Ini Dia Jenis-jenis Jamur Yang Bisa Dikonsumsi

Share dan Tag Temanmu di :

Jamur adalah salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi, karena jamur memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Dan kandungan yang ada pada jamur adalah asam amino, mineral, vitamin, protein dan antioksidan. Namun, tidak semua jenis jamur baik untuk dikonsumsi. Ada jamur yang bisa dikonsumsi dan ada juga jamur yang tidak boleh konsumsi. Oleh karena itu, anda harus mengetahui jeni-jenis jamur yang bisa dikonsumsi.


Jenis-jenis Jamur Yang Bisa Dikonsumsi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jamur tiram

Jenis jamur yang bisa dikonsumsi adalah jamur tiram. Jenis jamur ini mempunyai nama ilmiah plerotus ostreatus. Bentuk dari jenis jamur ini adalah seperti cangkang tiram laut.

Tidak hanya sayuran dan buah yang memiliki kandungan gizi, jamur tiram pun memiliki kandungan gizi. Dan kandungan gizi yang ada pada jenis jamur ini ialah vitamin C, magnesium, zat besi, asam amino. Bahkan jenis jamur ini juga memiliki senyawa niacin, riboflamin dan zat antioksidan. Sehingga tak heran jenis jamur ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menurunkan kolesterol jahat, bagus untuk kesehatan jantung, membantu menurunkan tekanan darah tinggi, antitumor dan antikanker.

Jamur kancing


Selain jamur tiram, jenis jamur selanjutnya yang bisa dikonsumsi adalah jamur kancing. Bentuk dari jenis jamur ini adalah bulat seperti kancing. Jenis jamur ini sering dijadikan olahan masakan, bahkan sering dijadikan topping pizza.

Sama seperti jenis jamur lainnya, mengkonsumsi jamur kancing pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Karena jenis jamur ini memiliki kandungan vitamin B, potassium, mineral, sodium, bahkan rendah kalori dan bebas lemak.

Jamur shiitake

Jamur shiitake adalah jamur yang terkenal di negara jepang, korea selatan dan tiongkok. Sehingga jenis jamur ini sering ditemukan pada makanan korea dan jepang. Manfaat mengonsumsi jamur shiitake bagi kesehatan adalah meningkatkan energi, melancarkan sirkulasi darah, meredakan gangguan hati dan mencegah penuaan dini.

Jamur merang


Jamur merang mempunyai nama ilmiah volvariella volvaceae. Jenis jamur ini mempunyai rasa yang lebih enak dibandingkan dengan jenis jamur lainnya, bahkan terksturnya pun lebih lembut. Jamur merang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan kadar lemak yang rendah. Sehingga selain bermanfaat bagi kesehatan, jenis jamur ini juga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

Jamur kuping


Berbeda dengan jamur merang yang memiliki tekstur lembut, jamur kuping mempunyai tekstur kenyal. Meskipun teksturnya kenyal, tapi memiliki rasa yang lezat dan sering dijadikan olahan makanan.

Sama seperti jenis jamur lainnya, jamur kuping pun memiliki kandungan gizi dan bermanfaat pula untuk kesehatan. Manfaat jamur kuping bagi kesehatan yaitu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi panas dalam, bahkan jenis jamur ini baik dikonsumsi oleh penderita anemia dan wasir.

Itulah jenis jamur yang bisa dikonsumsi lengkap dengan kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan. Setelah mengetahui manfaatnya, anda bisa mengkonsumsi jenis jamur diatas. Namun jenis jamur yang sering dijumpai adalah jamur kancing, tiram dan kuping.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 13 Maret 2018 15:52:54

Related Post :
Ibu Dan Anak
Begini Cara Mudah Mengatasi…

Begini cara mudah mengatasi…

Tips
Tips Cara Mengajari Anak…

Menurut penelitian anak-anak yang…

Penyakit
Pengobatan Osteopetrosis Penyakit Turunan…

Oseteopetrosis adalah penyakit turunanan…

Kesehatan
Segera Oleskan Bahan Ini…

Selain dengan mengoleskan salep…

Penyakit
Mewaspadai Penyebab dan Gejala…

Mengetahui penyebab dan gejala…

Kesehatan
Waspadai Tanda Dan Gejala…

Meskipun tidak semua penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Ketahui Kesalahan Mencuci Wajah Penyebab Timbul Jerawat

Mencuci wajah merupakan salah satu…

Kesehatan
Kesehatan
Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke

Menu makanan sehat untuk penderita…

Kirim Pertanyaan
Top