Anak Susah Makan ? Jangan Berikan Makanan Ini Bunda !

Share dan Tag Temanmu di :

Bunda, si kecil saat ini sulit makan ? Ya, ini merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu. Pasalnya anak terus menolak saat disuruh makan. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab anak sulit makan, seperti nafu makan anak rendah, pemberian makanna yang keliru atau pilihan makanan yang tidak cocok. 

Masalah anak sulit makan menjadi perkara yang sering dikeluhkan orangtua. Berbagai upaya untuk menarik minat dan selera makan anak telah dilakukan, tetapi tetap saja belum berhasil mengatasi masalah ini. Umumnya, masalah anak susah makan timbul ketika memasuki usia pertama dan balita. Menyadari beragam masalah akan timbul, terutama soal kecukupan gizi anak, tentunya membuat orangtua khawatir. Terlebih lagi dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar si kecil memiliki selera makan yang bagus ?


Anak yang berusia di atas 1 tahun umumnya sudah mulai belajar makan dan mengenal jenis makanan. Pada fase ini orangtua harus pintar dalam memanfaatkan kesempatan dimana anak masih baru mengenal berbagai rasa dan jenis bahan makanan yang baru. Untuk itu, pengenalan makanan harus dilakukan dengan tepat. 

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada anak saat baru belajar makan. Hal ini disebabkan karena anak masih harus belajar mengenal rasa dari berbagai makanan lain. Jika asupan ketiga bahan makanan ini, maka anak akan menjadi sulit makan. 

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada anak yang baru belajar mengenal rasa, diantaranya :

  • Makanan yang mengandung banyak minyak

Memang lemak dari minyak diperlukan anak untuk mendukung pertumbuhannya, namun asupan yang berlebihan juga tidak dianjurkan. Minyak juga menimbulkan rasa gurih pada makanan sehingga anak akan menolak untuk mengonsumsi makanan buatan sendiri. Selain gula, minyak juga merupakan penyebab kegemukan pada anak

  • Makanan atau minuman tinggi gula

Makanan yang terasa sangat manis, seperti kue manis, es krim, coklat, cemilan dengan gula, minuman manis, memang memiliki banyak energi namun tdak kaya akan zat gizi. Tidak hanya itu, rasa manis yang terlalu kuat akan membuat rasa dari bahan makanan lain atau masakan terasa hambar. Sehingga anak menolak untuk mengonsumsi masakan buatan sendiri. Asupan makanan manis yang berlebihan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lain pada anak, seperti kerusakan gigi dan kegemukan. 

  • Makanan dengan kandungan tinggi garam

Ada berbagai jensi olahan makanan atau cemilan kemasan yang kaya akan kandungan garam atau natrium. Rasa gurih yang ditimbulkan akan menyebabkan anak merasa ketagihan dengan rasa tersebut. Sama halnya dengan rasa manis, rasa gurih yang kuat juga akan mengalahkan rasa masakan buatan sendiri. Hal ini tentu akan menyulitkan bunda dalam memberikan makanan yang sehat pada anak. 

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Selasa, 13 Maret 2018 11:43:05

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan…

Bahaya obesitas bagi kesehatan…

Kesehatan
Langkah-langkah Pencegahan Kanker Ovarium

Karena penyebab secara pastinya…

Manfaat
Mengenal Akar Wangi Dan…

Beragam manfaat akar wangi…

Manfaat
Selain Manis Buah Mangga…

Tidak hanya memiliki rasa…

Daun
11 Khasiat Dan Manfaat…

Selain untuk pakan kenari,…

Alami
7 Bahan Alami untuk…

Selain obat batuk, terdapat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Kenali Gejala Penyakit DBD Pada Anak

Mengenali gejala penyakit DBD pada…

Ibu Dan Anak
Gejala Dan Diagnosis Autisme Pada Anak

Memiliki anak dengan autisme memang…

Kirim Pertanyaan
Top