Gejala Infeksi Bakteri Listeria yang Perlu Diwaspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Kabar mengenai meninggalnya 4 orang Australia setelah mengonsumsi buah jenis rockmelon yang telah terkontaminasi bakteri listeria cukup membuat sebagian warga Indonesia panik. Ancaman bakteri listeria ini tentu mengharuskan kita untuk lebih waspada dengan kemungkinan adanya melon asal Australia yang terkontaminasi di Indonesia. Hasil invesitgasi menemukan bahwa buah rockmelon yang telah terkontaminasi bakteri bisa menyebabkan listeriosis.

Listeriosis adalah penyakit infeksi berbahaya yang timbul akibat mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes. Infeksi bakteri listeria ini bisa terjadi pada siapa saja yang mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri. Ibu hamil dan mereka yang memiliki kekebalan tubuh rendah merupakan golongan orang yang paling berisiko. 


Beberapa orang yang tergolong sebagai individu dengan kekebalan tubuh rendah, dianatranya seperti orang tua usia 65 tahun ke atas, penderita AIDS, penderita diabetes atau penyakit ginjal, dan mereka yang sedang menjalani kemoterapi atau mengonsumsi obat-obatan penekan sistem kekebalan tubuh.

Meskipun penyakit ini jarang terjadi, namun bisa mematikan jika menyebabkan septikemia (keracunan darah) aatu meningitis (radang selaput di sekitar otak). 

Gejala Infeksi Bakteri Listeria yang Perlu Diwaspadai

Penting untuk diketahui, mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri listeria tidak akan membuat Anda langsung sakit. Bakteri listeria monocytogenes dapat bertahan didalam tubuh, berpindah antar sel untuk waktu yang lama. Hal inilah yang menyebabkan mengapa ada masa inkubasi yang panjang antara konsumsi dan timbulnya gejala penyakit. Ini bisa taerjadi selama 70 hari, tetapi biasanya sekitar 3 minggu.

Respons kekebalan tubuh menentukan berat-ringannya gejala infeksi listeria. Secara umum, seseorang yang mengalami kondisi tersebut mengeluhkan demam dan diare. Namun, gejala baru terlihat ketika seseorang mengalami infeksi yang lebih berat, yaitu saat bakteri telah menyebar lebih jauh dari usus. 

Selain demam dan nyeri otot, gejala yang timbul juga bisa berupa sakit kepala, leher kaku, menurunnya kesadaran, gangguan keseimbangan, dan kejang. 

Pada ibu hamil, penyakit ini bersifat ringan. Biasanya hanya berupa demam dan gejala mirip flu, seperti rasa lemah, cepat lelah, dan nyeri otot. Walaupun begitu, infeksi bakteri listeria pada wanita hamil dapat menyebar ke janin melalui plasenta dan menimbulkan komplikasi serius berupa keguguran, lahir mati, dan kelahiran prematur. 

Pada bayi baru lahir, gejalanya sering samar dan mirip penyakit pada umumnya. Bayi sering tak mau menyusu, rewel atau gelisah, demam, dan muntah-muntah. Meskipun begitu, infeksi listeria pada bayi baru lahir tetap perlu diwaspadai, pasalnya dapat mengancam nyawa. 

Biasanya gejala mulai dirasakan di hari yang sama sampai beberapa hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri listeria. Namun, gejala juga bisa baru dirasakan 1 minggu sampai 4 minggu setelahnya. Sebagian bahkan baru mengalami gejala 2 bulan setelah terpapar bakteri.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk lebih waspada dalam mengonsumsi ataupun mengolah makanan. Selain pada buah, kontaminasi bakteri listeria juga bisa terjadi pada susu mentah, susu yang proses pasteurisasinya kurang benar, keju, terutama jenis keju yang dimatangkan secara lunak, es krim, sayuran mentah, sosis dari daging mentah yang difermentasi, daging unggas mentah, dan yang sudah dimasak, semua jenis daging mentah, dan ikan mentah atau ikan asap. 

Jika Anda mengalami demam, nyeri otot, mual, atau diare setelah mengonsumsi makanan yang dapat terkontaminasi, maka Anda harus segera menghubungi dokter. Atau jika Anda mengalami demam tinggi, sakit kepala parah, leher kaku, kebingungan atau sensitif terhadap cahaya, maka segera cari pertolongan darurat. Ini mungkin merupakan gejala meningitis yang disebabkan oleh bakteri-komplikasi listeriosis.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 14 Maret 2018 10:03:03

Related Post :
Tips
12 Tips Menghilangkan Suara…

Tips menghilangkan suara serak…

Kesehatan
Mengenal Tingkatan Pada Luka…

Derajat dan tingkatan luka…

Penyakit
Faktor Resiko Karsinoma Nasofaring…

Faktor resiko karnisoma nasofaring…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Jambu…

Khasiat dan Manfaat Jambu…

Kesehatan
Gaya Hidup Sehat untuk…

Ada banyak cara yang…

Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Senam…

Sama seperti olehraga lainnya,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Metode Pengobatan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pengobatan pada penderita pembengkakan kelenjar…

Kesehatan
Fakta dan Bahaya Kerokan yang Harus Anda Ketahui

Meskipun sering dijadikan sebagai salah…

Kesehatan
Gusi Sering Berdarah Saat Berpuasa? Ternyata Ini Penyebabnya!

Berikut ini adalah berbagai penyebab…

Kirim Pertanyaan
Top