Tips cara mengatasi disfagia…

Tips
Cara Mencegah Asam Lambung…

Selain mengobati, penderita juga…

Kesehatan
Waspada! Metode Cuci Dry…

Metode cuci dry cleaning…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Catat! Inilah Berbagai Pantangan Makanan Untuk Penderita Anemia

Catat! Inilah berbagai pantangan makanan…

Kirim Pertanyaan
Top