Benarkah Bernyanyi Bisa Atasi Badan Lemas? Ini Penjelasannya

Share dan Tag Temanmu di :

Kondisi badan lemas bisa timbul kapanpun. Ketika badan terasa lemas, pastinya Anda tidak semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Dalam dunia medis sendiri, badan lemas sering disebut dengan asthenia. Kondisi ini terjadi ketika kekuatan fisik atau otot tubuh berkurang sehingga Anda merasa harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bergerak. 

Secara umum, kelelahan adalah perasaan lelah atau kekuranagn energi. Kelelahan dapat muncul sebagai respons dari padatnya aktivitas, kebiasaan makan yang buruk, stres emosional, rasa bosan, dan kurang tidur. Kelelahan biasanya dapat hilang setelah Anda tidur atau beristirahat cukup. Namun, dalam beberapa kasus, kelelahan bisa tidak membaik meskipun Anda cukup tidur, mengonsumsi makanan yang bergizi, ataupun jauh dari stres. 

Untuk membantu mengatasi badan lemas, sebenarnya selain dengan beristirahat dan melakukan perubahan pola hidup, juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan menarik. Salah satunya yaitu dengan bernyanyi. 

Bagaimana bernyanyi bisa atasi badan lemas ?


Bernyanyi mungkin termasuk salah satu aktivitas yang menyenangkan, terutama bagi mereka yang memiliki suara yang merdu. Namun, bagi Anda yang merasa tidak memiliki suara yang merdu, jangan khawatir. Karena dengan sering bernyanyi, Anda juga bisa sambil berlatih untuk menghasilkan suara yang merdu. 

Selain menyenangkan, bernyanyi juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya bernyanyi bisa atasi badan lemas. Bernyanyi memiliki mekansime pada tubuh yang mirip dengan saat berolahraga. Ketika bernyanyi, Anda akan mengatur aliran pernapasan, sama seperti saat berolahraga.

Tubuh akan menghirup oksigen lebih banyak dan bernyanyi juga dapat merangsang aliran darah ke seluruh tubuh. Kedua hal tersebut dapat membuat tubuh lebih terjaga dan dapat membantu meredakan rasa lemas. 

Aliran darah yang lancar akibat bernyanyi tentu saja dapat melancarkan oksigen yang ada dalam darah ke seluruh jaringan tubuh, salah satunya otak. Selain membuat Anda lebih terjaga, aliran darah yang kaya oksigen yang banyak ke otak juga dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi dan memiliki daya ingat yang lebih baik. Kondisi tersebut tentu juga dapat membantu menangani badan lemas. 

Kemudian, ketika bernyanyi, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Perlu diketahui, endorfin merupakan hormon yang dapat menimbulkan perasaan bahagia di dalam tubuh. Pada akhirnya, hal tersebut dapat memacu semangat dan menjauhkan perasaan lemas di dalam tubuh. Selain itu, bernyanyi juga dipercaya dapat memperbaiki mood. Hal tersebut dapat membantu agar energi dalam tubuh tetap terjaga.

Terkadang, badan terasa lemas bisa disebabkan oleh perasaan stres akibat pekerjaan ataupun pikiran. Nah, ketika bernyanyi, hal tersebut dapat menyebabkan kadar kortisol didalam darah menurun. Kortisol merupakan hormon yang dapat menimbulkan rasa stres didalam diri Anda. Ketika stres sudah teratasi, maka badan yang terasa lemas pun bisa dihindarkan.

Perlu diingat, bernyanyi tidak harus dilakukan sendiri. Anda juga bisa melakukannya bersama-sama dengan keluarga, teman, atau rekan kerja, atau bahkan dengan orang-orang baru, misalnya saat menyaksikan konser grup musik favorit Anda. 

Ini tentunya bermanfaat, karena dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan Anda bersosialisasi. Akhirnya, Anda bisa melupakan perasaan lemas dan lebih bersemangat.

Tidak hanya mengatasi badan lemas, bernyanyi ternyata juga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Ketika bernyanyi, otak kanan akan bekerja, kemudian jaringan di otak juga akan bekerja dengan cara yang lebih beragam. Hal inilah yang dapat memengaruhi kecerdasan. 

Nah, kini Anda sudah tahu manfaat bernyanyi selain dapat menghibur diri sendiri, juga baik bagi kesehatan salah satunya dapat membantu mengatasi badan lemas. Jadi, mulai saat ini jangan ragu untuk mengajak teman, saudara, atau kerabat Anda untuk bersenandung bersama dan rasakan manfaatnya !

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 10 Maret 2018 14:00:30

Related Post :
Penyakit
Gejala Dry Socket Dan…

Anda tengah mengalami rasa…

Penyakit
Hindari Makanan dan Minuman…

Selain polusi udara, rokok,…

Kesehatan
Cara Menjaga Kesehatan Selama…

Melakukan persiapan kesehatan sebelum…

Kesehatan
Jangan Cuci Daging Ayam…

Jangan cuci daging ayam…

Ibu Dan Anak
Ternyata Anak Juga Bisa…

Bukan hanya pada orang…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Daging…

Selain memiliki telur yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mewaspadai Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

Disamping manfaatnya yang mampu mengusir…

Kesehatan
Waspadai Efek Samping Dan Bahaya AC Bagi Kesehatan Tubuh

Waspadai efek samping dan bahaya…

Kesehatan
Waspada! Bahan Kimia Ini Sering Ditambahkan pada Makanan

Beberapa makanan, khususnya makanan kemasan…

Kirim Pertanyaan
Top